Cara Menyimpan Daging Di Kulkas Agar Awet Tetap Sehat

Cara Menyimpan Daging Di Kulkas

Cara Menyimpan Daging Di Kulkas Agar Awet Tetap Sehat

masnasih.com - Di hari raya Idul Adha stok daging di rumah membludak karena banyak orang yang datang memberi daging dan jika ditotal sampai berkilo-kilo. Tentu hal ini membuat Anda kebungungan bukan kepalang karena tak mungkin semua daging itu di masak semua hari ini juga. Alternatifnya, Anda bisa menyimpan daging tersebut di kulkas. Nah disini akan dibahas bagaimana cara menyimpan daging agar awet dan tetap sehat.

Cara Menyimpan Daging Di Kulkas Agar Awet Tetap Sehat

Berikut ini adalah daftar isi dari pembahasan.

Baca Juga : Inilah Resep Sate Maranggi Enak dan Empuk Bikin Ketagihan

1. Membekukan Daging

Membekukan makanan dapat menonaktifkan mikroba seperti ragi, bakteri, dan jamur. Selain itu, membekukan makanan dapat menghambat aktivitas enzim. Cara melakukannya adalah bekukan makanan hingga 0 ° F (-18 ° C).

Alat untuk membekukan makanan bisa menggunakan freezer/lemari es. Freezer cukup bagus untuk membekukan makanan.

2. Bungkus Daging dengan tepat

Saran dari USDA adalah menyimpan makanan dengan kemasan aslinya, lalu diberijl juga tambahan lapisan lain yaitu bungkus plastik atau alumunium foil sesaat sebelum daging/makanan dimasukkan ke lemari es.

Lapisan ekstra tersebut dapat berfungsi untuk membantu menjaga makanan agar tetap lembap dan tetap segar. Usahakan untuk membekukan daging dalam kondisi masih segar agar rasa dan nutrisinya tetap terjaga.

Baca Juga : Daftar Lengkap Harga Hewan Qurban Kambing Sapi Terbaru 2019

3. Memisahkan daging sesuai dengan jenisnya

Sebisa mungkin untuk tidak menyimpan daging dan ikan di satu wadah karena di kondisi tertentu, bisa jadi kedua daging tersebut tidak lagi enak. Aroma kuat daging kambing dan aroma amis ikan laut akan bercampur menjadi satu.

4. Mencairkan 'defrost' daging secara tepat

Daging kambing atau sapi dan ikan mentah lebih bertahan lama di freezer daripada di chiler. Maka Anda harus mengetahui cara mencairkannya ketika dikeluarkan dari dalam lemari es.

Cara mencairkan daging kambing & ikan mentah yang sudah beku dapat dilakukan dengan cara mencairkannya di lemari es atau bisa juga menggunakan kantong plastik (anti bocor) yang terendam di dalam air dingin.

Sedangkan jika Anda nekat mencairkan daging kambing kurban yang telah beku beku secara langsung di suhu kamar, maka akan membuat bakteri tumbuh dengan cepat. 

Namun untuk mencairkan daging langsung dalam lemari es, Anda harus memastikan bahwa tetesannya tidak mengenai makanan lain di chiler. 

Baca Juga : Bacaan Doa dan Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban Idul Adha

Demikianlah Cara Menyimpan daging kurban Di Kulkas Agar Awet dan Tetap Sehat. Menyimpan daging sapi dan kambing di hari raya Idul Adha harus dilakukan secara tepat agar daging tetap sehat dan aman saat dikonsumsi.



Previous
« Prev Post