Budaya Jajan Gratis di Pekalongan Dalam Rangka Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia

masnasih.com - Pasar jajan gratis adalah budaya masyarakat Indonesia khususnya daerah Pekalongan yang telah ada sejak dulu kala. Pasar ini ada dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia 1945 silam, diadakan malam hari di hampir di setiap gang desa/perkampungan di daerah sini.

Untuk Paesan Tengah Gang 2 atau tempat dimana saya tinggal, tahun-tahun sebelumnya belum pernah ada jajan gratis. Berkat keaktifan para pemuda di sini (saya tidak termasuk) tahun ini diadakan pasar jajan gratis, tepatnya malam ini tanggal 22 Agustus 2019.

Biasanya, di pasar jajan gratis ada berbagai macam jajan yang bisa dibeli, dari mulai makanan sampai minuman. Makanan dan minumannya berbeda-beda setiap rumahnya karena dalam pengadaannya pun bersifat suka rela sesuai dengan selera masing-masing rumah.

Setiap rumah diharapkan bisa menyediakan minimal satu jenis jajan. Dan di sini setidaknya ada 19 rumah yang ada di sepanjang jalan Gang 2. Jika setiap rumah menyediakan jajan berjumlah 30 maka variasi jajan ada 19 dan total jumlah jajan adalah 570 buah. Dengan jumlah ini sepertinya sudah cukup untuk memulai pasar jajan gratis kecil-kecilan. Karena masih perdana diprediksikan pengunjungnya tidak terlalu banyak dan jajan cukup untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Pasar jajan gratis bersifat hiburan dan gratis. Jajannya tak seperti jajan berbayar, takarannya pun tentunya lebih sedikit dari biasanya (terkecuali beberapa orang yang sengaja berbagi dan mempunyai rezeki lebih). Berbagai aneka permainan juga ada di perayaan ini, namun mungkin pasar jajan gratis yang pertama kalinya ada di disini untuk permainan belum ada atau mungkin ada satu dua.

Permainan yang biasanya ada di perayaan semacam ini adalah permainan sederhana layaknya di pasar malam, atau bahkan lebih sederhana lagi seperti lempar gelang ke botol dan permainan sederhana lainnya. Memang acara ini di adakan dengan secara sederhana, namun keseruannya lebih dari pasar malam pada umumnya.

Canda tawa rebutan mengambil jajan itu sudah biasa. Namun hal itu justru membuat suasana kekeluargaan ada. Guyup rukun, saling menyapa, berlomba-lomba mendapatkan hadiah permainan dan jajan gratis menjadikan pasar jajan gratis ini terlihat hidup.

Dan itulah keseruan tradisi dan budaya masyarakat di Indonesia yang patut di lestarikan. Jika Anda penasaran dengan keseruannya, saksikan nanti malam dengan datang ke TKP yang berlokasi di Paesan Tengah Gang 2 RT 1 RW 7 Kedungwuni Pekalongan.

Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post