Jejak Blogger Sukses
masnasih.com - Menjadi Blogger pasti mengalami saat-saat semangat dan saat-saat harus memaksakan diri untuk semangat karena powernya sudah mulai down. Melihat kesuksesan blogger lain adalah salah satu cara untuk membangun kembali semangat yang telah mengendur. Di artikel ini saya rangkum beberapa kebiasaan yang dilakukan oleh blogger sukses. 

Mengikuti Jejak Para Blogger Sukses

Ada beberapa kebiasaan yang dilakukan oleh blogger sukses yaitu mengganti desain blog dengan gaya sendiri, membuat konten secara rutin, meninjau performa blog secara berkala, memberi backlink ke blog, dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya simak secara baik penjelasan berikut ini.

Desain Blog yang Khas

Desain blog yang unik menjadi ciri khas tersendiri bagi para blogger sukses. Mereka mempunyai konsep sendiri membuat pengunjung blog nyaman. Mereka sangat menyadari bahwa desain blog adalah salah satu bagian dari optimasi untuk membuat blog disukai banyak orang.

Desain blog yang unik tak berarti mereka membuat template sendiri, melainkan mereka membuat tampilan yang berbeda daripada yang lain sekalipun template yang digunakan juga banyak digunakan orang.

Tampilan yang berbeda inilah yang membuat blog mereka mempunyai tampilan yang unik dan khas. Namun semua itu dirancang berdasarkan riset dan tak lain bertujuan untuk membuat blog mudah diakses oleh pengguna. 

Update Konten Rutin

Konten adalah ruh dari sebuah blog, blog tanpa konten ibarat patung tak bernyawa. Maka blogger sukses menyadari betul akan hal itu dan tertuang dalam tindakannya berupa mengupdate dan memposting konten baru secara rutin.

Rutin memposting konten dalam dunia seo (search engine optimization) juga sangat penting. Blog yang rutin terupdate kontennya sedikit demi sedikit akan terbangun otoritasnya. Semakin tinggi otoritasnya semakin mudah pula mendapatkan peringkat tertinggi di SE (Search Engine).

Begitu juga apabila blog dibiarkan tanpa mengupdate konten, maka akan stagnan otoritasnya dan cenderung mengalami penurunan peringkat di SE karena mendapatkan pesaing baru seiring berjalannya waktu.

Mengamati Performa Blog Secara Berkala

Performa blog bisa saja mengalami peningkatan yang signifikan atau justru sebaliknya mengalami penurunan yang tak terkendalikan. Hal ini bisa saja terjadi karena kesalahan teknis dari blog itu sendiri atau dari luar.

Kesalahan teknis yang dimaksud bisa berupa kesalahan struktur template, kesalahan membuat konten, kesalahan penerapan seo dsb. Kesalahan yang sepele ini bisa berakibat fatal dan menyebabkan blog mengalami penurunan performa secara signifikan.

Blogger sukses selalu melakukan pengecekan terhadap kesehatan blog, dari dalam sampai luar. Pengecekan yang dimaksud diantaranya adalah cek broken link, kevalidan template, indeks konten di google, dan sebagainya.

Kesalahan teknis yang terdeteksi segera mereka perbaiki dan dilakukan sampai semua masalahnya terselesaikan. 

Memberi Backlink Ke Blog

Internet adalah sebuah jaringan yang saling terhubung satu dengan yang lainnya. Terhubungnya antar satu blog ke blog lainnya menjadi poin plus di dunia internet. SE memanfaatkan link sebagai poin untuk menilai suatu konten/blog.

Ketika suatu blog memberikan link keluar ke blog yang lain, maka blog lain tersebut mendapatkan poin plus dari SE, karena seperti halnya di dunia KTI (Karya tulis ilmiah) kita mengenal istilah referensi. Ketika kita mengambil referensi dari suatu buku, maka kita harus mencantumkan sumber data / perujuknya. Memberikan link keluar di blog sama artinya mencantumkan sumber referensi ke blog lain.

Maka adalah sebuah poin plus untuk blog yang mendapatkan link dari blog kita. Katakanlah blog kita adalah A dan blog orang lain adalah blog B. Maka ketika kita mencantumkan link blog B di blog A, blog B mendapatkan nilai plus di mata SE dalam istilah SEOnya blog B mendapatkan backlink dari blog A.

Para blogger sukses selalu melakukan hal ini karena menyadari bahwa ini penting bagi SE. Namun sebagian mereka tak perlu mencari karena sudah ada orang yang dengan suka rela memberikan backlink ke blog mereka.

Baca Juga Menjadi Blogger Jangan Suka Baper - Fokus Berkarya

* * *

4 kebiasaan tersebut adalah hal yang dilakukan oleh blogger sukses. Kebiasaan yang terlihat sepele tetapi efeknya sangat luar biasa. Sekarang giliran Anda yang memilih apakah ingin mengikuti jejak mereka, atau ingin memilih jalan sendiri?