Kalimat Toyibah dan Macamnya

gambar kalimat toyibah
masnasih.com - Kalimat toyibah (thayyibah) adalah ucapan baik yang dapat membentuk seseorang untuk berkepribadian baik pula. Jika seseorang setiap harinya mengucapkan kalimat toyibah maka secara tidak langsung ia sedang membentuk pribadi yang dapat membuat orang lain nyaman jika berdekatan dengannya karena tutur katanya baik.

Kalimat Toyibah dan Macamnya

Berikut ini adalah macam-macam kalimat toyibah beserta penjelasannya.

Ta'awudz

Kalimat ta'awudz adalah kalimat yang digunakan untuk memohon perlindungan kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk.
اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

Basmalah

Basmalah adalah kalimat yang digunakan untuk memulai suatu pekerjaan. Dengan membaca bismillah maka sama artinya memulai pekerjaan dengan mengharap ridho Allah SWT.
بِــسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Hamdalah

Hamdalah adalah kalimat yang diucapkan setelah selesai menyelesaikan pekerjaan sebagai wujud syukur kepada Allah SWT atas kelancaran pekerjaan yang sudah dilakukan

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Syahadatain

Syahadatain adalah kalimat yang diucapkan untuk bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah SWT. dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah.
اَشْهَدُ اَنْ لا اِلهَ اِلاَّ الله ُ ج   وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

Tasbih

Tasbih adalah kalimat yang digunakan untuk men-sucikan Allah dari segala hal yang tidak baik. Kalimat ini biasanya diucapkan ketika seseorang melihat sesuatu yang tidak baik.
سُبْحانَ الله 

Takbir

Takbir adalah kalimat yang diucapkan untuk mengagungkan Allah SWT. Kalimat ini baiknya diucapkan di majlis-majlis keilmuan.
اَللهُ اَكبَرُ

Tahlil

Tahlil adalah kalimat yang diuacapkan untuk meng-esakan Allah SWT. Kalimat ini diucapkan ketika mengantar jenazah ke kuburan dan juga digunakan untuk dzikir setelah sholat wajib 5 waktu dan sholat sunah
لا اِلهَ اِلاَّ الله 

Hauqolah

Hauqolah adalah kalimat yang diucapkan untuk memperkuat diri ketika merasa lemah dan tidak mampu melakukan pekerjaan yang akan dikerjakannya. Dengan membaca kalimat ini artinya menyadari bahwa semua kekuatan itu dari Allah SWT.
لاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Istighfar

Kalimat ini digunakan untuk memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala kesalahan yang pernah dilakukan. Dengan mengucapkan kalimat ini berarti seorang hamba telah menyadari dan mengakui perbuatan salahnya.
  اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ  اَلّذِىْ لا اِلهَ اِلاَّ هُوَالْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ

Istirja'

Istirja' digunakan ketika seseorang melihat atau mengalami musibah. Dengan mengucapkan kalimat ini berarti seseorang telah menyerahkan semuanya pada Allah SWT atas segala musibah yang menimpanya.

اِنَّا ِللهِ وَ اِنّااِلَيْهِ رَا جِعُوْنَ 

Masya Allah

Masya Allah adalah kalimat yang diucapkan ketika melihat sesuatu yang mengagumkan. Seseorang yang membaca kalimat ini berarti memuji kebesaran Allah SWT.
ما شاء الله
Demikianlah kalimat toyibah dan macamnya. Semoga bermanfaat.

Baca Artikel Tulisan Arab Lainnya.
Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post