Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Cerpen dengan Mudah

Nulis Cerpen Dapet Uang
masnasih.com - Menulis adalah seni yang unik dan setiap orang memiliki ciri khas dan kemampuan tersendiri. Ada orang yang pandai menulis artikel, ada juga yang lihai dalam menulis kata-kata mutiara dan juga ada yang pinter banget mengarang cerpen (cerita pendek).

Di artikel ini saya akan sedikit membahas tentang cara menulis cerpen dan menghasilkan uang.

Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Cerpen dengan Mudah

Bagi Anda yang ingin mendapatkan uang saku tambahan dari menulis cerpen silakan simak penjelasan di bawah ini. Saya anggap Anda sudah mengerti tentang kaidah-kaidah yang benar dalam membuat cerpen yang baik dan benar. Artikel ini adalah pengembangan dari materi dasar menulis cerpen.

Mencari Ide Kreatif

Sebelum membuat cerpen sebaiknya mencari ide dulu. Ide bisa Anda dapatkan dimana saja dan kapan saja, tetapi ide yang kreatif belum tentu terpikirkan oleh Anda. Ide kreatif adalah ide yang bersifat baru dan antimainstream, ide kreatif bersifat inovatif, edukatif, dan juga interaktif.

Untuk mencari ide kreatif cobalah berpikir di luar pemikiran orang lain, berpikirlah hal-hal baru yang belum terpikirkan oleh orang lain atau dalam bahasa kerennya "Thing Out Of The Box." Jika orang hanya berpikir satu arah, maka pikirkan 10 arah. Misalnya membuat cerpen yang kekinian dengan latar budaya sekarang serta mengambil latar era milenial.

Membuat Draft

Setelah menemukan ide yang cemerlang, sekarang buat draft cerpennya, mulai dari tokoh, tempat, pesan yang akan disampaikan dsb. Buatlah draft yang simpel dan menarik agar ketika mengarang cerpen tidak bosan.

Membuat draft akan mempermudah pikiran Anda untuk merangkai cerpen yang sedang dibangun. Dan ini akan membantu Anda untuk berpikir cepat sehingga cerpen yang Anda buat segera terselesaikan dengan cepat sesuai dengan harapan.

Merangkai Kata-kata

Maksud dari merangkai kata-kata disini adalah membuat cerpen dengan bahasa yang renyah dan mudah dipahami oleh siapa saja yang membaca. Bahasa yang mudah dipahami adalah bahasa yang keluar dari hati bukan pikiran. Dengan menulis menggunakan hati maka tulisan tersebut akan memberikan auara sesuai dengan harapan penulis.

Namun untuk membuat cerpen menjadi menarik tentunya harus menghiasinya dengan data-data valid terkini terupdate agar pembaca semakin terpesona dan terbawa ke dalam cerita tersebut.

Evaluasi dan Revisi

Setelah cerpen jadi saatnya untuk membaca dengan seksama dan memperhatikan setiap huruf dan kata. Pastikan tidak ada kesalahan di dalamnya. Dan juga perhatikan setiap kalimatnya apakah sudah enak ketika dibaca atau masih terlalu susah untuk dipahami. Jika belum pas berarti perlu revisi sampai semuanya benar-benar menarik dan nyaman untuk dibaca.

Yang perlu diperhatikan dalam merevisi cerpen adalah huruf per huruf, kata per kata, kalimat per kalimat, dan juga kaidah-kaidah bahasa Indonesianya, serta seberapa menariknya cerpen tersebut.

Nah sekarang setelah cerpen dianggap sudah mumpuni dan dianggap sudah sempurna, masuklah ke cara menghasilkan uang dari cerpen yang telah dibuat.

Kirim ke Media Online

Media online yang dimaksud disini adalah website pribadi maupun milik orang lain atau sebuah perusahaan yang membutuhkan konten cerpen. Jika menggunakan website sendiri berarti harus memasang iklan di websitenya agar mendapatkan penghasilan.

Tetapi jika mengirimkan ke website orang lain ataupun website sebuah perusahaan bisanya akan langsung diberi fee atas cerpen yang sudah dipublikasikan di websitenya. Untuk mencari media ini silakan bergabung ke forum-forum penulis.

Mengikuti Kontes

Alternatif berikutnya adalah mengikuti lomba karya cerpen. Lomba-lomba semacam ini pasti ada setiap waktunya, baik lomba-lomba yang full online maupun perlombaan yang dilaksanakan secara offline melalui kegiatan-kegiatan dalam suatu rangkaian acara misalnya acara milad sekolah ataupun universitas.

Namun mengikuti kontes tentunya harus mematuhi segala aturan yang ditetapkan oleh penyelenggara. Terkait dengan tema juga biasanya sudah ditentukan oleh panitia. Tentunya Anda harus membuatnya dari awal dan perlu mempelajari tema yang dimaksudkan.
Jika Anda tertarik untuk mengikuti kontes, silakan masuk ke link berikut ini lombaterbaru.com disitu tersedia berbagai macam informasi lomba terbaru dan terupdate.

Terbitkan Cerpen

Menerbitkan cerpen biasanya mudah dilakukan setelah meraih prestasi di
Terus Berkarya di sebuah perlombaan. Dalam hal ini berarti perlombaan cipta cerpen. Namun itu bukan syarat yang wajib dipenuhi untuk dapat di terbitkan buah karyanya, hanya saja mempermudah prosesnya karena penerbit akan lebih percaya jika Anda telah mendapatkan prestasi.

Tanpa prestasi pun tentunya bisa untuk menerbitkannya dengan catatan, cerpen yang Anda buat memang pas dan terlihat sempurna di mata pihak penerbit. Perlu di persiapkan segala sesuatunya agar karya Anda di terbitkan di penerbit.

Terus Berkarya

Jika Anda mau terus berkarya mengarang banyak cerpen, maka suatu saat nanti akan ada orang yang tertarik dengan tulisan Anda dan hal itu akan menarik perhatian publik. Bisa jadi akan menjadi orang terkenal mendadak setelah berproses dan secara tidak langsung sudah dapat membuat karya yang luar biasa.

Mungkin tips-tips di atas akan membawa Anda untuk Mendapatkan Uang dari Menulis Cerpen. Dari saya cukup sekian. Semoga bermanfaat.

Baca Artikel Bisnis Lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar