Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum PPL?

 Persiapan PPLmasnasih.com - PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) adalah salah satu persyaratan lulus S1. Jika di SMK sering disebut dengan magang, yaitu praktik langsung di lapangan/praktik kerja. Bagi Kamu yang mau PPL sebaiknya persiapkan diri terlebih dahulu sebelum memulainya, sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan mendapatkan nilai yang maksimal.

Di artikel ini saya mencoba mengulas apa saja yang perlu kamu persiapkan sebelum PPL. Namun sebelumnya saya perlu menyampaikan bagaimana rasanya PPL hari pertama.

PPL hari pertama adalah penyerahan, dimana dosen pembimbing PPL menyerahkan mahasiswa yang dibimbing kepada Pimpinan Instansi tempat PPL. Kemudian Dosen pembimbing undur diri dan mahasiswa bersama pimpinan Instansi breafing untuk persiapan hari esoknya.

Jika Instansi tersebut mempunyai beberapa cabang, kemungkinan setiap mahasiswa akan mendapat tugas di tempat yang berbeda. Setelah Breafing berarti PPL hari pertama sudah selesai.

Oke sekarang kembali lagi kita bahas persiapannya.

Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum PPL?

Mental

Untuk membangun mental, setidaknya kamu harus tau semua hal yang akan kamu jalani. Sebisa mungkin untuk tidak melewati rangkaian kegiatan PPL, dimulai dari pembekalan.

Di saat pembekalan biasanya dijelaskan teknis pelaksanaannya, dan juga motivasi-motivasi pembangkit jiwa. Dua hal tersebut yang nantinya akan membentuk sebuah mental untuk terjun ke lapangan. Selain itu - diacara ini pula - semua administrasi disampaikan. Jadi jangan lewatkan acara pembekalan ini kalau bener-bener mau membangun mental.

Peralatan dan perlengkapan

Pastikan sudah mempersiapkan semua hal yang berkaitan dengan administrasi. Perlengkapan administrasi yang umum digunakan : surat, absensi, buku panduan, dan form penilaian. Bawa juga buku, polpen dan saudara2nya untuk keperluan mencatat kutipan penting.

Pakaian dan atributnya

Siapkan pakaian yang sesuai dengan panduan dalam buku panduan yang didapatkan dari kampus. Pakaian yang umum digunakan untuk PPL adalah kemeja putih, jas almamater jelana hitam, sepatu dan kaos kaki hitam, dan juga ikat pinggang hitam.

Demikianlah Apa yang Perlu Dipersiapkan Sebelum PPL? Semoga bermanfaat.

Baca Artikel Tips dan Trik Lainnya.
Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post