Mantap Jiwa - Ngeblog Trafik Pengunjung Naik Turun

Mati Perlahan

masnasih.com - Ngeblog adalah aktivitas yang sangat mengasikkan. Seperti halnya kehidupan ini ada kebahagiaan dan ada kesedihan, ada pasang surut semangat ngeblog. Di saat trafik naik semangat ikut naik, di saat trafik turun semangat pun ikut turun. Trafik blog naik merasa apa yang telah dilakukan mendapatkan hasil, dan ketika trafik blog turun merasa apa yang telah dilakukan sia-sia.

Namun tetap bertahan di dalam kesedihan buahnya akan lebih enak dibandingkan diam ketika dalam kesedihan. Bertahan terus berkarya di dalam kesedihan akan membuat blog semakin kuat, dan diam saat kesedihan tak akan pernah membuat blog berkembang, tetapi justru mengalami kemandekan atau bahkan penurunan yang lebih tak diinginkan.

Bagi saya pencapaian tertinggi dari ngeblog adalah ketika artikel yang saya publikasikan dibaca oleh banyak orang. Maka ketika mendapatkan peringkat tertinggi di hasil penelusuran adalah hal yang paling menyenangkan dan penurunan peringkat sama artinya kegalauan. Entah kenapa perasaan ini sangat down saat melihat grafik pengunjung yang menurun drastis beberapa hari, dan bahkan semakin turun dari hari ke hari.

Ketika grafik naik turun pun jantung jadi dag dig dug. Senang dan sedih secara bergantian dengan cepat. Tetapi inilah keasyikan dan kebahagiaan tersendiri untuk diceritakan ketika semuanya itu telah berlalu satu, dua, tiga tahun kemudian. Dan ketika bisa menjalani dan melewatinya dengan terus berkarya, disitulah pencapaian memang benar-benar di dapatkan walaupun visi belum tercapai.

Galau adalah ketika melihat grafik pengunjung turun, namun lebih galau lagi di saat melihat grafik pengunjung turun berhenti menulis yang akhirnya menyesal dan harus mengulang perjuangan dari awal. 

Ngeblog adalah aktivitas jangka panjang. Satu artikel adalah nyawa sebuah blog, semakin banyak artikel semakin kuat dan sehat sebuah blog, dan posting secara berkala bagaikan gizi yang harus terus dijaga agar tetap kuat.

Blog adalah aset masa depan. Apapun artikelnya pasti suatu saat nanti akan ada orang yang  membutuhkan. Buat konten dengan jenis apapun yang penting bermanfaat, maka sedikit demi sedikit blog akan kuat dengan sendirinya.

Berhenti mengupdate satu hari saja berarti menghilangkan satu nyawa dari blog yang telah tertanam. Kita tidak akan pernah tahu kapan artikel blog kita akan tergilas oleh artikel pesaing. Maka dengan  banyaknya artikel yang kita update setiap hari kita bisa mengurangi risiko terjadinya penurunan visitor karena artikel yang lain berpeluang mendapatkan peningkatan peringkat di hasil penelusuran.
Bisnis Online Menjanjikan
Lowongan Kerja Sampingan


Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar