masnasih.com - Anda Sedang Mencari Tutorial Cara Membuat Rak Piring dari Kayu Minimalis? Di postingan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara membuat rak dinding untuk tempat gelas dan piring. Selamat Membaca.
Rak Dinding Tempat Gelas dan Piring Minimalis
Selain tutorial cara membuat rak piring dari kayu minimalis ini, saya juga menyediakan beberapa tutorial yang berkaitan. Baiklah sekarang kita kembali ke pembahasan. Untuk membuat rak dinding tempat piring dan gelas Anda membutuhkan bahan-bahan dan peralatannya.

Cara Membuat Rak Piring dari Kayu Minimalis

Bahan-Bahan untuk Membuat Rak Piring dari Kayu

  1. Triplek Kayu 
  2. Paku Tembak
  3. Cat 
  4. Sekrup 
  5. Kawat 

Alat-Alat untuk Membuat Rak Piring dari Kayu

  1. Gergaji 
  2. Tang 
  3. Alat Ukur/Meteran 
  4. Amplas 
  5. Kuas 
  6. Alat Paku Tembak 
  7. Obeng 

Pola Rak Piring dari Kayu

Untuk mempermudah pemasangan, maka Anda perlu membuat pola terlebih dahulu. Lihat empat pola pada gambar di bawah ini.
Keterangan 
  • Pola 1, dibuat satu buah. Ukurannya 50x60.
  • Pola 2, dibuat dua buah. Yang satu untuk sisi kiri dan yang satunya untuk sisi kanan. Ukurannya 20 cm x 60 cm. Perlu Anda perhatikan, bagian kiri atas dipotong sedikit. 
  • Pola 3, dibuat tiga buah. Untuk tempat gelas, untuk tempat meletakkan piring, dan untuk bagian depannya. 
  • Pola 4 dibuat empat buah. Dua buah sebagai penyangga tempat gelas. Dan yang lainnya untuk penyangga tempat piringnya. 

Cara Membuat Rak Dinding


Pola 1 - 4 di-amplas semua sisinya kemudian dicat dan dijemur. Sediakan palu, obeng, paku tembak, sekerup, kawat, dan tang. Apabila pola 2 sudah kering, rekatkan dan pakukan 2 buah penyangganya memakai Paku Tembak (pola no. 4). Yang satu letakkan tepat pada dasar dan yang lainnya 20 cm dari atas pola 2. Lakukan juga pada pola 2 yang satunya lagi.

Rekatkan dan pakulah memakai Paku Tembak sebanyak 2 buah pola 3 (tempat piring dan gelas) pada pola 1 dengan membentuk sudut 90°. Letakkan sekitar 2 cm dari bawah dan 18 cm dari atas pola 1.

Lalu rekatkan dan pakulah kedua pola 2 di samping kanan dan kiri. (Ingat! Letak penyangganya Wajib ke dalam). Kemudian rekatkan dan paku pola 3 di tepi bawah pola 2, jadi berhadap-hadapan dengan pola 1.

Dan yang terakhir pakulah kawat yang menghubungkan kedua sisi atas pola 2 ( ± 6 cm dari penyangganya). Dan pasanglah sekrup-sekrup rak pada dinding yang diinginkan.

Demikianlah Cara Membuat Rak Piring dari Kayu Minimalis. Semoga Bermanfaat.

Baca Artikel Tips dan Trik Lainnya.