Cara Membuat Artikel Blog Berkualitas yang Baik dan Benar

Ilustrasi menulis artikel
masnasih.com - artikel blog tentunya berbeda dengan artikel biasa, karena artikel blog itu akan diposting di blog dan akan diakses melalui komputer ataupun melalui handphone, hal ini tentunya akan berbeda dengan tulisan artikel di majalah ataupun koran.

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang cara membuat artikel yang baik dan yang benar untuk di posting di blog. Cara ini sudah saya gunakan dan berhasil membuat pengunjung blog berlama-lama di blog saya. Oke baiklah sekarang Perhatikan dan baca baik-baik tips berikut ini.

Cara Membuat Artikel Blog Berkualitas yang Baik dan Benar

    Daftar Isi
  1. Artikel Bermanfaat
  2. 1 Paragraf 3-5 Baris
  3. Memiliki Poin-poin Penting
  4. Menggunakan Bahasa yang Komunikatif

Artikel Bermanfaat

Artikel yang bermanfaat adalah artikel yang memberikan sebuah informasi dan itu bersifat membantu ataupun menyajikan pengetahuan baru. Untuk membuat artikel yang bermanfaat tentunya Anda harus menguasai materi yang akan anda bahas dalam artikel tersebut.

Misalnya Anda ingin membuat artikel tentang tutorial main game maka anda harus menguasai games tersebut paling tidak Anda sudah pernah bermain games tersebut. Jika Anda belum pernah bermain satu nya artikel yang anda buat akan terasa manfaatnya karena yang membaca lebih tahu daripada Anda (yang Menulis artikel tersebut).

Satu paragraf 3 baris sampai 5 baris


Jika di dalam koran ataupun di dalam buku satu paragraf terdiri dari banyak baris sampai 10 baris bahkan satu halaman, maka di dalam blog hal itu tidak efektif Karena akan merusak pemandangan.

Jadi idealnya adalah 3 sampai 5 baris saja untuk posting di blog karena akan membuat tampilan lebih menarik daripada artikel yang satu paragrafnya terdiri dari banyak baris. Sebagai referensi, Coba Anda lihat di website-website yang sudah terkenal, Anda akan melihat paragraf yang digunakan tidak terlalu banyak jumlah barisnya.

Mungkin untuk tampilan komputer, menggunakan paragraf yang banyak baris nya itu tidak terlalu bermasalah. Tetapi untuk orang yang mengakses melalui handphone itu akan merasa tidak nyaman karena satu halaman penuh dengan tulisan.

Jadi anda tidak perlu menggunakan ketentuan resmi untuk menulis artikel di blog misalnya ketentuan tentang bahwa dalam satu paragraf itu terdiri dari 4 kalimat. Karena saya rasa dengan membuat artikel yang sesuai dengan peraturan, maka anda akan membuat artikel yang terlalu panjang dalam satu paragraf nya dan bisa lebih dari 5 baris dalam sebuah paragraf. Hal tersebut tentunya akan mengganggu kenyamanan pembaca blog anda.

Memiliki poin-poin penting


Seperti halnya di dalam buku, maka artikel di blog juga harus ada poin-poinnya. Yang membedakan adalah di dalam blog walaupun dengan pembahasan yang minim atau hanya satu paragraf bisa 1 poin. Sedangkan di dalam buku mungkin memerlukan beberapa paragraf dalam satu poin.

Menggunakan poin poin adalah agar mempermudah pengunjung untuk memahami artikel yang anda Tuliskan, selain itu juga berpengaruh terhadap peringkat artikel di mesin telusur Google.

Untuk membuat poin-poin ataupun bab dan subbab di blog tidak sama dengan di buku. Untuk membuat poin-poin yang sesuai dengan kriteria Google tentunya Anda harus menggunakan bahasa yang dimengerti oleh robot Google yaitu dengan menggunakan tag heading.

Tag heading adalah salah satu kode HTML biasanya yang digunakan adalah H1 H 2 H 3 dan H4. Untuk mengetahui kode seperti ini anda bisa belajar melalui website w3school. Di situ Anda bisa belajar tentang berbagai macam kode html CSS PHP dan juga bahasa pemrograman lainnya.

Menggunakan Bahasa yang Komunikatif


Bahasa komunikatif adalah bahasa yang ketika dibaca, pembaca akan merasa sedang mendengarkan atau berkomunikasi dengan si penulis artikel tersebut. Jadi terkadang Menulis artikel itu harus disertai dengan pertanyaan ataupun sebuah pernyataan yang membuat orang atau pembaca meng-iyakan apa yang Anda tulis.

Jika bahasa yang Anda gunakan untuk menulis artikel itu tidak komunikatif maka pembaca akan merasa bosan. Begitu juga sebaliknya jika Anda menggunakan bahasa yang komunikatif maka akan membuat pengunjung atau pembaca artikel anda merasa nyaman dan betah berlama-lama, walaupun artikel yang anda buat sangat panjang.

Dengan menggunakan cara-cara di atas maka anda akan dapat membuat artikel berkualitas yang baik dan benar juga disukai oleh banyak orang. Sebenarnya masih ada banyak lagi berbagai macam cara untuk membuat artikel yang disukai oleh pembaca, tetapi saya rasa dengan menggunakan cara diatas itu sudah cukup untuk membuat artikel yang anda buat itu nyaman untuk dibaca.

Dari saya Cukup sekian semoga bermanfaat, dan jika masih ada hal yang perlu ditanyakan ataupun masih kebingungan dalam memahaminya, silakan jangan sungkan-sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Terima kasih.
Bisnis Online Menjanjikan
Lowongan Kerja Sampingan


Previous
« Prev Post