Gambar uang dolar
masnasih.com - Para penulis wattpad tentunya ingin dong karya tulisannya dihargai orang lain. Salah satu keingininannya karya yang sudah dibuat bisa disulap menjadi uang. Jika kamu termasuk salah satu dari penulis wattpad maka sangat beruntung jika kamu menemukan artikel ini karena saya akan membahas bagaimana cara penulis wattpad mendapatkan uang dari wattpad. Tentu penasaran kan? baiklah ayo mari kita bahas sampai ke akar-akarnya. Oke..

Beginilah Cara Menghasilkan Uang dari Wattpad yang Wajib Anda Ketahui

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memonetisasi Wattpad. Berikut ini adalah penjelasannya.

Definisi Wattpad dan Tujuan Menulis di Wattpad

Wattpad adalah media untuk belajar menulis. Disini Anda bisa membuat berbagai macam tulisan seperti novel, cerpen, essay, tips and trik, dsb. Di wattpad ini Anda bisa menulis apa saja dan sesuka Anda asalkan tidak melanggar kebijakan wattpad.

Sebagian pengguna wattpad adalah penulis dan sebagian lainnya adalah konsumen atau pembaca. Jika Anda adalah pembaca tulisan di wattpad (bukan Penulis) maka Anda tidak akan menyadari bahwa dengan wattpad kita bisa mendapatkan uang.

Namun bagi Anda yang sudah terjun di dunia wattpad sebagai author atau penulis, maka ada kemungkinan besar bertujuan untuk mendapatkan penghasilan dari tulisan yang sudah Anda buat, terlebih lagi jika Anda sudah bergabung ke berbagai macam forum diskusi penulis wattpad.

Dan saya yakin, Anda yang membaca artikel ini adalah berada di kubu penulis atau author. Saya sangat mengapresiasi hasil karya Anda, sekalipun mungkin masih tahap belajar.

Pertanyaan Tentang Wattpad dan Jawabannya

Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul dibenak penulis wattpad yang melihat teman-teman di wattpad sudah menghasilkan uang dari tulisannya yang di publikasikan di wattpad. Diantara pertanyaannya adalah sebagai berikut :

Apa Keuntungan Menulis di Wattpad?

Menulis di wattpad banyak keuntungannya. Dengan menulis di wattpad kita bisa mengupgraade kemampun menulis. Biasanya pembaca tulisan kita juga seorang yang juga mempunyai karya di wattpad sehingga tak jarang mereka akan memberikan masukan yang bersifat membangun. Dari sini kita bisa mendapatkan pelajaran baru yang tak terduga-duga.

Apakah Wattpad Membayar Penulisnya?

Wattpad tidak pernah membayar penulisnya. Justru seharusnya penulislah yang membayar wattpad karena penulis mempublikasikan tulisannya di wattpad. Bisa dikatakan menulis di wattpad adalah promosi gratis karena saya menduga di wattpad ada banyak penerbit yang selalu memantau hasil karya penulis wattpad yang populer.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Novel?

Biasanya para penulis novel mendapatkan uang dari hasil novel yang telah diterbitkannya ke penerbit. Mereka mendapatkan komisi dari setiap penjualan novel, atau karya mereka di beli secara langsung oleh penerbit dengan dibayar dimuka. Berkembangnya zaman, sekarang sudah banyak penulis novel yang mempublikasikan karya novelnya melalui media online seperti google book, dan semacamnya. Mereka akan mendapatkan penghasilan dari setiap penjualan. Namun untuk saat ini google book belum menerima publikasi buku lagi.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Cerpen?

Cerpen adalah karya cerita yang lebih ringan dari novel. Untuk mendapatkan penghasilan dari menulis cerpen biasanya para penulis mengirimkan ke media massa. Jika dulu koran atau sejenisnya adalah andalan para penulis cerpen untuk mendapatkan penghasilan. Sekarang juga masih sering digunakan oleh penulis untuk membangun namanya. Selain itu, cerpen juga bisa diterbitkan menjadi sebuah buku. Namun tentunya bukan hanya satu cerpen saja melainkan kumpulan cerpen. Sekarang kita bisa mempublikasikan di media online melalui situs portal maupun situs pribadi.

Pertanyaan lainnya
  • Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Puisi?
  • Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dengan Menulis Artikel di Internet?
  • Apakah Kirim Tulisan Agar Dapat Uang?
  • Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Internet?
  • Bagaimana Cara Menulis novel online dibayar?
Dari beberapa pertanyaan tersebut, intinya adalah sama yaitu sama-sama ingin mendapatkan penghasilan dari internet khususnya wattpad. Maka dari itu saya tertarik untuk menjawabnya dengan pengalaman dan pengetahuan saya yang pernah menjajaki dunia wattpad.

Para penulis wattpad mendapatkan penghasilan, pasti banyak orang yang bertanya-tanya. Pertanyaan pertama:

Darimana penulis wattpad mendapatkan uang?

Buku yang Diterbitkan

Biasanya penulis wattpad mendapatkan uang dari hasil buku yang sukses diterbitkan. Jadi penulis wattpad selain mempublikasikan ke akun wattpadnya juga mengemas dengan baik hasil tulisannya dan dikirimkan ke penerbit. Jika hasil tulisannya diterima penerbit dan dibukukan serta diedarkan dipasar, maka penulis tersebut menerima sejumlah uang dari penerbit.

Mempublikasikan ke Blog

Penulis yang cerdas akan berpindah halauan ketika sudah mendapatkan followers yang banyak di wattpad. Tulisan-tulisan di wattpad dibiarkan dan tulisan terbarunya diposting di blog dan bertujuan mendapatkan uang dari blog.

Ketika seorang penulis rajin menulis di blog dan banyak pembacanya, maka ada orang atau perusahaan yang tertarik untuk mengiklankan produknya melalui blog tersebut, baik berupa artikel review, video, maupun banner iklan. Ini adalah cara cerdas yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan uang dari wattpad yaitu menjadikan wattpad sebagai batu loncatannya.

Lantas Bagaimana Cara Agar Anda Bisa Mendapatkan Followers Wattpad?

Tentunya ada beberapa hal yang patut diperhatikan agar Anda bisa mendapatkan follower wattpad yang banyak diantaranya sebagai berikut.

Membuat Akun Wattpad Semenarik Mungkin

Cara membuatnya cukup mudah dan tentunya Anda sudah mengetahui semua. Yang mungkin masih membingungkan adalah poin apa saja yang harus terpenuhi agar dikatakan sebagai akun wattpad yang cukup menarik.

Semua tentu tergantung pada diri setiap pembacanya. Cara mudahnya adalah melihat beberapa akun wattpad yang Anda anggap menarik. Dari mulai nama, username, Gambar profil sampai dengan deskripsi akun.

Jika Anda melihat itu menarik dan Anda juga melihat banyak pengikutnya, maka tirulah pola menarik dari akun tersebut. Saya sendiri menilai akun wattpad menarik melihat dari gambar profilnya, gambar sampulnya, dan juga deskripsi akun yang informatif, simple dan juga komunikatif.

Hal yang menarik lainnya adalah banyak followersnya, banyak tulisan yang sudah dipublikasikan, dan dibaca oleh banyak orang.

Memposting Tulisan yang Keren dan Serapi Mungkin

Tulisan yang Keren adalah tulisan yang terkesan menggiurkan ketika seseorang mulai membacanya. Hal ini ditandai dengan adanya penambahan rating dan juga adanya feedback berupa komentar positif.

Indikator tulisan keren dan rapi adalah sesuai dengan kaidah dalam kepenulisan. Misalnya menggunakan EYD (Ejaan yang Disempurnakan), tidak melanggar norma-norma yang ada, serta menjaga etika dalam kepenulisan.

Selain itu permasalahan yang diangkat oleh penulis dalam tulisannya juga sangat mempengaruhi keindahan tulisan tersebut. Jika penulis mampu menjawab kebutuhan pembaca, maka itulah yang dimaksud dengan tulisan keren yang sesungguhnya.

Inti dari tulisan keren dan menarik adalah tulisan yang banyak dicari oleh pengguna wattpad dan juga disukai oleh pembaca.

Promosi di Medsos (Media Sosial)

Hal yang paling utama untuk mendapatkan banyak pengikut di wattpad adalah promosi di medsos. Ketika Anda adalah penulis pemula yang baru terjun di dunia wattpad, maka promosi di medsos adalah sangat penting karena akun baru tentunya belum terlihat oleh pengguna wattpad lainnya.

Sosmed yang bisa Anda jadikan tempat share tulisanmu adalah twitter, facebook, google+, pirentest, dsb.

Promosikan postingan ke grup-grup facebookyang relevan seperti grup penulis, grup Author wattpad, dan juga di timeline Anda sendiri. Dengan mempromosikan tulisan yang sudah diposting di wattpad, berharap mendapat feedback dari orang yang melihatnya. Feedback positif dijadikan sebuah penyemangat, dan feedback yang negatif dijadikan sebagai koreksi atas kesalahan yang Anda lakukan.

Kesimpulan

Cara mendapatkan uang dari wattpad itu melalui proses yang lumayan panjang, dari mulai membuat akun wattpad, memposting tulisan yang baik dan benar serta menarik, sampai mempromosikannya di sosial media.

Semua itu tergantung pada diri Anda sendiri apakah Anda berani berproses dan mendapatkan sesuatu yang diharapkan atau galau tak mendapatkan uang. Ketika mau berproses, belajar dan terus belajar. Maka mimpi menghasilkan uang dari wattpad akan tercapai, sedangkan jika tidak mau berproses tentunya orang lain yang akan mencapainya dan Anda hanya bisa gigit jadi melihatnya.

Demikianlah cara menghasilkan uang dari wattpad tanpa modal. Semoga dapat sedikit menambah wawasan Anda tentang sebuah peluang besar yang tersembunyi di dalam sebuah wattpad.

Baca Artikel Make Money Lainnya.