Ternyata Dunia Itu Seimbang - Bukti Kasih Sayang Tuhan

masnasih.com - Kita tak pernah menyadari walaupun kita mengetahui. Ada hitam ada putih, ada siang ada malam, ada laki-laki ada perempuan, ada kuat ada lemah, ada bahagia ada duka, ada tinggi ada rendah, ada pulang ada pergi; dan semuanya itu adalah bukti bahwa setiap sesuatu berpasangan dan satu sama lainnya saling menjaga keseimbangan.

Kita tak akan pernah mengenal salah satunya jika kita tak mengenal yang lainnya. Dikatakan tinggin karena ada yang rendah, dikatakan duka karena ada bahagia, dikatakan kehidupan karena ada kematian; dan semuanya itu adalah tak lain karena sistem alam yang berimbang saling melengkapi satu sama lain sehingga alam tak mudah bergoncang.

Entah kenapa saya suka membahas tentang 'masalah'. Mungkin makhluk yang satu ini seringkali datang tanpa permisi dan pulang mengiris hati. Masalah selalu saja hadir tanpa di undang dan pulang tanpa ditendang. Kehadirannya pun tak disadari dan ia selalu mengusik hati tanpa pernah dicurigai. Inilah kenapa saya ingin sekali menelanjanginya sampai ia malu menjadi benalu.

Ah... Tapi hatiku yang lain protes. Jangan salahkan masalah, salahkan dirimu sendiri. Masalah justru mengingatkanmu, menyadarkanmu, membawamu kembali ke jalan yang seharusnya kau lalui, bukan lalai karena kenyamananmu sendiri.

Hm... Benar juga. Masalah memang selalu datang. Tetapi, ia pulang meninggalkan seribu pengetahuan dan pengalaman. Tapi tetap saja masalah adalah benalu yang setiap saat membelenggu, bahkan menitik rendahkan kehidupanku. Jadi aku harus tetap membuatnya kapok, jera, atau minimal ia merasa teracuhkan dan putus asa atas kelakuannya sendiri, lalu ia pergi meninggalkan seribu pengetahuan tanpa menyisakan kegalauan.

Aku hanya ingin katakan, hati-hati dengan masalah karena ia tak pernah bertanggung jawab atas apa yang ia lakukan. Misinya adalah membuat setiap orang sadar, namun jika dominan bisikan setan, maka ia akan menyisakan kehancuran.

Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post