Uniknya Lingkaran Pertemanan Setiap Insan - Dimanakan Kita Berada?

Setiap orang selalu membutuhkan orang lain di kehidupannya. Begitulah mengapa manusia disebut makhluk sosial. Tapi, tak semua orang mampu hidup bersosial dengan baik. Atau lebih tepatnya, kurang mampu menyesuaikan diri dengan keadaan sosial di lingkungan sekitarnya terutama di lingkungan yang baru.

Contohnya saya. Saya tipe orang yang lebih nyaman ketika sendiri (bukan berarti anti sosial) dan dalam beberapa pengalaman yang pernah dilalui, seringkali konflik2 dalam lingkaran pertemanan ini membuat ruang gerak saya justru terbatas. Pada akhirnya menjadi merasa tidak nyaman dan memisahkan diri dari lingkaran itu.

Namun, seiring berjalannya waktu dan bertambahnya pengalaman  terus membuat saya belajar bagaimana menjadi orang yang tidak menutup diri. Tapi juga punya filter, mana yang bisa diambil sisi positifnya dan meminimalisir dampak negatifnya dari lingkungan sosial tersebut.

Kemudian bagaimana cara membuat kita nyaman saat harus hidup di lingkungan sosial dan lingkaran pertemanan yang tidak bisa kita hindari?

Jika diambil dari pengalaman pribadi saya sekarang ini. Saya lebih memilih mencari aman dengan fokus pada diri sendiri. Ya maksudnya tidak terlalu ambil pusing dengan sifat dan sikapnya orang lain yang bertentangan dengan kita (selama itu tidak keluar dari Syariat-Nya). Tugas kita hanya bersikap baik dan terus berbuat baik dengan orang lain. Perihal balasannya pada kita itu urusan orang tersebut dengan Sang Pencipta. 

Sebenarnya kita bisa mengkomunikasikan setiap masalah kita terhadap apa yang tidak kita sukai. Hanya saja butuh ilmu komunikasi yang baik untuk bisa memberikan pemahaman dan tidak menimbulkan masalah yang lebih besar. Sehingga kita perlu banyak belajar untuk mampu berkomunikasi dengan baik terhadap orang lain. Dan tidak lupa untuk selalu mendo'akan orang-orang disekitar kita dengan do'a-do'a yang baik.

Hidup dilingkaran pertemanan yang nyaman itu gampang-gampang susah. Jadi pandai-pandailah kita menempatkan diri. Semoga selalu ditempatkan di lingkungan yang baik. Sehingga membuat lingkaran pertemanan kita menjadi semakin baik.
Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post