Cara Mengambil Hati Dosen Pembimbing Skripsi dengan Mudah

gambar ilustrasi meluluhkan hati dosen pembimbing skripsi
masnasih.com - Cara Mengambil Hati Dosen Pembimbing Skripsi

Bagi seorang mahasiswa tentunya berhubungan dengan dosen pembimbing skripsi adalah hal yang wajib dilakukan. Karena dosen ini yang akan membimbing mahasiswa untuk menyelesaikan skripsinya dari awal sampai akhir. Dosen pembimbing skripsi biasanya mempunyai kompetensi sesuai dengan mahasiswa yang dibimbingnya. Dalam arti lain mahasiswa akan mendapatkan pembimbing yang menguasai pembahasan yang diangkat oleh mahasiswa.

Namun yang menjadi masalah adalah terkadang mahasiswa harus dipertemukan dengan dosen yang tidak cocok entah karena jadwal yang selalu tidak pas atau karena memang ada perbedaan yang sangat mendasar antara mahasiswa dengan dosen pembimbingnya yang akhirnya menjadi tidak klop hubungannya. Di artikel ini saya akan membahas tentang cara meluluhkan hati dosen pembimbing skripsi.

Cara Mengambil Hati Dosen Pembimbing Skripsi

Dosen Pembimbing in English

Menurut google translate, bahasa inggris dai dosen pembimbing adalah supervisor. Dosen pembimbing akademik berbeda dengan dosen pembimbing skripsi. Maka dari itu Anda harus mengetahui dulu apa tugas dosen pembimbing skripsi

Tugas Dosen Pembimbing Skripsi

Jika dosen pembimbing akademik bertugas memantau perkembangan mahasiswa dari awal kuliah mahasiswa, maka dosen pembimbing skripsi hanya bertugas membimbing mahasiswa untuk mengerjakan skripsi dari awal sampai selesai. Jadi tugasnya hanya membimbing skripsi mahasiswa saja, selain itu tidak ada urusannya.

Cara Menghubungi Dosen Pembimbing

Setelah Anda mengetahui tugasnya sekarang Anda bisa mengetahui bahwa dosen pembimbing skripsi hanya berurusan dengan skripsi yang sedang Anda buat. Jadi jika ada masalah selain itu dosen ini tidak berurusan. 

Menghubungi dosen pembimbing skripsi sebaiknya melihat jadwal atau aktivitas sehari-harinya. Atau ketika pertama kali Anda menemuinya untuk bimbingan yang pertama kalinya, buatlah kesepakatan dan tanyakan kapan saja waktu luangnya. Jadi waktunya harus menyesuaikan jadwanya. Jangan mentang-mentang sudah tugas dosen pembimbing skripsi, Anda bertindak seenaknya. Itu hanya akan menimbulkan rasa ketidaknyamanan dosen pembimbing.

Hubungi di saat yang tepat dimana dosen tidak sedang mengajar atau sedang beristirahat (di luar jam dinas), terkecuali jika dosen mengizinkannnya. Jika salah waktu bisa saja bermasalah dan masalahnya serius.

Bermasalah dengan Dosen

Jika bermasalah dengan dosen, maka segeralah meminta maaf dan segera lakukan apa yang memang menjadi tugas Anda dan sebisa mungkin untuk menuruti apa yang ia inginkan. Jika dosen pembimbing skripsi mengatakan harus bimbingan hari ini maka temui hari ini, jika meminta menemui besok maka temui besok. Jangan sampai merusak jadwal dosen pembimbing Anda.

Doa Meluluhkan Hati Dosen Pembimbing

Agar semuanya baik-baik saja dan semuanya aman dan lancar sesuai dengan yang diharapkan sebaiknya Anda harus berdoa sebelum dan sesudah menemui dosen pembimbing. Doa untuk melelehkan hati dosen cukup mudah yaitu dengan berdoa agar kekurangan Anda di sembunyikan dari pandangan dosen. Berdoa dengan setulus hati dan rutin serta ikhlas. Insya Allah akan lancar semuanya.

Pertanyaan Saat Bimbingan Skripsi

Agar tidak bingung saat bimbingan, sebaiknya Anda siapkan dulu pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan masalah yang Anda temui saat menulis skripsi. Tanyakan mulai dari permasalahan inti, sampai dengan masalah penulisan, rumusan masalah, metodologi penelitian, dsb. Dan yang Anda tanyakan tentunya harus anda pahami. Jangan sampai menanyakan sesuatu yang belum Anda ketahui. Misalnya Anda mencari pertanyaan di google bukan dari kegalauan Anda sendiri. Ini tidak baik.

Demikianlah cara mengambil hati dosen pembimbing skripsi yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan sukses skripsinya dari awal sampai Akhir. Bagi Anda yang belum mengalaminya semoga bisa buat persiapan ketika nanti sudah waktunya. 


Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar