5 Pilihan Monetisasi (Blog Menghasilkan Uang)

Menghasilkan uang darii blog
masnasih.com - Monetisasi blog adalah hal yang menarik untuk dibahas pasalnya berkaitan dengan penghasilan, bahkan passive income; dalam bahasa kerennya makan gaji buta alias tidak kerja tapi dapet gaji. Di artikel ini saya ingin membahas beberapa pilihan monetisasi blog yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan.

5 Pilihan Monetisasi (Blog Menghasilkan Uang)

Mungkin ada lebih dari 10 cara memonetisasi blog, namun disini saya hanya akan menyampaikan beberapa pilihan yang saya rangkum menjadi 5 cara yaitu menjadi publisher, affiliasi, dropship, content placement, menjual produk sendiri.

5 rangkuman tersebut akan saya bahas satu persatu untuk memberikan sedikit gambaran agar pembaca mudah dalam memahami dan menentukan pilihan.

Menjadi Publisher Iklan

Menjadi publisher iklan adalah yang kerap lakukan oleh blogger dari zaman dulu hingga sekarang. Kita bisa menawarkan jasa pemasangan iklan di blog atau kita mendaftar ke perusahaan yang bekerja dalam bidang periklanan dan membutuhkan mitra untuk mengiklankan iklan dari advertiser.

Dengan menawarkan slot iklan di blog maka biasanya ada orang ataupun perusahaan yang tertarik untuk iklan ketika mereka melihat adanya potensi conversi penjualan dari iklan yang ditampilkan di blog kita. Iklan jenis ini sistem pembayarannya bisa kita tentukan dengan tarif sewa slot perbulan ataupun pertahun.

Menjadi mitra dari perusahaan di bidang periklanan juga salah satu cara untuk menjadi publisher. Biaya iklan yang umum digunakan adalah dibayar per klik (cpc), dibayar perseribu tayang (cpm), dan dibayar per-action (cpa).

Diantara produk iklan jenis ini adalah Google AdSense, Pop Cash, Adnow, Chikita, Infolink, dan sebagainya. Kelebihan dari iklan ini adalah bentuk iklan sudah disediakan dan kita tinggal memasangnya saja di blog dan iklan yang tampil cenderung menarik perhatian.

Affiliasi

Affiliasi adalah kerjasama pengiklan dengan publisher dengan ketentuan komisi akan didapatkan oleh publisher ketika ada transaksi penjualan yang dilakukan oleh pembeli melalui link iklan yang ada di blog publisher. Komisi yang diberikan biasanya berupa persenan dari harga produk.

Artinya kita akan mendapatkan penghasilan ketika pengunjung blog mengklik iklan dan melakukan pembelian produk. Ketika pengunjung hanya klik iklan dan tidak melakukan pembelian, maka kita tidak mendapatkan penghasilan.

Penghasilan dari affiliasi ini lebih besar dari pada penghasilan dari iklan jenis cpc, cpm, dan cpa. Namun untuk mendalami iklan jenis affiliasi tentunya harus sedikit pandai dalam hal copywriting agar pengunjung blog mau melakukan pembelian produk yang diiklankan di blog.

Dropship

Dropship adalah salah satu cara menjual barang tanpa harus membeli barangnya terlebih dahulu. Dengan cara ini kita bisa memonetisasi blog seperti jualan tetapi tidak modal atau modal hanya sedikit, misalnya membuat atm dan standby di sosmed menunggu pembeli.

Jadi kita mengiklankan produk orang lain di blog, dengan catatan orang tersebut sudah memberi keleluasaan bagi siapa saja untuk menjadi reseller ataupun dropshipper. Kita bisa menentukan harga sendiri dan lebih tinggi dari harga dari yang punya produk. Dari selisih harga tersebutlah kita mendapatkan keuntungan.

Skema transaksinya seperti ini. Kita melobi produsen bermaksud ingin menjadi dropship - produsen memberikan foto produk dan spesifikasinya - kita mengiklankan di blog dengan menambah harga jual sebagai margin - pengunjung yang ingin membeli mentransfer uang ke kita - kita membeli produk ke produsen dengan harga dari produsen (sisa uang dari pembeli masukkan ke kantong hehe) - produsen mengirimkan barang ke pembeli - selesai.

Content Placement

Content Placement adalah konten milik orang lain yang diposting di blog kita. Biasanya orang yang menaruh konten menginginkan produknya direview atau sekedar mencari backlink untuk mendongkrak blog milik orang tersebut.

Dari content placement ini kita bisa mendapatkan penghasilan dengan memberikan tarif kepada orang ataupun perusahaan yang ingin kontennya dipost di blog kita. Kita bisa memasang tarif yang sesuai dengan kriteria blog kita. Semakin bagus otoritas blog, semakin mahal biaya postnya.

Biaya content placement dimulai dari 100 ribuan sampai jutaan rupiah. Tentunya ini sangat besar nilainya dibandingkan dengan iklan jenis yang lain. Namun kita tidak bisa mengandalkan cara ini untuk mendapatkan passive income karena hanya orang yang butuh saja yang mau menggunakan jasa ini.

Menjual Produk Sendiri

Cara ini dilakukan apabila kita sudah mempunyai produk sendiri yang siap untuk dijual, entah itu berupa barang atau jasa; misalnya produk celana jeans, atau jasa artikel. Menjual produk sendiri tentunya akan lebih leluasa dan bisa memaksimalkan profit. Kita bisa menentukan harga sendiri dan keuntungannya pun untuk kita sendiri.

Namun tentunya kita harus melakukan langkah tambahan yaitu membuat desain iklan sendiri, memaketkan barang sendiri, dan lain sebagainya yang semuanya serba sendiri, tak seperti iklan lainnya yang tidak membuat kita ribet atau tidak seribet jual produk sendiri.

Keberhasilan dari iklan ini juga ditentukan oleh banyak faktor termasuk harga barang, kualitas produk, kecepatan respon, dan sebagainya. Maka kita harus benar-benar siap repot sedikit untuk melayani pembeli ataupun orang yang sekedar bertanya.

Nah itulah 5 pilihan untuk memonetisasi blog. Kira-kira mana yang lebih menarik menurutmu?

Mulai Membuat Blog


Previous
« Prev Post