Ilustrasi bumi bulat

Seringkali kita menemui pro kontra tentang bumi bulat dan datar. Terlepas dari itu semua, berikut adalah penjelasan mengenai mengapa bumi berbentuk bulat:

1. Gravitasi dan Keseimbangan Hidrostatik 

Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang bekerja di seluruh massa bumi. Gaya ini menyebabkan semua materi di Bumi tertarik ke pusatnya. Ketika massa bumi yang sangat besar ini didistribusikan secara merata, hal ini menyebabkan tekanan yang sama pada semua titik di bawah permukaan Bumi. Ini mengakibatkan kondisi keseimbangan hidrostatik di mana Bumi berbentuk seperti bola. Keseimbangan hidrostatik ini juga menjelaskan mengapa planet-planet lain dan bintang yang memiliki massa yang cukup besar cenderung memiliki bentuk bulat.

2. Rotasi Bumi

Bumi berputar di sekitar sumbunya (sumbu rotasi). Akibat rotasi ini, gaya sentrifugal yang timbul menyebabkan bagian-bagian di khatulistiwa mendorong keluar dari pusat Bumi. Meskipun perbedaannya kecil, akumulasi efek ini selama miliaran tahun menghasilkan bentuk bulat Bumi. Hal ini juga menyebabkan aplanasi, yaitu perbedaan antara diameter kutub dan diameter khatulistiwa.

3. Bukti Sejarah Penjelajahan

Para penjelajah dan pelaut kuno memperhatikan perbedaan bentuk cahaya dari bulan purnama ketika berada di belahan utara dan selatan bumi. Selain itu, pada saat perjalanan laut, kapal yang menjauh dari garis pantai tampak tenggelam lebih dulu daripada batu-batu di pantai. Semua ini mengarah pada kesimpulan bahwa Bumi memiliki bentuk melengkung.

4. Bukti Fotografis dan Observasi Antariksa

Pengamatan visual dari luar angkasa seperti misi antariksa dan teleskop luar angkasa, seperti Hubble, telah menghasilkan foto-foto Bumi yang menunjukkan bentuk bulat. Juga, benda-benda lain di alam semesta, seperti bulan dan planet lain, yang memiliki ukuran yang cukup besar, juga berbentuk bulat. Ini menunjukkan bahwa bentuk bulat Bumi adalah karakteristik yang umum pada objek dengan massa yang besar.

5. Gerhana Bulan dan Bumi

Saat terjadi gerhana bulan, bayangan Bumi pada Bulan selalu berbentuk lingkaran penuh, tidak pernah berbentuk datar. Fenomena ini hanya dapat dijelaskan jika Bumi berbentuk bulat, karena bayangan datar hanya akan terjadi pada objek datar.

6. Pesawat Terbang dan Kelengkungan Bumi

Penerbangan jarak jauh juga mencerminkan kelengkungan Bumi. Jika Bumi datar, penerbangan secara lurus pada ketinggian yang sama akan membawa pesawat melewati tepi Bumi. Namun, dalam praktiknya, pesawat mengikuti rute melingkar, mengikuti kelengkungan Bumi.

Dengan semua bukti ini dan dukungan dari komunitas ilmiah, bentuk bulat Bumi telah diakui sebagai kebenaran ilmiah yang mapan. Bukti-bukti ini juga membantu kita memahami sifat alam semesta dan bagaimana gravitasi mempengaruhi bentuk dan perilaku planet-planet di dalamnya.