Donghua.id ~ Tentunya Anda pernah atau bahkan sering mendengar kata “negosiasi” bukan? Negosiasi adalah bentuk dari interaksi sosial antara dua belah pihak yang memiliki perbedaan dalam hal kepentingan. Apa yang dimaksud dengan negosiasi dalam artian yang luas? Perhatikan ulasan berikut ini dengan seksama.

  1. Pengertian Negosiasi
  2. Tujuan Negosiasi
  3. Manfaat Negosiasi
  4. Tahap-tahap Negosiasi

Pengertian Negosiasi dari Beberapa Para Ahli

Pengertian negosiasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah bentuk proses tawar menawar melalui perundingan untuk mencapai sebuah kesepakatan yang dapat disepakati oleh kedua belah pihak. Sedangkan pengertian dari negosiasi menurut para ahli dapat Anda simak pada ulasan ini.

Hartman

Dalam buku Teks Negosiasi karya Mellisa dan Debby tahun 2020, pengertian negosiasi menurut Hartman adalah proses komunikasi antara dua pihak yang memiliki tujuan serta sudut pandang yang berbeda-beda dan ingin mencapai sebuah kesepakatan yang memuaskan kedua pihak tersebut.

Casse

Apa yang dimaksud dengan negosiasi menurut Casse? Pengertian negosiasi menurut Casse dalam buku yang sama memiliki arti sebuah proses untuk mendapatkan kesepakatan yang dapat disepakati dan diterima oleh kedua belah pihak atau lebih yang memiliki motivasi dan kebutuhan berbeda.

Runtung Sitepu

Oleh tokoh ini, negosiasi diartikan sebagai cara atau alternatif dalam menyelesaikan sengketa atau perselisihan, yang mana pihak bersengketa melakukan perundungan secara langsung.

Negosiasi dilakukan untuk menyelesaikan sengketa tersebut dengan mencapai kesepakatan yang menguntungkan dua belah pihak.

Robbins

Negosiasi menurut Robbins (2003) adalah suatu proses yang di dalamnya melibatkan dua belah pihak ataupun lebih. Proses tersebut dapat berupa bertukar jasa atau barang yang disepakati dan dipatuhi oleh masing-masing pihak untuk mencapai tujuan yang sama.

Tujuan Bernegosiasi

Tujuan negosiasi juga tidak kalah penting untuk Anda pahami atau ketahui setelah memahami apa yang dimaksud dengan negosiasi. Tujuan dilakukannya negosiasi karena adanya pertentangan atau perselisihan yang terjadi diantara kedua belah pihak maupun lebih.

Ketika Anda ingin melakukan negosiasi, hindari hal atau sikap yang dapat memicu kerugian salah satu pihak. Lakukan negosiasi dengan kepala dingin dan santun. Adapun tujuan dilakukannya negosiasi adalah untuk mencapai kesepakatan bersama dengan pengertian, persetujuan, dan persepsi.

Selain itu, juga untuk mendapatkan jalan keluar atau penyelesaian masalah antara dua belah pihak. Tujuan terakhir dari negosiasi yakni untuk mendapatkan kondisi yang saling menguntungkan dan tidak ada yang sampai dirugikan.

Manfaat yang didapatkan dari Negosiasi

Negosiasi mendatangkan banyak manfaat sehingga sering digunakan untuk menyelesaikan masalah. Beberapa manfaat dari negosiasi yakni membentuk jalinan kerja sama dengan kedua belah pihak dalam menjalankan usaha atau kegiatan bersama dengan saling pengertian.

Negosiasi juga bisa menjadi jalan suksesnya kerjasama dalam usaha yang dijalankan, baik antar perorangan, perusahaan, maupun instansi. Dengan negosiasi juga mampu meminimalisir permasalahan atau perselisihan antar perorangan, perusahaan, dan instansi.

Tahap-Tahap Negosiasi

Ada beberapa tahap yang harus Anda perhatikan ketika ingin melakukan negosiasi. Tahapan tersebut dapat Anda simak dalam uraian berikut ini:

Persiapan dan Perencanaan

Tahap pertama dalam melakukan negosiasi adalah perencanaan dan persiapan. Tahap ini digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan dalam mendukung posisi saat negosiasi berlangsung. Anda harus menyampaikan argumen untuk mendukung posisi dengan bijaksana.
Menentukan Garis Besar atau Aturan
Tahap berikutnya adalah menentukan aturan yang nantinya digunakan dalam menentukan sesuatu yang akan dinegosiasikan.

Penjelasan

Penjelasan adalah tahap berikutnya dari negosiasi yang harus Anda lakukan juga. Setiap pihak bisa mengutarakan apa yang dikehendaki dengan memberikan pemaparan atau dokumentasi yang jelas. Hal ini sangat penting untuk mendukung posisi dari masing-masing pihak yang akan melakukan negosiasi.

Penyelesaian Masalah dan Tawar Menawar

Kedua belah pihak dapat melakukan pencarian solusi terhadap permasalahan yang tengah dihadapi. Masing-masing pihak diharapkan untuk tetap fokus terhadap permasalahan serta kepentingannya.

Implementasi dan Penutupan

Tahap terakhir atau kelima dalam negosiasi yakni penutupan dan implementasi. Di tahap yang terakhir ini, dilakukan pemutusan suatu hal secara bersama-sama. Sebelum memberikan keputusan dan mengimplementasikannya, ada beberapa hal yang harus dicek ulang.

Hal tersebut adalah dokumen, meneliti ulang, menguraikan secara jelas, dan membuat surat pernyataan yang ditandatangani kedua belah pihak. Tahap ini perlu dipahami ketika Anda telah mengerti apa yang dimaksud dengan negosiasi.