Qadha' dan Qadar Allah Itu Pasti

Qada dan Qadar

masnasih.com - Masya Allah. Allah Maha Agung, Maha Mengetahui setiap sesuatu yang ada di dunia, karena semuanya adalah qada dan qadar Allah SWT. Segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah ketetapan Allah SWT. Manusia tidak bisa merubah ketentuan dari Allah SWT.

Ketika kita sudah berusaha dengan sekuat tenaga dan pikiran, namun kita belum bisa mendapatkan apa yang kita harapkan, maka itulah ketetapan Allah SWT. Ketika kita ingin kaya, sudah bekerja siang malam, berdoa setiap waktu, dan telah menghabiskan banyak waktu, namun kita belum mendapatkan kekayaan yang kita harapkan, maka itu adalah ketetapan Allah SWT.

Qada dan Qadar adalah rukun iman yang ke enam. Kita harus meyakini bahwa dunia dan seisinya ini sudah diatur oleh Allah SWT. Kita harus meyakini dengan sepenuh hati. Kita tidak bisa mengabaikan begitu saja dan tidak percaya pada ketetapan Allah SWT, karena bisa membuat batal iman kita.

Kita sebagai manusia di dunia ini hanyalah untuk berusaha, berusaha, dan berusaha dengan harapan menjadi orang baik yang sesuai dengan yang kita harapkan, dan sesuai dengan syariat Islam. Ada kaidah-kaidah yang harus kita penuhi dalam menjalani kehidupan ini. Dengan kaidah yang telah ditetapkan dalam syariat Islam, maka kita bisa berjalan di jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang diridhoi oleh Allah SWT.

Kita harus menyadari ketika usaha yang sudah kita lakukan dengan baik, dengan sepenuh hati, dengan hati-hati dan seterusnya, namun tak membuahkan hasil, itulah takdir Allah SWT. Kita tidak pernah bisa merubah takdir karena takdir sudah ditetapkan pada zaman azali, sebelum kita dilahirkan ke dunia.

Memang idealnya ketika kita mau berusaha, maka kita akan mendapatkannya, mendapatkan sesuatu yang kita harapkan. Namun jika takdir berkata lain, maka kita tak bisa menghindarinya, dan kita harus menjalaninya dengan hati yang lapang. Allah lebih tau, Allah lebih mengetahui apa yang terbaik untuk kita, dan Allah tidak memberikan cobaan melebihi batas kemampuan kita menerimanya.

Maka percayalah bahwa ketetapan Allah adalah yang terbaik untuk kita jalani. Namun jangan pernah putus asa dan jangan menyerah untuk terus berusaha menjadi orang yang baik dan selalu bertaqwa kepada Allah SWT, karena iman dan taqwa adalah nikmat Allah yang sesungguhnya. Wallahu A'lam.



Previous
« Prev Post