Apakah Budaya Bisa Menghancurkan Suatu Bangsa?

masnasih.com - Budaya adalah kebiasaan yang dilakukan oleh suatu individu atau masyarakat dalam waktu lama dan mendarah daging. Budaya adalah hal yang bersifat alot, artinya susah untuk dirubah karena sudah masuk ke dalam alam bawah sadar manusia.

Budaya yang baik akan menimbulkan efek yang positif, sedangkan budaya yang kurang baik atau tidak baik maka akan menimbulkan hal yang tak baik pula. Budaya bisa saja bertolak belakang dengan keilmuan. Budaya yang tidak sesuai dengan keilmuan, berakibat tidak seimbang.

Misalkan saja budaya kelulusan sekolah coret-coret baju, pawai ugal-ugalan di jalanan, minum-minuman keras, melakukan tindakan yang melanggar norma. Akibat yang ditimbulkan banyak tidak baiknya dan termasuk dalam budaya yang tidak baik.

Bandingkan dengan ketika kelulusan mengadakan acara tasyakuran, menghibahkan baju yang sudah tidak dipakai ke orang yang membutuhkan, mendengarkan ceramah keagamaan, mengikuti ceramah motivasi. Ini adalah budaya yang baik dan akibat yang ditimbulkan juga akan baik.

Contoh lain adalah budaya membuang sampah sembarangan. Akibatnya adalah sampah berserakan. Membuang sampah ke sungai, akibatnya air sungai menjadi keruh penuh dengan kuman, dan ketika hujan turun akan menyebabkan penyumbatan pada aliran sungai. Akibat yang ditimbulkan adalah banjir.

Jika budayanya membuang sampah pada tempatnya, maka lingkungan bersih. Tidak membuang sampah di sungai, menjaga ekosistem yang ada di sungai, air sungai bersih, tidak mengalami penyumbatan, dan ketika hujan tidak terjadi kebanjiran.

Itulah contoh sederhana dari budaya baik dan tidak beserta akibatnya. Penjelasan tersebut di atas tentunya sudah menjawab judul artikel ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar