Kenapa Traffic Sosial Media CPC Google Adsense Jadi Kecil?

cpc adsense terjun bebas gara-gara traffic sosial media
masnasih.com - Banyak yang mengeluhkan traffic pengunjung blog dari sosial media, katakanlah dari facebook itu cpcnya rendah. Memang saya akui ketika mendapatkan klik pengunjung dari sosmed cenderung berkurang cpcnya. Ada penurunan yang sangat signifikan ketika mendapatkan klik dari pengunjung yang datang dari sosmed. Misalnya yang seharusnya mendapat 500 menjadi 50. Ini tentunya merugikan bukan?

Oke jadi kenapa sih kok cpc dari sosmed kecil?

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi disini. Dan ini berhubungan dengan publisher sendiri dan juga faktor pengunjung. Diantara faktornnya adalah :

  1. History Cache Browser
  2. Ads Balance
  3. Niche Blog
  4. Jenis Iklan
Empat faktor tersebut, nomor 1 adalah faktor eksternal, dan nomor 2-4 adalah faktor internal. Sedangkan faktor 1-2 adalah faktor yang paling berpengaruh, 3-4 faktor pendukung. Baiklah akan saya jelaskan satu persatu.

History Cache Browser

Mungkin bagi pemain adsense, sudah menjadi rahasia umum bahwa iklan sosial media bernilai rendah cpcnya. Sedangkan cara adsense bekerja (menampilkan iklan), salah satunya adalah melihat dari history cache browser. Dan ketika pengunjung datang melalui sosial media tentunya iklan yang ditampilkan adalah sosial media yang cpcnya rendah.

Ads Balance

Ads Balance merupakan fitur dari google adsense untuk mengatur keakuratan iklan yang ditampilkan. Semakin besar persentase ads balance, semakin banyak iklan yang ditawarkan, namun tidak akurat. Semakin sedikit persentase ads balance, semakin sedikit iklan yang ditawarkan, namun lebih akurat.

Dari hal tersebut kita sudah bisa mendapatkan jawaban bahwa ads balance sangat berpengaruh. Jika kita mengatur ads balance dengan nilai 100%, maka trafik dari sosial media tentunya akan memberikan dampak yang tidak baik yaitu iklan yang muncul tidak akurat, berupa iklan sosial media yang cpcnya rendah.

Namun ketika kita mengatur ads balance dengan nilai lebih sedikit, katakanlah 50%; maka tak ada dampak yang terlalu signifikan terhadap nilai cpc adsense karena iklan yang ditampilkan lebih akurat. 

Niche Blog

Topik blog menentukan adanya pengaruh yang signifikan terhadap perubahan cpc adsense ketika mendapatkan klik pengunjung yang datang dari sosial media. Niche HPK (High Paying Keyword) akan lebih terasa perubahannya karena sangat jauh perbedaaan nilai cpcnya. HPK umumnya di Indonesia cpcnya bernilai lebih dari 1.000 sedangkan sosial media cpcnya kurang dari 1000 atau bahkan kurang dari 100. 

Sedangkan untuk niche blog yang cpcnya rendah, traffic dari sosial media tak akan ada pengaruhnya atau pengaruhnya hanya sedikit saja, karena nilai cpcnya sama atau tak jauh beda.

Jenis Iklan

Jenis iklan juga berpengaruh. Iklan jenis gambar dan teks, in article, in feed akan lebih menunjang cpc yang rendah, karena iklan jenis ini hanya menampilkan satu iklan saja. Sedangkan iklan jenis tautan akan lebih aman karena terdapat lebih dari satu iklan yang ditampilkan, biasanya 4 iklan. 

Dari empat iklan yang ditampilkan, pasti ada salah satunya yang masih relevan dengan konten walaupun mungkin sebagian lainnya menampilkan iklan sosmed. Iklan tautan masih berpeluang mendapatkan klik dari iklan yang relevan, sedangkan selain tautan tidak mempunyai peluang itu.

* * *

Empat faktor tersebut adalah faktor yang menurut saya menjadi penyebab dari penurunan nilai cpc adsense ketika mendapatkan klik pengunjung yang datangnya dari sosial media. Jika Anda sudah mengetahui hal tersebut tentunya sekarang Anda sudah tahu apa yang harus Anda lakukan mulai sekarang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar