Tips Menentukan Target Masa Depan yang Cerah

Gambar anak di jalan

masnasih.com - Setiap orang pasti menginginkan kesuksesan, baik itu dalam percintaan, pendidikan, keuangan, maupun lainnya. Untuk mencapai kesuksesan dibutuhan cara-cara yang jitu agar kesuksesan yang diimpi-impikan segera terwujud. Salah satu cara untuk meraih kesuksesan adalah dengan menentukan target pencapaian masa depan Anda.

Tips Menentukan Target Masa Depan yang Cerah

Berikut ini adalah tips merencanakan target pencapaian masa depan.

Menentukan Visi Hidup

Visi adalah tujuan akhir yang ingin Anda capai.
Gambar kata-kata
Misalnya adalah Anda ingin menjadi pengusaha sukses, maka Visi Anda adalah Menjadi Pengusaha Sukses atau lebih spesifik lagi misalnya Menjadi Pengusaha Batik.

Dengan menentukan visi, maka Anda akan fokus dengan impian Anda dan tidak mudah goyah sebelum mencapainya.

Menetapkan Misi

Agar jalan untuk mencapai kesuksesan lebih tertata, maka Anda harus menetapkan misi yang ingin dicapai. Misi adalah cara untuk mencapai visi. Jika anda ingin menjadi pengusaha batik yang sukses, maka harus menentukan langkah-langkah untuk mencapainya.
Gambar kartun dikelilingi tanda tanya
Misalnya Anda harus bekerja dulu sebagai karyawan/buruh di pabrik batik, belajar di jurusan perbatikan, membuat rumah produksi batik dsb. beberapa hal tersebut bisa disederhanakan menjadi seperti di bawah ini.

Misi
  1. Menjadi Karyawan Terbaik di Pabrik Batik
  2. Menjadi Lulusan Terbaik Jurusan Perbatikan
  3. Membangun Rumah Produksi batik
  4. dsb.
Jadi misi adalah cara untuk mencapai sebuah visi juga berfungsi sebagai pembatas jalan. Semua tindakan yang Anda lakukan harus sesuai dengan misi, jika tidak maka berarti sudah keluar dari tujuan akhir Anda.

Mempunyai Goal

Gambar papan bertulisan 5w 1h
Menentukan Goals sedini mungkin, agar kesuksesan yang Anda impi-impikan tercapai tepat pada waktunya. Goals adalah cita-cita kecil atau target target jangka pendek yang harus Anda capai demi kelancaran proses menuju impian besar Anda.

Misalnya, Anda harus menguasai ilmu perbatikan dalam satu tahun ke depan, mendapatkan modal sekian-sekian setahun setelahnya, mendapatkan karyawan beberapa bulan setelahnya, dst. Tentukan semuanya itu secara detail dari mulai tanggal, nominal, spesifikasi, dsb.

Dengan menentukan Goals atau impian jangka pendek, maka Anda akan mempermudah mencapai impian besar Anda. Selain itu, Anda akan lebih termotivasi untuk bekerja keras karena Anda harus mencapai goals satu demi satu.

Jadi, untuk jika Anda ingin sukses, maka setidaknya anda harus melakukan 3 hal yaitu menentukan Visi, Misi, dan Goals.

Demikian Tips Menentukan Target Masa Depan yang Cerah. Semoga bermanfaat.

Baca Artikel Tips dan Trik Lainnya.
Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post