Bagaimana Cara Agar Tidak Penat / Jenuh Saat Beraktivitas

masnasih.com - Aktivitas yang dilakukan secara terus menerus dan menjadi rutinitas tentu akan ada waktunya dimana kita merasa penat, merasa jenuh; seperti seakan-akan semuanya berhenti mendadak, mogok, nggak mau jalan, mendapatkan kebuntuan. Kondisi seperti ini memang akan terjadi walaupun tidak terus menerus. Bagaikan lautan yang ada masa pasangnya dan ada masa surutnya. Semangat yang turun, motivasi yang berkurang, tak ada komitmen, menjadikan situasi menjadi penat.

Lalu muncul pertanyaan,

Bagaimana sih cara menghilangkan penat?

Penat bisa dihilangkan dengan beberapa cara, diantaranya sebagai berikut.

Istirahat Yang Cukup

Istirahat cukup ampuh buat ngilangin penat lho.. Penat biasanya muncul saat otak kita bekerja terus-menerus tetapi kondisi badan tidak memungkinkan atau sedang tidak baik. Jadi perlu di hentikan sebentar untuk menghindari terjadinya hal yang lebih buruk lagi. Jadi, yang perlu kita sadari adalah saat penat datang berarti otak kita mencoba bekerja tetapi ada fungsi otak yang kurang maksimal.

Di kondisi seperti ini maka sebenarnya tubuh kita berada dalam kondisi antara sakit dan sehat. Jika kita masih memaksakan otak untuk bekerja bisa jadi otak justru kacau, dan saat kacau tubuh menjadi drop, penyakit datang.

Usahakan untuk beristirahat walaupun sejenak, setidaknya akan menunda efek stress. Atau kita bisa melakukan hal-hal sederhana misalnya bercanda dengan orang yang ada di sekitar kita.

Makan Teratur dan Sedikit Lebih Banyak

Seperti biasanya kalau sehabis makan, yang sebelumnya tidak karuan rasanya, rasanya ingin marah; tapi setelah makan mendadak diam tanpa kata dan perkataannya mulai mendatar dan lebih tenang. Mungkin Anda yang pernah kumpul-kumpul bersama teman-teman biasa menemukan kondisi ramai saat pada kelaparan. Dan setelah makan suasana jadi hening bahkan sebagiannya lagi akan ngantuk dan tidur karena kekenyangan.

Selain itu, makan yang teratur dan sedikit lebih banyak juga akan menjaga stamina agar tubuh agar tidak drop. Kondisi badan yang drop karena kurangnya asupan energi dalam tubuh. Dan dengan makan maka energi akan terisi kembali sehingga tubuhpun menjadi normal.

Minum Air Mineral / Putih

Minum air mineral menyegarkan tubuh dan mengisi kembali cairan tubuh yang keluar saat melakukan aktivitas. Cairan tubuh yang sedikit akan membuat tubuh cepat panas. Ibaratnya tubuh adalah mesin dan cairan tubuh adalah oilnya. Jika mesin tak ber-oil, maka mesin akan panas dan gampang rusak. Begitu juga dengan tubuh. Tubuh yang kekurangan cairan akan cepat panas dan menjadi rentan gampang drop. Cairan tubuh yang cukup akan membuat fungsi organ tubuh menjadi lancar dan tidak cepat panas.

Refleksi diri

Refleksi diri atau saya sebut dengan menenangkan diri, mengingat kembali apa yang telah dicapai dan apa yang belum dicapai. Bisa dengan cara bersyukur dan berhenti sejenak sambil menenangkan pikiran yang kacau. Refleksi diri ini lebih ke perawatan kejiwaan. Kondisi kejiwaan juga harus diperhatikan untuk mengimbangi kondisi fisik. Jiwa yang tenang akan membuat pikiran menjadi tenang. Refleksi inilah cara yang paling ampuh untuk menenangkan diri.

Jalan-jalan ke tempat baru

Jalan-jalan ke tempat yang sebelumnya belum pernah kita lihat atau yang sudah lama tak kita lihat akan mengurangi efek penat. Adanya hal yang baru akan membuat otak mempunyai pekerjaan baru dan akan membuat otak menjadi segar. Bisa diibaratkan otak adalah mesin, jika oilnya digunakan lama maka akan keruh. Dan pengetahuan baru adalah oil barunya yang tentu lebih bening dari yang telah digunakan rutin setiap hari itu.

Jalan-jalan juga merupakan pengalihan pikiran agar lupa dengan kejenuhan dan mendapatkan ide baru, suasana baru, yang membuat pikiran tidak penat lagi.

Demikianlah, tips mengatasi rasa penat / jenuh yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar