Pengertian Blog dan Blogging
masnasih.com - Semakin berkembangnya teknologi informasi semakin marak pula pembahasan tentang dunia online termasuk sosial media dan website maupun blog. Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan istilah blog dan blogging, namun sebagian orang mungkin masih belum mengetahui apa yang sering disebut sebagai blog itu. 

Di artikel ini saya ingin sedikit menjabarkan tentang blog dan blogging agar Anda yang belum tahu menjadi tahu dan Anda yang sudah tahu menjadi lebih tahu.

Blog berasal dari dua kata yaitu web log adalah sebuah jaringan dan konten baik itu berupa video, artikel, maupun audio dengan format terbalik. Jadi secara sederhana blog ini bisa dikatakan sebuah media online yang disitu kita bisa memposting sebuah informasi dan format informasinya terbalik yaitu konten terakhir adalah yang ditampilkan di halaman awal, sedangkan konten yang lama berada di halaman selanjutnya.

Contohnya blog ini. Anda bisa melihatnya sendiri format dari blog ini seperti apa. Coba akses beranda blog ini Anda akan melihat format terbalik tersebut.

Blogging atau ngeblog adalah sebuah aktivitas mengelola blog, dari mulai membuat, mengupdate konten, mengoptimasi blog, dst. Jadi ketika kita sedang membuat, memposting, mengoptimasi blog; itulah yang dinamakan blogging. Jika blog adalah objeknya, maka blogging adalah aktivitasnya/pekerjaannya.

Demikianlah penjelasan tentang blog dan blogging. Semoga bisa memahamkan.