Mengapa Saat Pertama Kali Membuat Program Selalu Digunakan Istilah “Hello World”?

Hello Word

masnasih.com - Bagi teman-teman yang bidangnya berkaitan dengan komputer -khususnya para programmer-, tentu sudah tak asing lagi dengan istilah “Hello World”. Yah, ini adalah dua kata yang sering dijadikan contoh tampilan saat pertama kali membuat program atau belajar bahasa pemrograman.

Saya sendiri pernah menggunakannya saat belajar bahasa pemrograman pascal, delphi, C++, html, dan bahasa java.

Saya menggunakan istilah tersebut bukan karena ide saya loh, tapi karena memang saat itu guru menampilkan contoh program yang outputnya memunculkan "Hello World" dan kami semua mengikutinya.

Mungkin karena selalu diajarkan secara turun temurun, sehingga istilah "Hello World" menjadi populer dan sering digunakan sampai saat ini.

Sejarah Istilah Hello Word

Pertanyaan yang Mungkin Muncul

Kebanyakan dari kita, tentu bertanya-tanya tentang apa sih alasan mengapa “Hello World” selalu digunakan saat pertama kali kita membuat program?

Kenapa bukan istilah lain saja?

Kan banyak tuh, istilah lain seperti Hello Handsome, You’re Good, Excellent atau yang lainnya.

Tapi mengapa yang digunakan adalah istilah Hello World?

Apa sih, yang menjadi insprasi sehingga istilah itu digunakan?

Apakah karena kita baru pertama kali memasuki dunia pemrograman?

Kenapa bukan Hello Coding saja?

Atau Hello Programmer?

Untuk mengetahui jawaban pertanyaan tersebut, maka saya akan menjelaskannya dalam postingan ini, berdasarkan referensi dari berbagai sumber yang ada. Jadi, tolong disimak baik-baik yah, biar kamu paham!

Apa Itu Hello Word?

Istilah “Hello World” pertama kali digunakan oleh Brian Kernighan pada tahun 1972. Ini dimulai ketika Brian hendak membuat tulisan tentang dokumentasi bahasa pemrograman BCPL (Basic Combined Programming Language). Pada saat itu ia membuat contoh program "Hello World".

Berikut ini adalah script program Hello World pertama yang dibuat dengan bahasa pemrograman BCPL.
Hello Word 1

Seperti yang kita ketahui bahwa output yang dihasilkan dari bahasa pemrograman tersebut adalah “hello, world”.

Hello Word di dalam Bahasa B

Kemudian pada saat bahasa C telah berhasil dirilis, bahasa pemrograman BCPL kemudian lebih dikenal dengan bahasa B.

Tak jarang bahasa pemrograman BCPL ini sering dijadikan bahan lelucon dengan merubah kepanjangannya menjadi “Before C Programming Language” atau bahasa pemrograman sebelum C. Yah, meskipun sebenarnya nggak salah juga, sih. Hehe..

Hello Word dalam Dokumentasi "Programming in C: A Tutorial"

Dan ternyata tidak sampai disitu saja. Pada saat penulisan dokumentasi untuk bahasa pemrograman C yang diterbitkan dengan judul “Programming in C: A Tutorial” pada tahun 1974, Brian Kernighan juga menuliskan contoh program Hello World.
Script programnya kira-kira seperti ini :

Hello Word 2

Hello Word di Buku "The C Programming"

Kemudian satu tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 1975, Brian Kernighan dan Dennis Ritchie menerbitkan buku karangannya yang berjudul “The C Programming Language”. Sama dengan kasus sebelumnya, ia juga menggunakan contoh Hello World.

Contoh scriptnya antara lain :

Hello Word 3

Hello Word Menurut Brian Kernighan 

Saat ditanyai mengapa menggunakan istilah tersebut?

Ia tidak ingat pasti mengapa ia menggunakannya. Tetapi, berdasarkan hasil wawancara forbes India, beliau mengatakan bahwa saat itu ingatannya sedang suram dan yang ada dipikirannya hanyalah kartun yang menampilkan seekor telur dan anak ayam. Anak ayam itu mengatakan “Hello World!”
Kurang lebih kira-kira seperti itulah sejarah dan asal usul program Hello World.

Berdasarkan penjelasan diatas mungkin kamu sudah tahu kan, mengapa Hello World sering digunakan saat pertama kali membuat program dan dari mana asal mula istilah tersebut?

Penutup

Itulah penjelasan tentang pertanyaan mengapa Hello World yang selalu dijadikan contoh saat pertama kali membuat program. Semoga apa yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

Untuk teman-teman yang ingin dan sedang kuliah di jurusan teknik informatika, tidak usah terlalu takut dengan pemrograman. Karena, pemrograman bukanlah sesuatu yang patut ditakuti, tetapi harus ditaklukkan.

Dan bagi teman-teman lulusan S1 dan D3 teknik informatika yang masih bingun ingin bekerja dimana. Mungkin artikel ini bisa membantumu : Lulusan S1 dan D3 Jurusan Teknik Informatika Bisa Kerja Dimana ?

Ditulis Oleh : Aldy Razor

Baca Artikel Arti Kata Lainnya
Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post