Cara Belajar Bahasa Arab untuk Pemula Gratis

Gambar Cara Belajar Bahasa Arab dengan Mudah
masnasih.com - Di pagi menjelang siang ini saya ingin berbagi cara belajar bahasa arab untuk pemula. Belajar bahasa arab ada 2 versi yaitu belajar tentang kaidah bahasa dan belajar berbicara bahasa arab. Dua versi ini tentunya dalam mempelajarinya akan berbeda cara. Untuk yang belajar kaidah bahasa arab itu belajar secara teori yaitu mempelajari ilmu nahwu, shorof dan mungkin juga balaghoh. Sedangkan untuk belajar berbicara bahasa arab adalah praktek yaitu mendengarkan dan mengucapkan.

Jadi tentukan dulu mana yang ingin dicapai? apakah berbicaranya ataupun kaidahnya, atau mau dua-duanya?

Cara Belajar Bahasa Arab untuk Pemula Gratis

Jika ingin mempelajari kaidah bahasanya berarti Anda akan belajar teori seperti di Indonesia sendiri ada materi tentang kaidah bahasa Indonesia. Namun bahasa arab lebih kompleks dan lebih banyak materinya dibandingkan dengan bahasa Indonesia. Jika di Indonesia untuk mengucapkan kata kerja hanya satu kata, maka di bahasa arab ada 3 cara pengucapan. Bahasa arab juga lebih kompleks dibandingkan dengan bahasa Inggris.

Belajar Kaidah Bahasa Arab

Apa yang perlu dipelajari untuk menguasai kaidah bahasa Arab?

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas bahwa untuk menguasai kaidah bahasa arab maka Anda akan belajar 3 ilmu yaitu nahwu, shorof, dan juga balaghoh.

Apa itu ilmu nahwu, shorof dan balaghoh?

Pengertian Ilmu nahwu

  1. Mempelajari tentang jabatan kata di suatu kalimat dan harakat akhirnya, baik yang berberubah-rubah (i'rab) atau tidak berubah/tetap (bina).
  2. kaidah-kaidah untuk mengetahui hukum-hukum akhir-akhir kata (bahasa arab) secara tersusun.
  3. Ilmu untuk menggabungkan kata benda (isim), kata kerja (fi'il), atau partikel (huruf/harfun) untuk menyusun kalimat yang bermanfaat (jumlah mufidah) serta untuk mengetahui keadaan (i'rab) huruf akhir dari sebuah kata.
Dalam bahasa arab kalimat adalah kalam, kata adalah kalimah, dan huruf adalah lafadz. Ini perlu di perhatikan karena biasanya sering tertukar sehingga salah dalam memahaminya.

Ada beberapa kitab yang harus dipelajari sebagai tahapan untuk belajar ilmu nahwu yang umum digunakan di pesantren, yaitu kitab jurumiyah (untuk pemula), kitab imriti (untuk tahap kedua), dan kitab alfiyah (untuk lanjutan). Sekarang sudah ada terjemahan dari kitab-kitab tersebut. Anda bisa membelinya di toko kitab terdekat ataupun di pondok pesantren terdekat. 

Pengertian Ilmu Shorof

Ilmu Shorof adalah ilmu yang mempelajari tentang bentuk suatu kalimah (kata), yaitu tentang perubahan bentuk, penambahan huruf (lafadz), susunan lafadz (huruf) yang membentuk kalimah (kata). Ilmu ini membahas tentang huruf-huruf 'Ilah, Idgam, Ibdal dan Susanan huruf yang kemudian membentuk suatu kata.

Dalam Ilmu Shorof ada beberapa kitab yang bisa digunakan. Namun saya sendiri belum mengetahui apa saja kitabnya karena saya hanya mempelajari kitab amtsilati tasrifiyah yang merupakan kitab karangan dari kyai di madrasah tempat saya belajar. 

Pengertian Ilmu Balaghoh

Ilmu yang mempelajari tentang Kalam Fasih (kalimat yang bisa dipahami), kalimat yang diucapkan sesuai antara ucapan dengan maksudnya, sesuai dengan kondisi, memperhatikan pihak yang menerima ungkapan, dan memiliki pengaruh terhadap si penerima pesan. Ilmu ini adalah salah satu ilmu untuk mengetahui maksud dan tujuan dari alquran. Jadi menggunakan ilmu balaghoh maka seseorang dapat mengetahui maksud dari kalimat dalam alquran. Ilmu ini juga bisa untuk membaca pesan yang disampaikan oleh seseorang sekalipun orang tersebut tidak mengatakannya secara langsung.

Kitab untuk mempelajari ilmu balaghoh mungkin bisa di konsultasikan ke ustadz / kyai terdekat karena saya sendiri belum pernah mempelajari kitab yang berratus-ratus lembar, hanya saja belajar dari kitab ringkasan yang dibuat oleh ustadz saya. Jadi maaf belum tahu menahu.

Bahasa Arab untuk Percakapan

Kalau Anda ingin mempelajari bahasa arab hanya di percakapannya saja ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu :

Mendengarkan Audio atau menonton Video berbahasa arab (tidak bersubtitle)

Mendengarkan audio Alquran juga salah satu cara untuk mengembangkan kepekaan dalam berbahasa arab. Tetapi untuk bahasa arab untuk percakapan tentunya berbeda dengan Alquran. Dengan menonton video bahasa arab Anda akan lebih mudah memahami tentang bagaimana cara berbahasa arab termasuk logat yang digunakan. Video bisa mencari di youtube. 

Mencatat kata-kata yang susah 

Jadi ketika sedang menonton video biasanya ada beberapa kata yang sulit untuk dipahami. Maka harus dicatat kemudian di cari di dalam kamus bahasa arab (bisa menggunakan google translate), dan setelah ketemu di baca berulang-ulang dan diingat-ingat artinya.

Berbicara dengan orang lain dengan berbahasa arab

Nah ini mungkin akan sedikit susah jika di lingkungan Anda tidak ada orang yang berbicara menggunakan bahasa arab. Cara yang paling ampuh adalah berbicara dengan diri sendiri di dalam hari dengan bahasa arab. Biasakan untuk mengucapkan sesuatu yang ada di dalam hati dengan bahasa arab. Atau Anda juga bisa mengikuti komunitas ataupun mencari orang yang bisa berbahasa arab untuk praktek secara langsung. 

Nah mungkin itulah cara yang saya rangkum dari pengalaman dan juga dari rekomendasi dari ustadz dan juga dosen saya. Demikianlah Cara Belajar Bahasa Arab untuk Pemula Gratis dan Mudah. Semoga bermanfaat.

Baca Artikel Tips dan Trik Lainnya.