Iman dan Amal Salih adalah Sebuah Kebahagian

Beriman dan Beramal Shalih
Daftar isi

masnasih.com - Iman adalah kenikmatan yang luar biasa, karena dengan iman seseorang bisa masuk ke dalam surga sekalipun ia semasa hidupnya adalah pendosa. Bagi para pendosa bisa masuk surga dengan catatan ia harus menjalani siksaan dulu untuk membersihkan dosa-dosa yang telah diperbuatnya. Dan bagi orang yang semasa hidupnya tidak melakukan dosa atau bertaubat dan mendapat ampunan dari Allah sebelum kematiannya, maka ia akan masuk surga tanpa harus disiksa terlebih dulu.

Dalam Q.S. Az-Zalzalah ayat 7-8 disebutkan barang siapa yang melakukan amal perbuatan tidak baik sekecil apapun, maka ia akan mendapat balasan. Dan barang siapa yang melakukan amal perbuatan baik sekecil apapun, maka ia akan mendapatkan balasan pula. Ayat ini menerangkan bahwa amal kebaikan maupun amal ketidakbaikan, semuanya akan dibalas. Amal yang tidak baik akan dibalas dengan siksaan, dan amal baik akan dibalas dengan kenikmatan.

Amal shalih adalah perbuatan yang baik. Orang yang beramal shalih belum dikategorikan sebagai orang yang bahagia tanpa adanya iman. Amal shalih tanpa iman tak akan pernah menjadikan seseorang masuk surga. Surga adalah tempat yang penuh dengan kebahagiaan. Maka untuk mendapatkan kebahagiaan syarat utamanya adalah iman, dilanjutkan dengan amal shalih.

Surga didapatkan dengan keimanan. Amal shalih adalah syarat untuk mendapatkan pahala/kebahagiaan yang lebih banyak. Ketika seseorang dalam hidupnya hanya melakukan amal shalih dan tidak melakukan amal yang thalih (tidak baik), maka orang tersebut akan mendapatkan kebahagiaan yang luar biasa yaitu masuk surga tanpa disiksa.



Previous
« Prev Post