Berbeda Tetapi Sama

masnasih.com - Beberapa cerita dari berbagai genre memiliki gaya penyampaian yang berbeda. Namun, tujuannya adalah sama. Sama-sama ingin menyampaikan sebuah pesan melalui cerita. Dari satu genre pun berbeda-beda cara menghiasnya. Setiap penulis mempunyai ciri khas tersendiri yang berbeda satu sama lainnya. 

Oh, iya. Saya masih berbicara tentang dunia kepenulisan. Karena, dunia ini masih begitu menggoda di benak saya. Saya sendiri sejauh ini masih berkutat di genre non fiksi. Itu tak lain karena tulisan yang saya buat bukan sebuah cerita namun artikel ringan baik berupa opini, berita maupun tutorial. Saat saya tertarik untuk membuat novel, saya harus membaca banyak novel dengan berbagai genre.

Sebelumnya saya berpikir ingin menggabungkan berbagai genre agar cerita menjadi menarik. Daan, ternyata berbagai genre itu membuat saya harus memilih genre mana yang paling pas untuk saya jadikan fokus
utamanya. Lalu, saya berpikir. Saya harus kembali ke titik awal dimana saya harus memulainya dengan gaya bahasa saya sendiri dengan kekayaan kata sendiri yang masih miskin.

Iya. Maksudnya belum begitu mengenal kata-kata yang seindah sastra puisi misalnya.

Berbeda tapi sama. Saya biasa menulis, tapi bukan berarti saya bisa menulis segalanya. Tulisan saya terbatas pada kapasitas pengetahuan yang telah saya dapatkan sebelumnya. Saya bisa menulis apapun pengetahuan yang sudah ada di pikiran. Dan jika harus menulis sesuatu yang baru, maka saya harus belajar lagi bahkan dari awal. Hanya saja yang membedakan, saya tidak terlalu susah untuk merangkai kata-kata karena kata-kata itu sudah ada dalam otak saya sebelumnya.

Satu hal yang saya suka, belajar hal baru membuat saya sadar bahwa ternyata ada sesuatu yang jauh bermanfaat, lebih sepesial, amazing, dan gilaak.... Menyadarkan saya pada kebodohan yang tak pernah lepas dari pikiran ini.

Oh, iya. Saya juga mau sampaikan. Besok adalah hari ulang tahun blog ini. Kalau mau ngasih kejutan bisa hubungi admin buat nanya alamat pengiriman hadiah.

Ups.  Bukan itu. Saya mau bilang, mungkin
Ke depan blog ini akan banyak tulisan yang berupa pengalaman pribadi atau lebih tepatnya curhatan. Jadi, mungkin akan sedikit lebay. Namun, saya rasa akan jauh lebih banyak manfaatnya daripada saya harus memaksakan diri menulis tuliskan yang kurang saya sukai. Lalu, hasilnya justru kurang mengena, kurang bisa dipahami.

Yah. Itulah sekilas info yang sedikit penting. Semoga tidak membingungkan.

Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post