Masjid Pada Masa yang Pertama Zaman Rasulillah SAW - Di Dunia

Gambar masjid
masnasih.com - Tahukah Anda masjid apakah yang pertama kali ada di dunia? Artikel ini akan menyampaikan informasi tentang itu.

Masjid pada Masa yang Pertama

Masjid adalah tempat untuk bersujud, maksudnya tempat untuk sholat. Setiap masjid adalah tempat yang bersih yang dikhususkan untuk sholat dan tidak harus berupa bangunan yang besar dan mewah. Pada masa Rasulullah - ketika pertama kali mendirikan masjid – masjid itu berupa sebidang tanah yang dibatasi dengan parit yang mengelilinginya agar terjaga kesuciannya dan juga terhindar binatang-binatang liar.

Di negara-negara Islam banyak masjid yang tidak ada tembok dan atapnya. Masjid tersebut hanya sebuah pelataran yang kecil yang diberi tikar untuk sholat. Seperti itulah gambaran masjid pada masa Rasulullah pendirian masjid di madinah al-munawaroh.

Dahulu Rasulullah SAW berkumpul di masjid tersebut bersama para sahabat Beliau untuk menyampaikan risalah islam dan membimbing para sahabat serta bermusyawarah dalam masalah agama di dunia.

Peran masjid saat itu adalah menjadi pusat dakwah islam yang khusus sebagai sumber peradaban islam pada umumnya.

Sesuai dengan system masjid nabawi, masjid-masjid telah berdiri di ibu kota Negara yang telah ditaklukkan oleh kaum muslimin, diantaranya:
  1. Masjid Bashroh yang dibangun oleh Uthbah bin Qhozwah tahun 14 H yang dibatasi oleh parit dan tidak mempunyai dinding.
  2. Dan masjid kufah yang telah dibangun oleh Said bin Abi Waqosh tahun 17 H dengan dibatasi oleh pagar.
  3. Dan Masjid Amr bin Ash di Fusthot di Negara Mesir dan dibangun oleh sang penakluk di tahun 21 H.
  4. Dan Masjid Uqbah bin Nafi di Qoiruwah di Bitunis yang telah dibangun oleh sang penakluk agung ini pada tahun 50-55 H.
  5. Dan Masjid Al-Aqsho di Qudsi di Negara Palestina yang dibangun di Ashri Umar bin Khattab Kholifah ke-2.
Dulu kaum muslimin berkumpul di Masjid-masjid ini untuk beribadah dan menerima ajaran Rosulullah SAW. Dengan begitu mereka merasa dalam satu agama dan dalam satu barisan.

Demikianlah keadaan masjid pada masa pertama, yaitu menjadi pusat berdakwah Islam pada khususnya dan sebagai sumber peradaban pada umumnya.

Setelah beberapa masa lamanya, Masjid-masjid di bangun kembali, sehingga masjid itu mempunyai tiang-tiang dinding dan atap serta mempunyai mimbar dan qubah serta menara dan hiasan dinding ukir-ukiran kaligrafi dengan motif yang berbeda tidak ketinggalan pula hiasan lampu-lampu terang yang indah menawan.

Sekian Artikel Masjid Pada Masa yang Pertama. Semoga Bermanfaat.

Baca Artikel Religi Lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar