Cara Meraih Kesuksesan di Masa Mendatang, ini Kuncinya

Cara Sukses
masnasih.com - Kegiatan yang dilakukan secara terus menerus rutin setiap hari akan menimbulkan efek yang luar biasa. Ketika yang dilakukan adalah kebaikan, maka efek yang ditimbulkannya juga baik. Begitu juga sebaliknya, apabila yang dilakukan adalah hal yang tak baik maka akan berdampak tak baik juga.

Cara Meraih Kesuksesan di Masa Mendatang, ini Kuncinya

Ada pepatah yang mengatakan, "Sedikit demi sedikit akan menjadi bukit." Artinya sesuatu yang sedikit apabila dikumpulkan terus menerus akan menjadi banyak atau berdampak besar. Sejalan dengan ilmu agama yang mengatakan bahwa dosa kecil jika dilakukan terus menerus akan menjadi dosa besar dan jika disepelekan akan menjadi dosa kufur.

Sebab dan Akibat

Penjelasan singkat di atas bisa dijadikan sebagai acuan untuk melihat sebab dan akibat dari suatu perbuatan. Ada sebab ada akibat. Maka adalah hal yang lumrah dan pantas terjadi jika seseorang telah mempersiapkan dirinya untuk menerima sesuatu yang ia inginkan yaitu cita-citanya.

Ada usaha ada hasil. La tahzan Semakin banyak berusaha semakin banyak pula peluang untuk berhasil, dan sedikit berusaha maka sedikit pula peluang untuk berhasil; logikanya seperti itu terlepas dari berbicara tentang takdir. 

Pantas dan Tak Pantas

Rumah yang mewah pantasnya dimiliki oleh orang kaya, itu kenapa orang miskin tak punya rumah mewah. Kenapa orang miskin tidak punya rumah mewah? Karena ia tidak mempunyai uang yang cukup untuk membelinya, dan kenapa ketika ia berdoa ingin punya rumah mewah Tuhan tak langsung mengabulkannya? Karena memang ia belum pantas untuk mendapatkannya.

Orang miskin tidak punya biaya yang cukup untuk merawat rumah mewah, kalaupun iya punya rumah mewah justru akan kebingungan bagaimana cara merawatnya, uang saja tak punya. Pasti ujung-ujungnya berpikir ingin menjual rumah mewah tersebut, karena memang ia tidak mempunyai daya untuk menerima amanat berupa rumah mewah.

Ilmu dan Pengalaman adalah Kunci Sukses

Kenapa orang miskin tidak mempunyai harta yang melimpah? Karena ia belum pantas untuk mendapatkannya. Ia tak tau harus mentasarufkan hartanya kemana. Yang pantas mendapatkan harta banyak adalah orang yang mampu mengelola harta itu dengan baik walaupun mungkin sebagian hartanya digunakan untuk foya-foya.

Andaikan orang miskin diberi harta yang banyak, maka ia akan kebingungan untuk mengelolanya, dan akhirnya justru digunakan untuk hal-hal yang kurang tepat dan habis tanpa sisa. Itu karena memang orang miskin tak belum pantas untuk mendapatkan kekayaan yang melimpah. 

Ciri-ciri Sukses adalah Konsisten

Maka konsisten adalah salah satu cara untuk mendapatkan sesuatu yang dicita-citakan. Apabila orang miskin ingin kaya, berarti ia harus memantaskan diri dengan secara konsisten mempelajari tentang cara mengelola usaha dengan baik sebagai salah satu upaya untuk mengurangi dampak buruk yang terjadi apabila sudah menerima kekayaan. Dan segala sifat yang dimiliki oleh orang kaya diterapkan termasuk mindset harus dirubah dari mindset orang miskin menjadi orang kaya.

Apabila sudah pantas, secara logika kesuksesan tersebut akan diraih. Atau paling tidak kalau ketiban harta banyak dan bersifat mendadak sudah bisa mengelolanya dengan baik dan tidak musproh. Ini adalah logika sederhana terlepas dari pembahasan tentang takdir.

Konsisten merupakan salah satu hal yang masuk akal. Anak yang ingin mendapatkan nilai bagus di sekolahnya harus konsisten untuk terus belajar. Jika tidak konsisten dalam belajar maka yang akan terjadi adalah nilai yang tidak maksimal.

Baca Juga Mengenal Kampus IAIN Pekalongan - Kampusku Tercinta dan Luar Biasa

* * *

Begitulah logika sederhana tentang teori konsisten sebagai upaya untuk mendapatkan kesuksesan di masa mendatang. Apakah Anda setuju dengan opini saya?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar