Cara Membangun Usaha Melalui Blog
masnasih.com - Cara membangun usaha melalui blog itu sangat mudah, Semudah update status di media sosial (facebook, twitter, google+, BBM, dsb). Update status itu mudah kan? Hanya menulis apa yang kita rasakan saat ini, terus klik kirim. Betul?

Tips Memulai Usaha dengan Blogger

Membangun usaha menggunakan blog juga modalnya lebih sedikit dibanding dengan aktif di medsos. Kita hanya perlu sedikit menambah kreativitas sedikit, entah itu dengan membaca, memperhatikan fenomena alam, ataupun lainnya. Tentunya kita juga membutuhkan hp/komputer/laptop + kuota data internet.

Terus apalagi yang perlu disiapkan?

Yang perlu kita siapkan adalah ketekunan, kesabaran, keoptimisan, kesadaran.

Ketekunan

Dalam mengelola blog, kita harus tekun dalam membuat konten blog. Sederhananya, bayangkan saja sedang membuat status di medsos. Tekun inilah yang akan membuat kita sukses dalam membangun usaha melalui blog. Jadi membangun blog itu jangan dibikin pusing. Bayangkan saja seperti posting di medsos, ini akan lebih memudahkan.

Kasabaran

Dalam mengelola blog, tentunya kita harus bersabar. Sabar yang dimaksudkan disini adalah sabar dalam menunggu waktu yang tepat untuk sampai mencapai pada tahap mendapatkan penghasilan dari blog. Sabar menunggu waktu yang tepat untuk menjalin relasi. Sabar menunggu waktu yang tepat untuk berpromosi. Iya, kita harus bersabar sedikit untuk melakukan semua hal yang berkaitan dengan penghasilan.

Lantas berapa waktu yang diperlukan untuk sampai pada tahap menghasilkan?

Sebenarnya tidak ada batasan waktu secara pasti untuk sampai pada tahap menghasilkan. Karena semua itu tergantung pada diri kita sendiri. Tergantung pada blog yang kita buat dan tergantung pada lingkungan sosial kita. Tapi saran saya waktu yang tepat idealnya adalah ketika blog kita sudah berumur satu tahun, Minimal 6 bulan. 

Asumsinya adalah ketika blog kita masih tergolong baru dan juga kita masih baru belajar ngeblog, kualitas blog kita juga belum maksimal. Tapi dengan memposting konten setiap hari, maka secara tidak langsung kita akan banyak belajar dari setiap konten yang sudah kita buat, dan kualitas konten yang kita buat pun akan semakin baik pula. Dengan kualitas konten yang baik, maka kualitas blog kita akan baik pula.

Optimis

Sikap optimis dalam mengelola blog itu sangat diperlukan. Seperti kita optimis dalam mencapai cita-cita. Sikap optimis ini sangat berpengaruh terhadap kemajuan blog kita. Artinya ketika kita optimis bahwa kita akan mencapai tujuan ini yaitu menjadikan blog sebagai media untuk membangun usaha, maka kita akan semangat dalam membuat konten sehingga kita bisa update konten tiap hari sehingga blog kita terlihat hidup.

Kesadaran

Dalam mengelola blog tentunya harus ada kesadaran. Harus sadar dengan apa yang harus kita lakukan dan apa yang perlu kita perhatikan, seperti halnya ketika kita mengelola akun medsos, harus menjaganya dengan baik. Konten yang kita buat harus mematuhi hukum yang berlaku di masyarakat. Entah itu hukum positif, maupun hukum agama. Hal ini adalah untuk menjaga brand blog kita agar tidak tercoreng di mata dunia.

Nah setelah kita mengetahui apa saja yang perlu disiapkan dan setelah melaksanakan semua itu dengan baik, sekarang kita melangkah pada proses selanjutnya yaitu promosi blog. Promosi blog bertujuan untuk menarik visitor (pengunjung). Perlu kita ingat bahwa blog yang kita buat itu berada di urutan 1000+ dalam search engine (mesin pencarian). Maka dari itu kita perlu mengenalkan blog kita terlebih dulu.
Apa sih yang perlu kita lakukan dalam mempromosikan blog kita?

Yang perlu kita lakukan cukup simpel yaitu hanya mempromosikannya saja, entah mengenalkannya pada keluarga, teman, atau saudara. Media yang bisa digunakan juga banyak. Bisa melalui medsos ataupun secara langsung, tentunya dengan melakukan pendekatan-pendekatan agar promosi kita berhasil.

Perlu diketahui. Dalam tahap ini, kita belum berorientasi pada penghasilan. Di tahap ini kita hanya mengenalkan blog kita dan tujuannya hanya untuk menarik visitor saja. Dan target utamanya adalah bagaimana cara untuk mendapatkan kepercayaan visitor sehingga mereka mau menjadi pelanggan blog kita, dalam kata lain selalu mengunjungi blog kita setiap harinya.

Setelah proses promosi berhasil (sudah banyak pelanggan/visitor tetap) maka kita memasuki tahap yang kita nanti-nantikan yaitu tahap mencari relasi. Relasi disini lebih ditekankan pada relasi bisnis. Tentunya bisnis yang sebenarnya, bisnis yang benar-benar menghasilkan margin (keuntungan). Dalam bisnis blog, kita berfungsi sebagai publiser iklan (penyedia jasa periklanan).

Dalam mencari relasi bisnis, ada dua cara yaitu relasi online dan relasi offline.

Relasi online contohnya google adsense. Google adsense adalah perusahaan penyedia layanan periklanan milik google. Biasanya perusahaan-perusahaan banyak yang menggunakan jasa google adsense untuk mempromosikan produknya. 

Nah peran kita disini adalah yang mengiklankan produk perusahaan-perusahaan yang iklan ke google. Tentunya kita harus daftar dulu dan perlu persetujuan dari google adsense. Selain google adsense juga masih ada dan jumlahnya tidak sedikit.

Selain relasi online, kita bisa mencari relasi offline. Karena posisi kita disini adalah publisher maka kita menawarkan jasa ini ke perusahaan-perusahaan yang ada di sekitar kita. Atau juga menawarkan jasa ini kepada keluarga, saudara, teman atau tetangga yang memiliki usaha. 

Dengan menentukan tarif dan lain sebagainnya. Tentunya perlu juga tindakan-tindakan seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Jika kita belum berhasil bekerja sama dengan orang lain setidaknya blog yang kita kelola bisa dijadikan sebagai media promosi untuk produk dan usaha kita sendiri. Jadi tidak ada ruginya ketika kita mau melaksanakan cara-cara yang sudah saya jelaskan diatas.

Kesimpulan

Cara membangun usaha menggunakan blog adalah dengan ketekunan, optimis, sabar dan berpromosi kepada siapa saja yang berinteraksi dengan kita. Sehingga bisa tercapai tujuan yang telah kita tetapkan sejak dari awal membuat blog.

Pesan saya,"Sebisa mungkin untuk menikmati proses panjang ini, karena berhasil atau tidaknya tergantung pada kemauan kita sendiri."

Demikianlah artikel tentang cara membangun usaha melalui blog. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :