Gambar ilustrasi cse di blog

masnasih.com - Bagi kamu yang punya akun adsense banyak dan tidak dipakai, sedangkan ada blog yang visitornya lumayan banyak tetapi susah untuk didaftarkan / review site tidak pernah berhasil cobalah melakukan percobaan ini yaitu memasang custom search engine (cse) di blog yang banyak visitornya tersebut. Serius lumayan bisa buat nambah pemasukan dengan cara ini.

Kita tidak menggunakan iframe seperti yang sudah banyak dishare temen-temen blogger, karena iframe untuk meningkatkan penghasilan adsense itu menyalahi aturan google. Kita menggunakan kode murni dari blogger agar aman dan tidak dianggap sebagai kecurangan. Namun Do Your Own Risk. Kalo cuma punya satu akun adsense mendingan jangan coba-coba dulu deh, karena kalau kena banned ntar frustasi hehe..

Cara Memasang Custom Search Engine (CSE) Di Tengah Postingan Blog

Oke baiklah sekarang kita langsung masuk ke pembahasannya.

Script ini saya dapatkan dari Kompi Ajaib dan Arlina Design. Untuk cse dari Kompi dan untuk penerapan di tengah postingan menggunakan kodenya Arlina.

Pertama-tama buat unit iklan adsense for search dulu. Jika belum ada menu adsense for search bisa masuk ke iklan - Produk lainnya - disitu ada tiga pilihan yaitu adsense video, games, dan penelusuran. Nah aktifkan adsense untuk penelusurannya.

Setelah mengaktifkan fitur adsense for search sekarang membuat unit iklan penelusurannya. Caranya seperti di video ini.


Nah tujuan dari membuat unit iklan adsense untuk penelusuran adalah untuk mengambil id partner pub nya. Dan di video itu pula kita bisa melihat kebijakan google adsense penelusuran. Yaitu tidak boleh melakukan kecurangan berupa menampilkan data penelusuran secara langsung. 

Jadi yang benar adalah seharusnya pengunjung mengetikkan kata kunci tertentu di penelusuran, bukan langsung lihat hasil dari penelusurannya. Tapi kalau Anda masih bersikeras untuk mencobanya silakan ikuti langkah selanjutnya. 

Langkah-Langkah Membuat CSE di tengah postingan.

Pertama, Cari kode <b:includable id='post' var='post'>
Kedua, taruhlah kode berikut ini di atas kode pertama

<b:includable id='cse' var='posts'>
<b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;item&quot;}'>
<b:loop values='data:post.labels' var='label'>
<div id='cse-results'/>
<script>
var opt = &quot;<data:label.name/>%&quot;;
var ppub = &quot;partner-pub-0123456789123456:01234567&quot;;
</script>
</b:loop>
</b:if>
</b:includable>

Font warna merah ganti dengan kode adsense penelusuran yang sudah dibuat.
Font warna hijau adalah untuk menampilkan hasil penelusuran dari label postingan. Anda bisa menggantinya dengan kata kunci tertentu misalnya "beli baju", dsb.

Ketiga, Taruhlah kode di berikut ini di atas kode </body>

<b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;item&quot;}'>
<style>
/*<![CDATA[*/
#cse-results{width:100%;margin:0 auto}
.gs-imageResult .gs-snippet,.gs-webResult .gs-snippet,.post-body a[href^="http://cse.google.com/"]:after, .post-body a[href^="https://cse.google.com/"]:after,.post-body a[href^="http://cse.google.com/"]:hover:after, .post-body a[href^="https://cse.google.com/"]:hover:after,.gsc-adBlockNoHeight~.gsc-resultsbox-visible{display:none}
.gcsc-branding-img-noclear{width:50px!important;height:15px;vertical-align:middle!important;}
.gsc-above-wrapper-area,.gsc-adBlock{border:none}
.gsc-above-wrapper-area,.gsc-webResult .gsc-result{padding:0!important;border-bottom:0!important}
.static_page .gs-imageResult .gs-snippet,.static_page .gs-webResult .gs-snippet{display:block}
.gsc-adBlock{margin:0 -4px}
.gsc-loading-fade .gsc-result-info,.gsc-loading-fade .gsc-loading-resultsRoot,.gsc-loading-resultsRoot,.gsc-loading-fade .gsc-loading-refinementsArea,.gsc-loading-fade .gsc-adBlock,.gsc-loading-fade .gsc-adBlockVertical,.gsc-loading-fade .gsc-adBlockNoHeight{opacity:1!important}
/*]]>*/
</style>
<script src='https://cdn.staticaly.com/gh/KompiAjaib/js/master/jsapi.js'/>
</b:if>

Keempat, Cari kode <data:post.body/> (jika ada 2 atau lebih dicoba aja satu persatu)

Ganti dengan kode berikut ini

<div expr:id='&quot;zet1&quot; + data:post.id'/> <div class='googlezet'> <b:include data='posts' name='cse'/> </div> <div expr:id='&quot;zet2&quot; + data:post.id'><p><data:post.body/></p></div> <script type='text/javascript'> var obj0=document.getElementById(&quot;zet1<data:post.id/>&quot;);var obj1=document.getElementById(&quot;zet2<data:post.id/>&quot;);var s=obj1.innerHTML;var t=s.substr(0,s.length/3);var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+16);} </script>

Kelima, Save template.

Selesai

Jika ternyata tidak work ataupun bermasalah dengan konten blog, maka kita bisa menaruhnya di atas postingan atau di bawah postingan. Yaitu dengan menggunakan font yang saya warnai orange. Kode warna orang tersebut diletakkan sebelum <data:post.body/> atau setelahnya.

Demikianlah, artikel tentang Cara Memasang Custom Search Engine (CSE) Di Tengah Postingan Blog. Semoga Bermanfaat. Do Your Own Risk ya. 

Baca Artikel Blogging Lainnya.