Tips Menghilangkan Stres Pikiran Menurut Islam

Cara Menghilangkan Stress
masnasih.com - Stres adalah masalah yang terlihat sepele namun efeknya sangat serius. Stres dapat menyebabkan seseorang tidak tahan dan ingin segera mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Namun jika kita menyadari ternyata dalam ilmu agama telah mengajarkan bagaimana Cara Menghilangkan Stres Pikiran Menurut Islam.

Di Artikel ini saya akan memberikan tips cara mengatasi stres. Simak Artikelnya.

Cara Menghilangkan Stres Pikiran Menurut Islam

Untuk mengatasi stres tentunya kita harus mengetahui dulu penyebabnya. Apa saja kira-kira penyebabnya? Inilah penyebab stres yang umum dialami oleh kebanyakan orang.

Kepikiran Banyak Hal

Pernahkan kepikiran sesuatu yang sebenarnya tidak ingin Anda pikirkan? Memikirkan tugas rumah padahal masih di sekolah misalnya. Atau memikirkan tugas sekolah padahal masih di rumah. Untuk Anda yang sudah menjadi orang tua memikirkan anak di rumah padahal masih kerja misalnya. Atau memikirkan kerjaan padahal masih di rumah.

Nah. Keadaan seperti ini adalah keadaan yang memaksa Anda untuk memikirkan hal yang seharusnya tidak Anda pikirkan. Anda memikirkan 2 pekerjaan sekaligus, yaitu pekerjaan yang sedang dikerjakan dan pekerjaan yang akan dikerjakan. Hal tersebut dapat menyebabkan pikiran Anda stres karena pikiran bekerja 2x lipat dan dengan arah yang berbeda.

Janji yang belum ditepati

Janji adalah hutang dan hutang harus dibayar. Mengucapkan janji akan membuat pikiran Anda selalu mengingatnya sampai kapanpun sebelum janji itu ditepati. Sama halnya dengan hutang, ketika belum dibayar akan terus terpikirkan kapan saja waktunya. Banyak berjanji kepada orang lain akan membuat Anda stres karena harus kepikiran setiap saat.

Kurang Sehat

Tubuh yang tidak fit akan membuat performanya semakin menurun. Untuk melakukan aktivitas sehari-hari menjadi kurang bergairah, dan jika dipaksakan untuk bekerja akan membuat daya tahan tubuh semakin melemah. Dipaksakan untuk berpikir juga membuat otak susah bekerja sehingga panas dan mudah stres.

Terlalu sering menggunakan otak kiri tanpa diimbangi dengan otak kanan

Otak kiri untuk berpikir dan otak kanan untuk bersosialisasi. Otak kiri untuk mengasah IQ sedangkan otak kanan untuk mengasah EQ dan SQ. IQ tanpa EQ dan SQ akan membuat pikiran selalu berpikir realistis. Jika IQ digunakan untuk menghadapi sesuatu yang diluar jangkauan akal, bisa jadi pikiran akan menolak sehingga stres.

Diganggu Setan

Setan adalah sesuatu yang mengajak pada keburukan. Setan bisa berwujud manusia, ataupun dari kalangan jin. Sesuatu yang membuat Anda was-was itu berasal dari setan. Was-was adalah salah satu penyebab pikiran Anda stres, tidak fokus, dan merusak pikiran.

Penyebab-penyebab di atas adalah masalah yang sebenarnya terjadi. Dan setelah mengetahui masalahnya, sekarang masuk ke pembahasan cara mengatasinya.

Dari penyebab-penyebab tersebut kita bisa mengatasinya dengan cara berikut ini :

Fokus

Jangan pikirkan sesuatu yang belum saatnya Anda pikirkan. Anda harus tau mana yang harus dikerjakan dulu dan apa yang harus di akhirkan. Dengan cara fokus pikiran Anda akan tenang karena tidak memikirkan 2 masalah secara bersamaan.

Cara agar fokus itu mudah yaitu dengan cara membuat jadwal dan kerjakanlah aktivitas sesuai dengan jadwal. Tanpa jadwal tentunya Anda akan susah fokus karena tidak bisa memperkirakan pekerjaan akan selesai kapan waktunya.

Segera Bayar Hutang dan Jangan mengulanginya lagi

Membayar hutang akan mengurangi beban pikiran Anda yang selalu setiap hari terus memikirkan. Membayar hutang akan membuat hidup Anda terasa seperti merdeka meskipun tidak punya uang. Cara biar cepat membayar hutang adalah berdoa, bekerja keras, dan pasrah.

Perilaku hidup bersih dan sehat

Terkadang kita menyepelekan sarapan pagi dan lupa makan siang serta ketiduran untuk makan malam karena kelelahan. Budaya seperti ini sebisa mungkin untuk ditinggalkan. Mulailah makan yang teratur, makan makanan yang sehat, membersihkan rumah tempat kerja dan tempat-tempat yang biasa disinggahi. Dengan melakukan itu maka stres semacam itu akan hilang dengan sendirinya.

Berpikir Porposional

Berpikir tak selamanya harus bisa diterima secara akal. Kadang kita tidak perlu memikirkan, tetapi meyakini. Kita tak mungkin bisa berpikir Bentuk Sang Pencipta Jagat Raya seperti apa. Jadi harus berpikir sesuai dengan tempatnya. Tempatkan pikiran dengan semestinya.

Lakukan sekarang dan jangan tunda-tunda

Melakukan sesuatu dan tidak terlalu lama berpikir adalah cara tepat untuk mengatasi was-was karena bisikan setan. Melakukan sesuatu dengan sesegera mungkin sesuai jadwalnya juga membuat kita fokus dengan pekerjaan.

Solusi-solusi tersebut mampu menjawab masalah-masalah stres tingkat ringan. Untuk masalah stres tingkat berat tentunya ada satu langkah lagi yang harus Anda lakukan yaitu taat pada perintah Allah SWT dengan berpedoman pada Alquran, kitab petunjuk jalan menuju surga.

Dalam Islam telah diajarkan bagaimana hidup yang baik dan benar. Berikut ini adalah Cara Menghilangkan Stres Pikiran Menurut Islam sesuai petunjuk dalam Alquran.

Tidak Melakukan Dosa Syirik

Syirik adalah perbuatan yang menyekutukan Allah. Syirik termasuk dosa yang tidak akan diampuni dan membuat orang yang melakukannya tidak bisa masuk surga jika tidak bertobat sebelum ajalnya.

Balasan bagi orang yang melakukan syirik juga akan dirasakannya di dunianya sebelum ajalnya. Stres adalah termasuk salah satu akibat yang dirasakan oleh pelaku syirik, dan juga dapat berimbas pada keturunannya. Salah satu perbuatan syirik adalah melakukan ikatan perjanjian antara manusia dengan jindan inilah yang bisa membuat orang menjadi stres.

Ingatlah Bahwa Allah Maha Pengasih

Kasih sayang Allah tak memandang statusnya. Semua makhluk hidup di dunia ini sudah diberi jatah rezeki sendiri-sendiri. Maka jika kita stres karena belum diberi rezeki, ingatlah bahwa Allah akan segera memberikan rezeki secepatnya. Jika stres karena banyak masalah, maka ingatlah bahwa Allah bersama orang-orang yang sabar. Ingatlah, Allah Maha Segalanya.

Sholat Dhuha dan Sholat Tahajud

Sholat Dhuha akan memperlancar rezeki, bahkan balasan orang yang sholat dhuha 4 rakaat akan diberikan sore hari setelah sholat pada pagi harinya. Sedangkan Sholat tahajud adalah sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dalam malam hari, dan setelah sholat tahajud adalah waktu yang mustajab untuk berdoa.

Bersyukur dan Pasrah Atas Rezeki

Bersyukur adalah salah satu cara untuk membuat kita bahagia. Bahkan ada yang mengatakan bahwa orang yang paling bahagia adalah orang yang paling pandai bersyukur.

Sedangkan pasrah adalah salah satu upaya untuk mengakui bahwa kita adalah makhluk yang lemah dan tidak berdaya tanpa kekuatan dari Allah SWT (Laa Haula Wa Laa Quwwata Illa Billah - Tiada daya kekuatan apapun selaim dari Allah SWT). Dengan pasrah maka kita mampu meredam segala pikiran sekalipun stres tingkat berat.

Kesimpulan

Cara mengatasi stres menurut Islam adalah dengan cara melakukan segala perintah Allah SWT dan menjauhi semua larangan-Nya, serta melakukan semua hal sesuai dengan petunjuk yang bersumber dari Alquran, hadist, Ijma' dan Qiyas.

Baca Artikel Tips dan Trik Lainnya.
Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post