Gambar Merpati Balap
masnasih.com - Cara Memilih Merpati Balap - 15 Hal yang Harus Anda Ketahui. Halo sobat, pada postingan kali ini saya akan membahas sesuatu yang sedikit berbeda dari postingan-postingan saya sebelumnya. Kali ini saya membuatkan artikel khusus untuk pecinta burung merpati balap.

Baiklah simak artikel di bawah ini dengan seksama :)

Cara Memilih Merpati Balap - 15 Hal yang Harus Anda Ketahui

Ketika anda memilih burung merpati balap ataupun burung lainnya, ciri-ciri adalah salah satu yang pasti menjadi patokannya. Seperti halnya yang akan saya bahas dalam artikel ini yaitu ciri-ciri burung merpati balap yang berkualitas.

Ciri-ciri burung merpati balap yang berkualitas bisa dilihat dari bentuk fisiknya yang ideal. Bentuk tubuh merpati balap yang berkualitas pastinya akan menunjang keberhasilan merpati balap agar menjadi juara. Namun, untuk menghasilkan burung merpati balap yang berkualitas baik serta calon juara, maka diperlukan serangkaian latihan yang pas dan kesabaran anda atau dari pelatihnya.

Satu hal yang tidak kalah pentingnya dalam memilih merpati balap berkualitas adalah turunan indukannya. Dengan mengetahui silsilahnya, anda bisa memperkirakan kualitas dari seekor burung merpati balap. Hal tersebut termasuk karena faktor genetik juga dapat berpengaruh terhadap kualitas burung merpati balap.

Dilihat fisiknya, burung merpati balap yang berkualitas umumnya memiliki ciri-ciri seperti yang akan dijelaskan dalam artikel ini. Sebenarnya setiap orang memiliki kategori tersendiri berdasarkan pengalamannya dalam kebiasaannya memilih burung merpati yang dianggapnya berpeluang menjadi calon juara balap merpati.

Berikut ini adalah ciri-ciri fisik yang dapat anda jadikan sebagai pertimbangan untuk memilih burung merpati balap yang tepat dan berkualitas.

Postur Tubuh Merpati

Postur tubuh dilihat secara keseluruhan harus ideal, lebih tepatnya tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus. Tidak terlalu montok dan tidak terlalu kecil. Hal ini juga akan menjadi faktor yang mendukung performa burung merpati balap ketika terbang.

Burung merpati balap yang berkualitas baik bisa terbang dengan sangat cepat, inilah yang anda harapkan. Postur tubuh merpati balap yang berkualitas baik streamline sehingga memungkinkan burung merpati terbang dengan lincah juga terbebas dari hambatan.

Leher

Bentuk dan ukurang leher juga sangat mempengaruhi kelincahan burung merpati ketika terbang. Pilih leher merpati yang sedang dan ketika dipegang berasa kencang  dan kuat, shootingnya kencang, hindari memilih leher merpati yang panjang karena biasanya saat terbang akan kurang fokus karena menengok ke kanan dan ke kiri saat terbang.

Leher burung merpati adalah stang kemudinya yang dapat mengarahkan kemanapun burung merpati akan terbang. Jika leher yang terlalu pendek tidak menunjukkan kelincahan yang baik, yang dibutuhkan oleh burung merpati balap. 

Badan & Dada Tegap

Ciri-ciri ini adalah ciri-ciri yang paling umum. Burung merpati balap yang berkualitas mempunyai badan gagah dan tegap. Burung merpati jantan yang gagah selain bisa menarik pasangannya juga akan sangat menarik bagi para pecintanya. Postur badan yang tegap ini sangatlah mendukung kecepatan dan kelincahanya pada saat terbang.

Dengan anda memilih postur badan yang tegap dan berniat menghasilkan burung merpati balap berkualitas, maka dengan begitu anda bisa melanjutkan di program pelatihan burung merpati balap di tahap selanjutnya.

Ukuran badan sedang, bulat berisi kalau dipegang enak dan juga  terasa lentur seperti bola karet, dengan daging otot memenuhi badan dari dada sampai belakang, daging empuk tapi kenyal dan gemuk hingga daging menonjol dan dengan berat sedang tidak terlalu ringan.

Sayap Merpati

Sayap burung merpati balap yang bagus adalah cukup panjang. Di saat melipat sayap, posisi panjang sayap terlihat sama dengan ujung ekor. Ujung sayap berada di posisi sepanjang ujung ekor. Atau kalau tidak, panjang sayap tidak terlalu jauh dari ujung ekor.

Bulu sayap harus tebal, akan terasa halus ketika dipegang, panjang dan juga lentur serta ujung sayap agak meruncing, tulang bulu keras , bulu kering namun terlihat seperti ada lapisan lilin dan tidak rusak.

Daging/otot lengan sayap sedikit lentur / kenyal dan tebal. Sayap seperti ini dapat mendukung kecepatan burung merpati balap ketika terbang di saat perlombaan.

Satu hal lagi yang berkaitan dengan sayap burung merpati balap yang berkualitas adalah, sirip sayap pada lembaran-lembaran sayap tepi bentuknya lurus, dan tidak melengkung. 

Pada umumnya sirip bagian luar berbentuk melengkung, namun burung merpati balap yang berkualitas baik dan calon juara harus berbentuk lurus dan penuh.

Selain itu, umumnya sayap burung merpati, di helai paling luar mempunyai panjang yang lebih pendek dari pada helai lebih dalamnya. Di burung merpati balap yang berkualitas baik, helai paling luar dari bulu sayapnya mempunyai panjang yang paling panjang dari pada helai lainnya, sehingga bentuknya lurus dari dalam keluar karena helai paling luar yang paling panjang.

Paruh

Pilih paruh dengan ukuran yang kecil atau yang sedang serta tidak terlalu panjang. Atau lebih tepatnya seperti paruh puter tapi lebih pendek.

Hidung

Ada tiga poin penting yang harus anda perhatikan saat memilih merpati balap, yaitu :

  • Hidung merpati yang baik adalah panjang, besar, menggembung namun bukan turunan prambon Merpati Pos.  Hidung merpati bentuknya seperti ini :  kalau warna kapur pekat, maka pangkal hidung bagian bawah menjorok ke belakang, secara umum dapat dikatakan merpati unggul, walaupun masih ada ciri lain yang lebih banyak dari ini.
  • Bentuk hidung bagus dan besar, panjang, melekat ke paruh untuk Merpati Prambon. Hidung akan terlihat seperti ini : untuk warna kapur pekat akan kelihatan garis-garis samar sejajar warna merah di seluruh hidung dan juga pangkal hidung bawah menjorok ke belakang.
  • Bentuk hidung kecil, menggembung strain jawa, jawa deles atau jawa sungut. Hidungnya seperti ini : warna kapur pekat, pangkal hidung bawah menjorok ke belakang. Ini adalah salah satu ciri merpati berkualitas unggul.

Kepala

Pilih merpati yang kepalanya besar. Batok kepala depan lebih tinggi daripada yang belakang. Para pecinta merpati menganggap bahqa merpati yang kepalanya besar lebih pintar daripada merpati berkepala kecil. Dengan alasan jika otak lebih besar maka lebih baik dan lebih pintar dari pada otak kecil.

Mata

Pilihlah merpati yang memiliki mata tajam dan kecil juga pilihlah mata pupil bulat kecil hitam dan legam serta tidak pecah, warna mata di luar pupil harus terang dan bersih, warna kuning atau kuning campur merah atau (minimal 3 warna). Hal tersebut diyakini memiliki indra tajam dan mental petarung handal, sangat tidak disarankan untuk memilih warna hitam.

Dan juga tak kalah penting pupil mata hitam harus bisa ZOOM mengecil dan membesar / kedap-kedip untuk melihat dekat dan jauh, pupil mata yang kecil penglihatannya lebih tajam jika dibandingkan dengan pupil mata yang besar.

Contoh simpelnya lihat piyikan matanya belum terang dan juga pupil matanya masih besar, piyikan tersebut matanya belum terlalu tajam.

Tulang Supit

Kerangka tulang burung merpati yang kokoh bisa diraba dari tulang supitnya. Banyak merpati balap juara dengan stut keras serta tidak kapokan ditunjang oleh tulang supit yang keras, yang menunjukkan bahwa merpati tersebut mempunyai tulang yang kuat dan kokoh

Kaki

Pilihlah merpati yang kakinya terlihat kering (mbesik) dan panjang. Ada juga yang mengatakan bahw tanda kaki merpati yang bagus adalah ketika sedang dipegang kakinya akan mendorong ke belakang dan sejajar dengan ekornya.

Pinggang / Brutu

Besar kecil serta jarak pinggang merpati juga dapat berpengaruh terhadap kestabilan terbangnya. Pinggang dengan jarak renggang dari badan akan membuat burung tidak mempunyai keseimbangan yang baik. Di saat turun akan lambat atau turun berbelok separuh jalan atau tidak ada rem. Maka dari itu pilihlah jarak pinggang dengan badan rapat, baik pinggang besar maupun kecil. Burung merpati seperti ini biasanya turun dengan cepat.

Ekor

Pilih bulu ekor yang rapat dan tebal serta kokoh tetapi lentur, ukuran panjangnya sedang (proporsional) dan ketika dipegang ekornya turun ke bawah. 

Perut

Jika diraba terasa berisi dan lentur, hindari memilih perut yang tidak berisi atau tepos.

Mental

Hal tidak kalah pentingnya saat anda memilih merpati balap yang berkualitas adalah memilih merpati dengan mental tarungnya yang baik. Semua hal tentang anatomi yang tersebut di atas belum bisa bekerja secara maksimal tanpa didukung mental merpati yang baik. Semua merpati yang mental tarungnya baik biasanya sudah dimiliki oleh para peternak untuk dibudidayakan dan dilestarikan keturunannya.

Pantau Langsung di tempat

Memilih dengan cara memantaunya langsung di lapangan adalah cara yang paling tepat dan akurat. Pada saat terbang balapan, burung merpati balap dapat mengukur ketinggian terbang dengan ketinggian yang normal. Tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu rendah. Sangat sesuai dengan jarak dari betinanya.

Biasanya untuk menjadikan merpati balap berkecepatan yang maksimal, maka burung merpati harus dilatih agar dapat mengukur kapan waktunya terbang naik juga kapan waktunya terbang merendah. Hal itu sangat berkaitan dengan latihan yang biasanya dilakukan anda sebagai sang pelatih burung merpati balap.

Demikianlah Cara Memilih Merpati Balap - 15 Hal yang Harus Anda Ketahui, jika anda rasa ada yang kurang silahkan bisa anda tambahkan di kolom komentar.

Artikel ini semoga dapat menjadi solusi yang tepat bagi anda yang berniat untuk membeli merpati balap.

Semoga bermanfaat :)

Baca Artikel Tips dan Trik Lainnya.