Manfaat Zikir Bagi Kehidupan dan Kesehatan Tubuh

Dzikir Membawa Ketenangan

masnasih.com - Manfaat dzikir bagi manusia - Secara bahasa dzikir memiliki arti menyebut, mengingat dan berdoa kepada Allah. Sementara itu dalam Islam, dzikir memiliki arti menyebut atau mengingat Allah dengan lisan melalui kalimat-kalimat thayyibah.

Untuk itu dzikir dapat kita artikan sebagai aktivitas beribadah kepada Allah SWT dengan cara menyebut, mengingat, dan memuji nama-Nya secara berulang-ulang untuk mendapatkan perlindungan dan pahala dari-Nya.

Namun ada sebagian orang yang mungkin berpendapat bahwa dzikir merupakan sebuah ritual yang dilakukan setiap harinya. Namun, tahukah Anda bahwa berdzikir dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh? Jika belum tahu tentu kalian harus tahu manfaat sebenarnya dari dzikir untuk tubuh manusia.

Berzikir dapat diartikan sebuah ibadah dengan mengingat nama Allah secara berulang-ulang. Dengan menyebut nama-Nya, maka hati kita akan tenteram, seperti yang tercantum dalam surat Ar-Ra'ad ayat 28 berikut ini :

“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan tentram hati mereka dengan dzikrullah, ketahuilah hanya dengan mengingat Allah itu, hati menjadi tenteram.” (Ar-Ra’d, ayat 28)

“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan tenteram hati mereka dengan dzikrullah, ketahuilah hanya dengan mengingat Allah itu, hati menjadi tenteram.” (Ar-Ra’d, ayat 28).

Manfaat Zikir Bagi Kehidupan dan Kesehatan Tubuh

Dzikir diperintahkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya agar para hambanya mendapatkan manfaat dan hikmah penting yang terkandung di dalamnya. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan berdzikir terutama untuk kesehatan tubuh manusia.

Dapat Membawa Kecerdasan pada Otak

Dengan membaca ucapan dzikir seperti Subhanallah, Alhamdullilah maka sekitar 14 juta syaraf yang membentuk otak akan berinteraksi dengan 16 juta syaraf tubuh yang lainnya. Saat kalimat dzikir tersebut terus diulang selama puluhan kali maka aktivitas syaraf yang ada dalam otak manusia akan aktif dan akan mempengaruhi bagian syaraf lainnya untuk ikut aktif.

Hal inilah yang membuat syaraf pada otak akan aktif secara menyeluruh. Serta diyakini jika terus membaca kalimat dzikir maka lama kelamaan orang akan semakin kreatif dan mampu berpikir kritis terhadap suatu hal. Subhanallah ya manfaat dari membaca dzikir ini.

Tubuh akan Terbebas dari Penyakit

Menurut beberapa sumber yang ada bahwa sekelompok penelitian menyatakan jika laju pernapasan dan konsumsi oksigen di dalam tubuh manusia akan berkurang ketika sedang berdoa atau shalat dalam kisaran antara 20-30%. Selain itu, resistensi kulit akan semakin meningkat dan darah tinggi akan membeku sehingga aktivitas otak akan lebih aktif.

Mempermudah dalam Mendapatkan Rezeki

Selain mendapatkan beberapa manfaat untuk kesehatan otak, ternyata membaca dzikir setiap harinya dapat mendatangkan rezeki. Saat ucapan dzikir terus diulang maka sama halnya kita sedang beribadah kepada Allah sekaligus meminta kepada-Nya untuk diberikan dalam kehidupannya, salah satunya adalah mendapatkan rezeki.

Mendapatkan Perlindungan dari Allah SWT

Jika kita terus mengagungkan nama-Nya kita juga akan mendapatkan balasan yakni dengan mendapatkan pelindungan, pertolongan, dan dijauhkan dari orang-orang yang mencoba untuk berbuat jahat kepada hamba-Nya. Serta mendapatkan kesembuhan dari segala pernyakit yang dideritanya.

Akan Memperoleh Ketenangan dan Ketentraman dalam Hatinya

Seseorang yang senang membaca bacaan dzikir setiap saat akan mendapatkan ketenangan dan ketenteraman dalam hatinya. Sungguh luar biasa bukan? Di saat kita sedang dilanda masalah cobalah untuk berdzikir maka Allah akan memberikan ketenangan dalam menghadapi cobaan tersebut, cobalah untuk membaca dzikir ketika mengalami suatu masalah maka akan diberikan ketenangan dan jalan keluar dari masalah tersebut.

Demikian ilmu tentang manfaat dzikir bagi kehidupan dan kesehatan tubuh yang bisa disampaikan, Jangan lupa dapatkan informasi bermanfaat lainnya di Duniaawam. Kurang lebihnya mohon maaf karena masih belajar untuk menjadi orang yang lebih baik dan mengamalkan bacaan dzikir setiap harinya.

Baca Artikel Religi Lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar