Cara Membedakan Antara Website Scam dan Website Professional

Gambar Website Scam

masnasih.com - Maraknya pengguna sosial media menjadi sasaran empuk bagi segelintir orang yang berniat jahat untuk mendapatkan uang secara cepat. Salah satunya adalah membuat website scam untuk mendapatkan data rahasia calon korbannya. Mereka menyebarkan alamat/link website scamnya ke sosial media dengan kata-kata serta iming-iming hadiah yang menggiurkan.

Cara Membedakan Antara Website Scam dan Website Professional

Cara Kerja Website Scam

Website scam biasanya memanfaatkan momen-momen tertentu atau memanfaatkan sesuatu yang sedang trending. Misalnya saat ramai-ramainya orang memainkan game Clash of Clan, maka biasanya akan muncul website scam yang mengiming-iming memberikan Fitur Premium gratis dengan syarat memasukkan email/username dan kata sandi/pin korbannya. Dan setelah memasukkan data ke website tersebut, tidak lama setelahnya, akun sudah terhack oleh pemilik website scam tersebut.

Akun Bodong Spam Link dan Virus

Contoh lainnya adalah yang pernah menyebar ke Whatsapp yaitu website scam bagi-bagi kuota gratis, dan yang palin berbahaya adalah website scam pembawa virus seperti yang biasa terjadi di facebook. Biasanya ketika korban sudah meng-klik linknya dan mengikuti intruksi di dalamnya, maka secara otomatis akun facebook korban akan menyebarkan virus, bisa berupa link ataupun konten laiinnya.

Akun Bodong Mengatasnamakan Perusahaan

Dan yang tidak kalah mengerikannya adalah website scam yang mengatasnamakan salah satu perusahaan telekomunikasi. Biasanya ini adalah modus penipuan yang disebar melalui sms berupa iming-iming mendapatkan hadiah, dan di dalam sms tersebut terdapat link atau alamat website scam yang di dalamnya terdapat informasi yang menerangkan cara mendapatkan hadiah tersebut, padalah ini adalah penipuan.
Hati-hati sekarang sedang musim ML (Mobile Legend), bisa jadi ada website scam yang bermunculan.
 Lantas bagaimana cara mencegah agar tidak terjebak menjadi korban website scam?

Ciri-Ciri Website Scam

Di artikel ini saya akan mencoba mengklarifikasi mana yang website scam dan mana yang website asli. Berikut ini adalah ciri-ciri website scam.

Domain yang Masih Baru

Domain website professional tentunya sudah berumur tahunan bahkan puluhan tahun. Jika Anda menemukan domain website yang masih baru ber hati-hatilah. Cara checknya di whois. Masukkan Domain atau alamat website di situ. Nanti akan muncul informasi pemilik website tersebut dan biasanya tertera juga tanggal registrasi domain. Jika tanggalnya baru beberapa hari, atau beberapa minggu atau beberapa bulan, Bisa jadi itu adalah website scam.

Domain Murahan

Domain website professional tentunya tidak memakai domain murahan, apalagi website perusahaan. Domain murahan disini adalah domain gratis atau domain yang harganya murah. Berikut ini adalah daftar ekstensi domain yang patut dicurigai :
  • .ga
  • .cf
  • .tk
Jika Anda menemukan website yang mengiming-imingi hadiah, tetapi ekstensi domainnya seperti yang tersebut di atas, maka sebaiknya tinggalkan saja atau tanyakan ke yang ahlinya.

Website Minim Konten

Website professional biasanya mengandung banyak konten, baik berupa tanya jawab (FAQ), Tutorial, maupun info terbaru (News). Website Scam biasanya minim konten atau bahkan tidak ada sama sekali. Website scam yang sering saya jumpai adalah cuma berupa landing page saja atau landing page dan beberapa hamalan lainnya, tanpa FAQ, tanpa artikel, apalagi berita terbaru. Jika Anda menjumpai yang seperti ini lebih baik abaikan saja.

Contact Berupa Nomor Handphone Baru tanpa No Telepon

Sebuah website professional tentunya memiliki nomor telepon dan juga nomor handphone yang cantik. Jika Anda tidak menemukan nomor telepon dan atau menemukan nomor handphone baru sebaiknya jangan diikuti karena ini adalah indikator website scam.

Mungkin beberapa ciri-ciri tersebut di atas bisa dijadikan pedoman Anda untuk mengetahui website scam atau website professional. Nah dengan mengetahui ciri-ciri website scam di atas paling tidak Anda akan lebih waspada lagi jika tiba-tiba ada sms pemberitahuan mandapatkan hadiah dari sebuah perusahaan ataupun lainnya.

Demikianlah Cara Membedakan Antara Website Scam dan Website Asli. Semoga Bermanfaat :)
Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post