Menjinakkan Kucing Liar
masnasih.com - Halo Sob. Kali ini saya akan berbagi tentang cara merawat kucing liar yang suka datang secara tiba-tiba dan pergi tanpa permisi. Mungkin kalau datang dan perginya tidak membuat masalah anda tidak akan peduli dengan kehadirannya, tetapi biasanya kucing liar datang mencuri ikan dan pergi begitu saja tanpa meninggalkan tulang. Itu tentunya sangat menjengkelkan. 

Yang lebih menjengkelkan lagi adalah datang membawa buruan (tikus) dan pergi meninggalkan batang (tikus). Tentu itu sangat-sangat dan sangat menjengkelkan kan?

Daripada jengkel tak karuan lebih baik kita cari solusinya yaitu menjinakkan dan merawat kucing liar itu dengan baik sehingga bisa menjadi seekor kucing yang penurut.

Tips Menjinakkan Kucing Liar Menjadi Menggemaskan

Di artikel ini saya akan membahas masalah  ini dengan pengalaman saya sendiri yaitu membuat kucing liar menjadi kucing penurut.

Karena tujuan anda adalah merawat dan menjinakkan kucing liar agar menjadi penurut gemuk dan menggemaskan, maka tentunya anda membutuhkan langkah-langkah yang harus anda lakukan dengan baik.

Berikut ini langkah-langkah untuk menjinakkan dan merawat kucing liar agar menjadi penurut:

Dalam tahap ini yang harus anda lakukan adalah membuat kucing merasa nyaman dengan kehadiran Anda, Berikut ini adalah cara membuat kucing nyaman:

Membiarkan kucing tidur di tempat yang disukai

Jika Anda melihat kucing liar tidur di rumah Anda dimanapun ia berada, biarkan kucing itu tertidur sampai ia bangun dengan sendirinya. Jangan di bangunkan apalagi di usir dengan air panas, itu akan membuat kucing liar lari ketakutan dan impian anda untuk menjinakkannya tak akan kesampaian.

Membiarkan kucing memakan makanan hasil curian

Jika anda melihat kucing liar yang sedang makan di rumah anda, biarkan ia menikmati makanannya sampai habis, sekalipun ia sedang menikmati makanan yang sedang anda simpan. Tahan dulu rasa jengkelnya, berikan kesempatan pada kucing yang kelaparan. Sudah kelewat dimakan jadi ikhlaskan saja.

Ini adalah kesempatan emas yang harus anda manfaatkan. Membiarkan kucing lair yang kelaparan akan menarik simpatik kucing liar tersebut karena merasa nyaman. Terkadang kucing akan lari jika ketahuan mencuri, maka dari itu jika anda menemukan kucing liar itu sedang memakan hasil curiannya, anda bisa melihat saja tidak mendekat, atau anda menjauh dari kucing tersebut.

Memberikan jatah makan 

Sisakan makanan anda untuk memberi jatah kepada kucing liar yang sering datang ke rumah anda. Jika anda melakukan hal ini secara terus menerus, maka akan membuat kucing liar tersebut akan sering datang ke rumah anda, disitulah interaksi akan terjadi. 

Berikan makanan setiap hari sampai seminggu full. Kemudian coba sesekali untuk tidak memberikan jatah makan, lihat apa yang akan terjadi. Jika kucing itu mendekati anda berarti anda sukses membuat kucing tersebut jinak, tetapi jika kucing tersebut hanya pergi tanpa permisi berarti anda belum sukses melakukannya. 

Jika anda belum sukses melakukannya, maka anda perlu mengulang dengan cara yang sama agar dapat menjinakkan kucing liar tersebut. Tetapi pada umumnya anda akan melihat kucing itu mendekati anda tanda dia meminta jatah makan.

Berikan pelukan dengan penuh kasih sayang

Ketika anda sukses membuat kucing itu mendekati anda, yang harus anda lakukan adalah mengelus dan memeluk kucing itu agar ia merasa lebih nyaman. Setelah itu tentunya anda tetap harus memberikan makanan agar kucing itu semakin nyaman dengan anda.

Memberikan tempat tidur yang nyaman

Tempat tidur yang nyaman adalah tempat yang empuk, hangat, dan tidak diketahui lawan. Tempat nyaman seperti itu akan membuat kucing tidak mudah depresi ketakutan karena melihat lawan. Selain itu, kucing juga tidak rentan terkena penyakit sehingga kucing tetap terjaga kesehatannya.

Berikan makanan yang bergizi

Makanan yang bergizi akan membuat sistem kekebalan tubuh kucing meningkat sehingga tahan terhadap berbagai macam ancaman penyakit, dengan makanan bergizi pula kucing akan tumbuh dengan maksimal dan terlihat gemuk menggemaskan. 

Memberikan mainan

Kucing yang suka tidur tentunya kurang menarik perhatian. Agar kucing terlihat lincah lucu menggemaskan, berikan sebuah mainan yang membuat kucing itu bergerak bebas dan tidak hanya diam tiduran. 

Kesimpulan

Cara menjinakkan dan merawat kucing liar menjadi kucing penurut yang menggemaskan itu mudah. Intinya anda harus membuat ia nyaman dengan kehadiran anda, itu sudah lebih dari cukup karena sebenarnya kucing adalah makhluk yang manja.

Demikianlah tips menjinakkan dan merawat kucing liar yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Baca Artikel Tips dan Trik Lainnya.