Cara Melaporkan Saldo ATM Terpotong Tetapi Uang Tidak Keluar Bank BRI

Cara Melaporkan Saldo ATM Terpotong Tetapi Uang Tidak Keluar Bank BRI
masnasih.com - Tanggal 6 mei 2019 lalu ketika adik saya berniat mengambil uang dari ATM mengalami masalah, yaitu uang tidak keluar tetapi saldo terpotong. Kebetulan ATM yang digunakan adalah milik saya, dan sudah melapor ke kantor unit tempat ATM berada adik saya tidak mendapat persetujuan karena ATM yang digunakan bukan milik sendiri. Sudah 2 kali dicoba tidak disetujui.

Adik saya hanya mendapatkan rekomendasi dari unit bri di tempat tersebut, (kebetulan adik saya masih di luar kota) untuk menghubungi saya (pemilik rekening) dan melaporkan ke kantor kas bri dimana saya mendaftar menjadi nasabah. Dan saya pun menuruti permintaan adik saya menghubungi kantor kas bri.

Cara Melaporkan Saldo ATM Terpotong Tetapi Uang Tidak Keluar Bank BRI

Berikut adalah step-step yang saya lakukan. Jika Anda juga mengalaminya silakan bisa ikuti step-step ini.

1. Mempersiapkan Persyaratan

Untuk mengurus masalah apapun masalahnya biasanya bank bri membutuhkan ID dari pemilik rekening untuk memprosesnya. Diantara persyaratannya adalah buku tabungan yang masih berlaku, ATM, dan KTP/SIM/ID resmi lainnya, dan juga jangan lupa slip ATM saat mendapatkan kegagalan mengambil uang. 

Ini perlu disiapkan dan diingat-ingat agar tidak mengalami kejadian seperti saya. Saya sudah 30 meter mendekati bank, lupa tidak membawa persyaratannya, akhirnya saya pulang untuk mengambil persyaratan dan balik lagi ke bank. Untung saja jaraknya dekat, kalau jauh mungkin malas buat datang ke bank lagi.

2. Datang Ke Kantor BRI Tempat Mendaftar

Saya datang ke kantor BRI tempat saya dulu mendaftar menjadi nasabah. Datang ke tempat yang tepat akan mempermudah proses pelaporan. Usahakan untuk datang ke bank tempat kita mendaftar, bukan tempat lainnya. Jangan lupa untuk datang lebih awal, karena datang terlambat akan mengantri sampai berjam-jam dan tentunya itu melelahkan. 

Jika pagi hari maka datanglah 5 menit sebelum bank buka, biasanya sudah ada juga yang disitu. Untuk siang hari, datang jam 1 tepat atau sebelum jam 1, karena melebihi jam tersebut tentunya harus mengantri berjam-jam. Saya sendiri datang ke bank jam 1 lebih sudah banyak yang ngantri, alhasil harus menunggu sampai 2 jam lebih.

3. Ambil nomor antrian Customers Service (CS), Duduk di Kursi Tunggu

Nah, jangan sampai salah mengambil nomor antrian. Karena kita mau melapor masalah maka larinya ke CS bukan teller. Terkecuali berniat mau menabung atau mengambil uang, silakan bisa ambil 2 nomor antrian sekaligus. Jika bingung bisa tanya ke satpam yang berjaga. Biasanya satpam akan menanyakan keperluan saat kita masuk ke bank.

Setelah mengambil nomor antrian silakan duduk dan ditunggu. Jika antrian masih panjang silakan boleh jalan-jalan dulu. Tidak ada tempat duduk (sudah penuh orang), tunggu di luar saja jangan mengusir orang yang duduk hehe.. 

Silakan datangi CS saat nomor antrian dipanggil.

4. Sampaikan Masalah Ke CS dengan Sebenar-benarnya

Setelah mendatangi CS biasanya ditanya keperluannya, maka sampaikan masalah sesuai dengan kejadian yang sebenar-benarnya, tidak ditambah-tambahi dan juga tidak dikurang-kurangi. Sampaikan bahwa telah terjadi masalah pada ATM dimana bermaksud mengambil uang mendapat masalah uang tidak keluar namun saldo terpotong.

5. Menyerahkan Persyaratan

Setelah menyampaikan maksud ke CS nanti akan ditanya slip, buku tabungan, atm, dan ktp. Serahkan persyaratan tersebut. CS akan memprosesnya dan menanyakan beberapa hal terkait dengan masalah tersebut. Silakan jawab dengan jujur dan membuktikan dengan bukti-bukti yang ada. Setelah selesai. CS menyerahkan bukti report berupa selembar kertas yang di dalamnya terdapat laporan yang sudah dikirim CS ke sistem tentang adanya masalah kegagalan mengambil uang di ATM.

Di lembaran tersebut ada nomor tiket. Nomor tiket ini berguna sebagai identitas pelapor, dan bisa digunakan untuk memproses lagi (menanyakan ke CS) apabila sampai batas waktu yang ditentukan belum terselesaikan masalahnya. Batas waktu yang ditentukan adalah sebulan, sejak hari pelaporan.

Apabila masalah sudah diproses dan selesai, kita akan dihubungi pihak BRI melalui SMS, menyampaikan masalah telah terselesaikan atau laporan ditolak. Di sms tersebut terdapat nomor tiket pelaporan.

6. Sabar Menunggu 30 Hari

Karena waktu yang ditentukan adalah sebulan, Maka bersabarlah sampai masalah diproses oleh BRI. Kenapa harus sebulan? Menurut saya, kemungkinan pihak BRI menunggu sampai pada tutup buku bulanan, sehingga saldo tersebut diketahui secara pasti. 


* * *

Demikianlah step-step Cara Melaporkan Saldo ATM Terpotong Tetapi Uang Tidak Keluar Bank BRI. Semoga dapat memberikan solusi bagi Anda yang juga mengalami hal yang demikian, dan sebagai pengetahuan bagi Anda yang tidak mengalaminya. Semoga Bermanfaat.


Previous
« Prev Post