Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup - Curriculum Vitae (CV)

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

masnasih.com - Berbicara tentang cara membuat daftar riwayat hidup, saya teringat pada saat itu dimana saya sedang bekerja di sebuah perusahaan percetakan milik orang. Hampir setiap hari ada orang yang membeli maupun membuatkan daftar riwayat hidup / Curriculum Vitae. Sebagian mereka bertujuan untuk melamar pekerjaan di perusahaan, sebagaiannya lagi untuk keperluan administrasi melanjutkan pendidikan. Namun sebagian besar dari mereka adalah untuk mendaftar pekerjaan.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup - Curriculum Vitae (CV)

Dari beberapa kali menemui konsumen saya mendapatkan banyak pelajaran. Yang pertama, ketika saya melayani konsumen bapak-bapak ia bercerita tentang prestasi anaknya, Anaknya mendapatkan rangking 1 paralel dari smp dan sma. Masya Allah. Saat itu saya berdoa semoga suatu saat nanti saya bisa berprestasi yang lebih dari sekedar itu.

Konsumen yang kedua adalah 2 anak muda yang ketika saya tanya, mereka menyatakan bahwa ingin bekerja di sebuah perusahaan. Untuk yang kedua ini saya sangat prihatin karena beberapa kali mereka membuatkan daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan. Kelihatan wajah polosnya yang sepertinya masa depannya hanyalah bekerja.

Namun ada sisi yang menarik dimana 2 anak muda ini berbeda tujuan dalam melamar pekerjaan. Yang satu benar-benar ingin melamar pekerjaan, sedangkan yang satunya lagi hanya ikut-ikutan. melihat wajah mereka yang seperti orang susah dan polos saya berpikir bahwa mereka tidak pernah berpikir untuk membangun usaha, yang mereka pikirkan adalah bagaimana bisa bekerja dan mendapatkan uang dari pekerjaannya.

Dari situ saya menjadi iba dan berdoa semoga suatu saat nanti saya bisa membuat lapangan kerjaan yang banyak dan juga tidak hanya memperkerjakan orang lain tetapi memberikan pelatihan agar mereka juga bisa membangun usaha dan berdiri sendiri hingga mereka juga mampu menciptakan pekerjaan orang lain sehingga semakin hari semakin banyak orang yang tercukupi finansialnya dan dapat memberi manfaat bagi banyak orang.

Ya, Allah pada saat itu saya merasa kasihan dengan mereka yang disibukkan dengan mencari pekerjaan. Saya sendiri bekerja di percetakan karena ajakan teman dan saya tidak memerlukan syarat apapun.

Konsumen yang ketiga adalah seorang remaja perempuan yang seumuran saya tetapi ia lebih muda. Ia membuatkan daftar riwayat hidup yang bertujuan untuk melamar pekerjaan. Untuk yang ini saya melihat adanya aura orang yang cocok untuk menjadi karyawan karena dari sikapnya yang sigap dan penuh dengan keyakinan.

Dari ketiga konsumen tersebut saya mendapatkan ilmu yang sangat luar biasa yang tidak pernah saya dapatkan di bangku sekolah maupun kuliah. Ketika saya mengingat kejadian-kejadian yang ada di tempat kerja saat itu, rasanya saya ingin menangis, terharu, sedih, dan sangat merasa bersalah karena saya merasa ada sesuatu tanggung jawab yang harus saya tanggung karena saat ini saya berstatus mahasiswa ekonomi syariah. Saya harus menjawab dan memberikan solusi untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi di depan mata saya.

Itulah sekedar pengalaman yang sangat mengharukan. Jika Anda sekarang sedang ingin membuat daftar riwayat hidup dan bertujuan untuk melamar pekerjaan, saya akan tetap sampaikan cara membuatnya, tapi ada satu pesan yang harus saya sampaikan, "Mulai dari sekarang pikirkan untuk memulai membangun usaha. Jadikanlah pekerjaanmu sekarang (yang bekerja di tempat orang), adalah batu loncatan untuk membangun usahamu sendiri. Berpikirlah untuk mandiri, jangan terus-terusan bersandar pada orang lain, karena sampai kapanpun Anda akan tetap menjadi karyawan jika Anda tidak pernah berpikir untuk membangun usaha dan mandiri mulai dari sekarang.

Cara Membuat Curriculum Vitae

Sebenarnya curriculum vitae bisa Anda dapatkan dan membelinya di toko-toko buku ataupun tempat fotocopy, percetakan, dsb. Biasanya sudah ada draftnya dengan harga 500-1000 rupiah tergantung penjualnya. Jadi Anda tidak harus bersusah payah untuk membuatnya dari awal. Dengan membelinya Anda sudah bisa mengisi data diri yang ada di draft itu.

Data yang diperlukan untuk mengisi curriculum vitae meliputi: Nama, Tempat Tanggal Lahir, Alamat, Status, Pengalaman organisasi, pengalaman kerja, Prestasi, tanda tangan, foto 4x6, materai,

Untuk lebih jelasnya bisa Anda lihat gambar di bawah ini.
Di atas adalah draft curriculum vitae yang lebih lengkap daripada yang saya sampaikan sebelumnya. Untuk membuat daftar riwayat hidup Anda bisa menggunakan ms word. Anda tidak perlu bersusah payah untuk membuatnya secara manual di ketik sendiri. Cukup menggunakan draft di atas, dan edit sesuai dengan yang Anda inginkan.

Namun biasanya ada beberapa perusahaan yang menginginkan format cv yang berbeda, yang kreatif, yang biasanya disebut dengan cv kreatif. Jadi Anda bisa menggunakan desain sendiri tetapi di dalamnya harus ada informasi data dirinya secara lengkap.

Untuk membuat daftar riwayat hidup yang kreatif Anda bisa menggunakan ms word, akan tetapi akan lebih maksimal jika Anda bisa menggunakan software-software khusus untuk mendesain seperti coreldraw maupun photoshop.

Saya sendiri suatu ketika saat seleksi masuk organisasi di tingkat provinsi, ada persyaratan tentang daftar riwayat hidup yang kreatif yaitu berupa sebuah essai yang menceritakan pribadi peserta seleksi.

Ya mungkin itulah Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup - Curriculum Vitae (CV) yang paling mudah menurut saya. Semoga bisa membantu Anda dalam memenuhi syarat untuk mendaftar pekerjaan.
Bisnis Online Menjanjikan
Lowongan Kerja Sampingan


Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar