Kebodohan dan Kegilaan Hidup Saya yang Pernah Ada

Keledai

masnasih.com - Kebodohan adalah sesuatu yang dilakukan tanpa ilmu. Kegilaan adalah melampaui batas kewajaran. Dua hal ini pernah saya rasakan bahkan sekarang pun saya masih merasakannya di saat-saat tertentu. Misalnya kebodohan yang saya lakukan adalah ketika saya terlalu sibuk dengan aktivitas, tetapi melupakan makan. Akhirnya saya sakit-sakitan.

Kegilaan yang saya lakukan adalah mengakui kesalahan dan rela menerima keadaan walaupun mungkin muka ini mau ditaruh dimana. Bayangkan ketika salah dan mengakui kesalahannya, malas dan mengakui kemalasannya. Ini membuat harga diri turun seketika. 

Namun semua kebodohan dan kegilaan ada plus minusnya. Kebodohan yang saya lakukan menjadikan saya lebih mengerti akan sebuah ilmu yang mungkin juga diabaikan oleh orang lain. Dan kegilaan saya membuat saya terlepas dari sifat-sifat yang tercela. Dan juga mungkin sebagai ganjarannya saya harus merasakan yang namanya pelajaran malu. Malu dipermalukan orang lain.

Gila terkadang diperlukan. Namun jadikan kegilaan itu sebagai sarana untuk mencapai sebuah sesuatu. Misalnya bercita-cita yang menurut orang lain adalah gila, jangan menyerah, tetap pada kegilaanmu karena kegilaan itulah yang akan membuatmu sukses dan mampu menjawab pertanyaan orang-orang yang tak mempercayai impianmu.

Bodoh itu terkadang juga perlu. Namun terlalu bodoh itu jangan, karena itu membahayakan dirimu sendiri. Sebisa mungkin untuk menjadi orang cerdas yang mampu membaca situasi dan kondisi agar semuanya baik-baik saja.


Previous
« Prev Post