Cara Merubah Kebiasaan Negatif Menjadi Positif Versi masnasih.com

"Kebaikan ada karena adanya ketidakbaikan. Ketidakbaikan ada karena adanya kebaikan. Kebaikan adalah hal yang bersifat aman dan tidak membuat kerusakan. Ketidakbaikan adalah hal yang bersifat berbahaya dan menimbulkan ketidaknyamanan serta berbahaya. Seseorang yang berbuat baik akan dianggap baik, sampai ia ketahuan melakukan ketidakbaikan. Seseorang akan dianggap tidak baik, sampai ia ketahuan melakukan kebaikan. Baik dan tidak adalah hal yang nyata dan bisa dilihat. Namun kebaikan tak akan terlihat bagi orang yang hatinya telah buta."


Cara Merubah Kebiasaan Negatif Menjadi Positif Versi masnasih.com

Cara Merubah Kebiasaan Negatif Menjadi Positif Versi masnasih.com

masnasih.com - Kebiasaan adalah hal yang dilakukan secara terus menerus dan bisa menjadi sebuah budaya. Kebiasaan sangat susah untuk dihilangkan walaupun yang dilakukan adalah hal yang tak baik. Pikiran akan menganggap benar apapun yang kita lakukan, dan ketika kita terus melakukan maka akan benar-benar dianggap benar oleh pikiran sekalipun menyimpang.

Lantas bagaimana cara menghilangkan kebiasaan yang tak baik? Kita tak mungkin menghentikan secara paksa kebiasaan yang telah menjadi budaya. Kita juga tak mungkin bisa melupakan begitu saja kebiasaan yang biasa kita lakukan setiap harinya. Mari kita bahas satu persatu cara merubah kebiasaan negatif menjadi positif.

Mengalihkan Perhatian

Mengalihkan perhatian artinya kita tetap melakukan aktivitas seperti biasanya, namun secara perlahan kita alihkan kebiasaan tersebut dari yang negatif menjadi positif. Jadi kita tidak menghilangkan kebiasaan tersebut, hanya saja mengalihkan ke hal lain yang lebih bermanfaat.
Sebagai contoh. Saya biasa menonton video di youtube katakanlah suka nonton sinetron. Jadi hari ini masih nonton sinetron, terus besok tetep nonton sinetron akan tetapi juga mencoba mencari dan menonton film inspirasi. Terus besoknya lagi kurangi porsi nonton sinetron dan beralih ke film inspirasi.

Dari film inspirasi biasanya kita menemukan hal baru, sedangkan kita sendiri belum tahu menahu tentang hal baru yang baru kita dapatkan, akhirnya kita akan mencari konten tentang hal baru tersebut, katakanlah bisnis. Secara tidak langsung berarti kita telah beralih ke konten pendidikan, kita mencari konten tentang penjelasan bisnis dan sebagainya.

Setelah mengetahui bisnis itu apa, kemudian tentunya kita juga terinspirasi oleh hasil dari bisnis yaitu berupa kekayaan. Karena ingin mendapatkan kekayaan, maka kita akan mencari tahu cara memulai bisnis. Dari sinilah kita sudah mulai disibukkan dengan sesuatu yang baru yaitu bisnis.

Jadi hal ini terus berkelanjutan dan tidak ada habisnya. Dari mulai ingin tahu, sampai mau mempraktekkan, dan mau terus belajar dengan sesuatu yang baru tersebut. Beginilah proses dari pengalihan perhatian.

Niat dan Tekad Bulat

Niat adalah salah satu cara untuk mencapai sesuatu, dan tekad yang bulat adalah sebuah bentuk komitmen yang berfungsi untuk menghalau segala hal yang menghalangi niat, ketika dalam proses berjalan menuju tujuan yang diharapkan. Niat dan tekad yang bulat bagaikan fondasi kuat yang tahan banting. Kita akan lebih mudah mencapai tujuan dengan niat dan tekad yang bulat.

Sebagai contoh. Sebelumnya kita suka nonton sinetron. Dengan niat berubah maka tentunya kita akan mencari hal baru yang lebih bermanfaat katakanlah kita memilih untuk menonton konten inspirasi. Jadi niat adalah langkah awal merubah.

Sedangkan tekad yang bulat akan selalu mengawasi setiap proses yang kita lalui. Ketika tindakan kita tidak sesuai dengan tujuan, maka dengan tekad bulat kita akan selalu ingat bahwa itu salah jalan, kemudian kitapun kembali ke jalan yang seharusnya kita lewati. Pikiran-pikiran yang tidak sesuai akan dihalau oleh tekad yang bulat.

Terus Mencoba Menjadi Baik

Perilaku negatif adalah tindakan seseorang yang tidak baik. Maka berusahalah untuk menjadi orang yang baik dan semakin baik. Menjadi orang baik adalah menjadi orang yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan juga bermanfaat untuk orang lain.

Ketika kita mau terus mencoba menjadi orang baik, maka secara tak langsung kita juga merubah mindset kita dari yang negatif menjadi positif. Ketika mindset kita sudah positif maka perilaku kita juga akan menjadi positif.

Sebagai contoh. Sebelumnya kita pernah melakukan hal yang tidak baik, kemudian kita mencoba untuk menjadi orang baik dengan cara menyibukkan diri dengan hal-hal yang positif. Maka kita tak punya waktu lagi untuk melakukan perilaku negatif. Cara ini sangat efektif untuk dipraktekkan.

Berteman dengan Orang yang Baik

Teman yang baik akan membuat diri kita menjadi baik. Teman yang baik akan menghantarkan energi positif ke dalam diri kita sehingga kita pun merasakan energi positif tersebut. Setiap perilaku yang dilakukan oleh teman baik adalah sebuah kebaikan. Maka perasaan kita tak bisa mengelak bahwa yang dilakukan teman baik adalah sesuatu yang baik dan patut dicontoh.

Sebagai contoh. Sebelumnya kita suka jalan-jalan dengan tanpa tujuan, kemudian kita berteman dengan orang baik yaitu jalan-jalan dengan tujuan dan alasan yang kuat yaitu jalan-jalan sambil berkarya misalnya. Bisa itu dengan membawa dagangan, atau membawa kamera untuk membuat konten yang bermanfaat. Ketika kita melihat teman baik melakukan hal tersebut, maka kita akan tertarik juga untuk melakukannya karena hal tersebut sudah tentu baik di mata kita.


* * *

"Tuhan tak merubah nasib manusia, sampai manusia sendiri yang merubah nasib mereka sendiri. Kita dianugerahi akal untuk berpikir. Kita dianugerahi 5 indera untuk menjadi orang yang sempurna, kita dianugerahi kehidupan untuk beribadah. Manusia adalah khalifah. Manusia adalah utusan Tuhan yang ditugaskan untuk menjaga keseimbangan alam. Maka alasan apalagi yang akan kita jadikan untuk tetap melakukan ketidakbaikan?"

Link Source :

  1. https://www.masnasih.com/2019/03/cara-membuat-skck-terbaru.html 
  2. https://www.masnasih.com/2019/05/saldo-atm-terpotong-uang-tidak-keluar.html 
  3. https://www.masnasih.com/2019/05/cara-menukar-kartu-atm-biasa-ke-gpn.html 
  4. https://www.masnasih.com/2018/09/cara-menghadapi-dosen-pembimbing-yang.html 
  5. https://www.masnasih.com/2019/06/cara-mendapatkan-ebook-gratis-terbaru.html 
  6. https://www.masnasih.com/2019/06/cara-mendapatkan-uang-dari-internet.html


Previous
« Prev Post