Sukses Itu..

Sukses Itu..

masnasih.com - Tak sedikit orang yang menginginkan kehidupannya mengalami hal yang luar biasa yaitu kesuksesan. Setiap orang menginginkan sukses. Maka apapun caranya pasti akan dilakukan. Orang yang ingin kaya bekerja dengan giat, terkadang melakukan hal yang di luar kemampuannya. Dia terinspirasi oleh orang yang telah sukses terlebih dahulu. Dan tak sedikit orang yang menginginkan kehidupannya seperti orang lain.

Jika ia miskin maka ia ingin menjadi seperti orang yang dianggapnya lebih kaya darinya. Jika ia bodoh, maka ia menginginkan kehidupan seperti orang yang lebih pintar darinya. Jika ia selalu mendapatkan masalah atau merasa beban hidupnya terlalu berat maka Ia ingin menjadi orang yang hidupnya seperti bahagia selalu.

Namun, semuanya itu adalah angan-angan yang justru membuat dirinya jauh dari dirinya sendiri. Ia tidak fokus pada pengembangan dirinya sendiri, ia tidak fokus pada perbaikan diri sendiri, ia tidak fokus pada hal-hal yang membuatnya lebih berkembang, ia justru mendesain dirinya sendiri sebagai orang lain.

Padahal sebenarnya dia tidak tahu bahwa orang yang dianggapnya lebih kaya, orang yang ia anggapnya lebih pintar darinya, dan orang yang dianggapnya lebih bahagia darinya, bisa jadi lebih menderita. Beban hidupnya mungkin lebih berat daripada yang dialami. Dan semuanya itu -yang ia lihat- adalah covernya saja, sedangkan di dalamnya bisa jadi hancur lebur. 


Orang yang hidupnya terlihat kaya, karena kerja kerasnya yang luar biasa. Orang yang terlihat pintar, ya belajar sampai tak mengenal lelah. Yang terlihat bahagia, justru beban hidupnya lebih luar biasa. Dan mungkin, jika hal tersebut terjadi pada diri kita, mungkin kita tidak sanggup menjalani kehidupan yang seperti itu. Kita diciptakan seperti ini tentunya sudah sesuai dengan kemampuan kita sendiri. Semua ketentuan itu sudah ditentukan dalam garis takdir yang tak bisa dirubah-rubah lagi.

Jangan sampai kita berpikir bahwa orang lain lebih bahagia, lebih kaya, lebih pintar dari kita. Sebenarnya kita juga bisa seperti itu bahkan kita akan lebih beruntung daripada semua yang orang lain dapatkan itu. Kita tidak perlu menjadi orang lain. Kita tidak perlu bersusah payah meratapi nasib yang juga dirasakan oleh orang lain. Kita tidak perlu menjalani proses seperti yang orang lain lakukan. Yang kita perlukan adalah menjadi versi diri kita sendiri yang lebih baik dari masa lalu. Kita yang sekarang harus lebih baik daripada kita yang kemarin. Kita di hari esok harus lebih baik daripada hari ini. Dengan cara inilah kita bisa mendapatkan semuanya yang jauh lebih indah daripada sekedar apa yang didapatkan orang lain. 

Kita tahu, bahwa semua orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika orang lain kaya, mungkin bisa jadi dia tidak bahagia. Jika orang lain itu pintar, bisa jadi ia tidak kaya. Jika orang lain bahagia, mungkin kebahagiaan itu palsu. Maka jangan pernah berdoa untuk menjadi seperti orang lain. Berdoalah agar hidup kita lebih baik hari ini daripada hari kemarin. Perbaiki setiap kesalahan yang pernah kita lakukan. Lakukanlah kebaikan yang belum pernah kita lakukan sebelumnya, juga tinggalkan hal-hal yang tidak baik yang pernah kita lakukan. Dan jauhi hal yang tak baik yang belum kita lakukan.

Jika kita ingin kaya, maka cukup kita perbaiki diri, bagaimana cara kita mempersiapkan diri untuk menjadi orang kaya. Jika kita ingin mempunyai harta yang melimpah -katakanlah mempunyai rumah mewah-, maka yang harus kita lakukan adalah mempunyai penghasilan yang tentunya bisa untuk merawat rumah mewah itu. Jika kita belum mempunyai penghasilan yang cukup untuk merawat rumah itu, maka jangan bermimpi mempunyai rumah mewah, karena jika kita benar-benar diberi rumah mewah yang terjadi adalah rumahnya tidak terpakai tidak terurus dan juga akan rusak. 

Maka kita perlu mempunyai penghasilan yang cukup untuk merawat rumah tersebut. Dan untuk mempunyai penghasilan yang cukup untuk merawat rumah yang mewah, kita perlu bekerja. Kita tidak bisa bekerja hanya menjadi buruh saja, karena buruh tidak mungkin gajinya cukup untuk merawat rumah mewah. Mencukupi kebutuhan sehari-hari pun tercukupi Alhamdulillah. Jadi kita harus mempunyai penghasilan yang banyak dan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan yang banyak tentunya dengan berbisnis dengan skala besar. 

Namun bisnis dengan skala besar juga membutuhkan modal yang besar. Jika saat ini kita belum punya apa-apa, maka modal terbesarnya adalah tenaga dan pikiran. Kita harus mulai dari yang paling sederhana. Yaitu menjadi buruh misalnya. Namun menjadi buruh ini hanya sebagai batu loncatan untuk mendapatkan modal walaupun mungkin masih sedikit. Kita harus mempunyai tekad yang kuat untuk maju sedikit demi sedikit. Kita sisakan sebagian uang untuk investasi masa depan. jika modal yang sedikit itu sudah terkumpul maka lakukan atau mulai membangun bisnis kecil-kecilan.

Memang ketika membangun sebuah bisnis itu tidak serta merta langsung bisa jalan. Kita harus jatuh bangun dan trial and error sampai kita benar-benar bisa mendapatkan sesuatu yang pas, yang bisa menjadikan bisnis kita perkembangan pesat. Dalam tahap ini kita butuh kesabaran dan juga pengorbanan yang cukup besar.

Namun sejauh ini kita sudah bisa menjadi versi diri kita yang lebih baik. Jika sebelumnya kita hanya berpikir, bermimpi ingin menjadi seperti orang lain yang kaya raya, maka sekarang -pada tahap ini- berarti kita sedang mempersiapkan diri kita menjadi orang kaya. Dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya kita butuh modal. Ketika pikiran kita sudah berpikir bahwa modal kita tidak cukup, maka di saat itulah kita sebenarnya sudah siap menerima modal yang lebih besar. Katakanlah kita sudah berpikir bahwa oh saya sudah butuh modal sebesar 100 juta dan sekarang hanya masih mempunyai modal 10 juta. Di saat itulah kita sudah siap menjadi orang yang mempunyai modal 100 juta.

Dan ketika bisnis yang 10 juta itu sudah berjalan sedikit demi sedikit. Tentunya banyak halangan dan rintangan yang harus dihadapi. Biasanya di saat kita sudah lemah, sudah jenuh, sudah ber proses sedemikian rupa, sampai kita pasrah; maka di saat itulah kita akan mendapatkan sebuah kejutan yaitu mendapatkan apa yang kita inginkan. Saat kita mulai frustasi biasanya Allah mulai membukakan pintu rezeki jalan menuju mendapatkan modal yang kita inginkan yaitu 100 juta.

Dan ketika kita sudah mendapatkan modal 100 juta maka berarti kita sudah menjadi versi diri kita yang lebih baik dari sebelumnya. Kemudian kita melangkah ke tahap selanjutnya, yaitu kita butuh memperluas bisnis yang tentunya membutuhkan modal yang lebih banyak lagi. Kemudian kita mengusahakan dengan terus berbisnis, berusaha dan mendapatkan penghasilan, serta menyisihkan sebagian uangnya untuk menambah modal lagi. Di saat inilah kita berarti sudah siap menjadi orang yang lebih kaya lagi, karena kebutuhan kita semakin banyak, dan kita memang membutuhkan modal yang banyak itu.

Jadi, kita tidak perlu menjadi orang lain untuk bahagia, untuk kaya, untuk lebih pintar. Kita hanya perlu mengupgrade kemampuan kita, kebutuhan kita, dan mental kita agar siap menerima hal hal yang luar biasa. Dengan cara mengupgrade kemampuan kita, mental kita, dan kebutuhan kita; maka berarti kita sudah siap dengan hal-hal luar biasa ataupun menerima impian kita yang sering kita impi-impikan setiap malamnya.

Sukses itu.. adalah versi pilih kita hari ini yang lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok lebih baik daripada hari ini.

Baca Artikel Inspirasi Selengkapnya 
Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post