Tips Menghadapi Update Algoritma Google Terbaru 2019 / 2020

Algoritma Google Terbaru
masnasih.com - Mulai dari 13 Maret lalu beberapa blog saya mengalami penurunan visitor secara signifikan. Jika dirata-rata maka penurunannya 50% bahkan lebih. Namun beberapa minggu kemudian peringkat mulai naik lagi dan visitorpun mulai merangkak naik walaupun belum pulih seperti sedia kala. Dari beberapa blog yang mengalami penurunan visitor ada yang hanya saya biarkan dan ada yang saya perbaiki.

Blog ini adalah salah satunya yang saya biarkan, sebelum akhirnya saya memutuskan untuk mengupdate konten ini. Dan yang lainnya tetap saya genjot dengan artikel fresh dan juga ada yang saya update artikel yang mengalami penurunan peringkat di hasil penelusuran. Hasilnya Alhamdulillah mengalami perkembangan lagi dan mulai pulih.

Nah, artikel ini saya ingin sedikit memberikan tips untuk menghadapi adanya update algoritma dari google ini. Langsung saja simak tipsnya, Semoga bisa sedikit mencerahkan.

Oke jadi ketika kita ingin merubah strategi seo blog tentunya kita harus mengetahui dulu apa yang diharapkan oleh google. Jadi kembali lagi kita ingat visi dari google itu sendiri. Kurang lebih visinya adalah memberikan informasi yang berkualitas dan relevan bagi penggunanya.

Dalam perubahan algoritma terbaru dari google juga tidak mengatakan secara gamblang apa yang harus dirubah dari strategi seo para webmaster, google hanya menyampaikan agar tidak terlalu merisaukan adanya perubahan algoritma ini, cukup terus rutin update konten yang bermanfaat.

Nah dari sinilah kita bisa menemukan benang merahnya, yaitu tidak perlu merisaukan dan terus update. Kalau saya sendiri melihat fenomena ini saya golongkan ke dalam google dance yaitu naik turunnya trafik blog secara tidak menentu secara cepat. Hitungannya adalah perhari.

Dugaan saya, ini adalah salah satu cara google menyeleksi konten yang masuk di indeksnya apakah konten terindeks tersebut bermanfaat atau tidak. Jadi algoritma google mengacak peringkat dalam beberapa minggu atau beberapa bulan, dan konten yang paling disukai oleh pengunjung yang akan di naikkan peringkatnya, dan konten yang tidak disukai pengunjung akan di nomor duakan.

Google melihatnya dari ukuran authority sebuah konten. Ketika kontennya fresh, panjang dengan durasi baca lama, mempunyai bounce rate rendah, maka akan diprioritaskan oleh google. Begitu juga sebaliknya, konten yang dangkal, mempunyai durasi baca pendek, dengan bounce rate tinggi akan digeser peringkatnya dan mungkin akan mengalami penurunan peringkat yang sangat signifikan.

Maka konten yang berkualitas, ketika mengalami penurunan peringkat akan naik kembali dengan sendirinya karena memang berkualitas, dan konten pendek tak akan naik lagi ketika mendapatkan pesaing yang kontennya lebih berkualitas.

Maka yang harus dilakukan untuk menghadapi update algoritma ini versi saya adalah mengupdate konten lawas yang mengalami penurunan peringkat, dan membuat konten baru untuk meningkatkan otoritas blog.

Kita bisa mengupdate konten lawas dengan melengkapi pembahasan, menambah internal link, menambah toc jika belum ada, menambah semua hal yang berkaitan dengan seo onpage.

Kita juga bisa mengupdate konten yang fresh yang sifatnya baru untuk tetap menghidupkan blog dan menambah nilai otoritas blog secara bertahap.

Proses perbaikan peringkat ini mungkin akan membutuhkan waktu sampai sebulan tergantung dengan optimasi yang kita lakukan. Sebisa mungkin untuk melengkapi semua seo onpage yang belum kita manfaatkan dan juga melengkapi konten. Setelah itu jangan lupa untuk submit di google search console google. Dengan cara lama ataupun yang terbaru yaitu inspect url.

Jika tidak ada perubahan coba analisis lagi dengan cara membandingkan konten pesaing. Namun perlu Anda ketahui bahwa perubahan tersebut mungkin akan langsung terlihat setelah submit url dan bisa juga harus menunggu beberapa hari, minggu, atau bulan sampai google selesai melakukan pengacakan peringkat tersebut.

Yah, ini hanyalah analisis saya sendiri. Bisa benar, dan juga bisa salah. Boleh percaya atau tidak. Saya hanya mencoba menganalisis dari perubahan yang terjadi pada blog saya. Semoga sedikit tercerahkan.

Baca Artikel Blogging Lainnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar