Cara Menambahkan Situs/Blog di Akun Google Adsense Terbaru

masnasih.com - Ada temen blogger yang bertanya bagaimana saya menghubungkan akun adsense saya ke bloggerku belum Tld com tapi blogspot. Jadi dia sudah punya akun adsense tetapi bingung cara add site ke blog yang lain yang masih subdomain blogspot. Kalau untuk yang TLD kan kita bisa langsung menambahkannya ke add site, kalo untuk yang subdomain blogspot nggak bisa tuh. Nah di artikel ini saya akan memberikan penjelasannya. 

Cara Menambahkan Situs/Blog di Akun Google Adsense Terbaru

Cara Menambahkan Situs di Adsense

Saya anggap di poin ini yang digunakan adalah situs yang sudah menggunakan domain TLD. Dengan menggunakan Domain TLD maka bisa langsung masuk ke dasboard google adsense :
1. Menu sites/situs

Gambar add site
 2. Tambahkan Situs
Gambar add site
3. Masukkan blog yang ingin di review.
Gambar pasang url blog

4. Masukkan kode adsense di bawah kode <head> di template blogger atau wordpress
5. Pilih selesai

Setelah itu maka situs akan di review oleh pihak adsense. Jika masih ditinjau maka akan ada keterangan ditinjau berwarna merah. Apabila diterima maka akan mendapatkan email dari google adsense berupa ucapan selamat, dan tulisan ditinjau menjadi siap berwarna hijau.

Cara Menambahkan Blog Blogspot di Akun Adsense

Nah sekarang untuk yang masih blogspot ikuti cara berikut ini
1. Masuk ke dasboard blogger blogspot yang ingin add site
2. Masuk ke menu penghasilan
3. Daftar ke Adsense
Gambar Menu Penghasilan Google Adsense
4. Maka akan muncul login, silakan login ke akun google adsense yang telah disetujui.
5. Pilih Setujui Pengaitan
Gambar url yang siap dikaitkan adsense
6. Nanti akan diredirect seperti ini biarkan saja
Gambar redirect dari gogle adsense ke blogger
7. Pilih Lanjutkan
Gambar melanjutkan proses pemasangan widget adsense di blogger
8. Maka secara otomatis blogspot masih dalam masa peninjauan.
Selama masa peninjauan di adsense akan ada keterangan sedang di tinjau dan setelah keterima maka statusnya berganti siap.

Cara Menampilkan Menu Penghasilan di Blog

Terkadang dalam melakukan langkah di atas tidak semudah itu, karena mungkin menu penghasilan di blogger belum muncul. Nah untuk memunculkannya ikuti langkah ini:
1. Masuk ke dasboard
2. Masuk ke menu setting/setelan
3. Bahasa dan pemformatan
4. Ganti bahasa sesuai dengan gambar di bawah ini
Gambar Cara menampilkan menu penghasilan blog
5. Setelah itu Simpan setelan dan refresh dasboard blogger. Maka akan muncul menu penghasilan.

Cara Verifikasi Situs di Adsense

Dengan adanya peraturan baru tentang add site review, maka verifikasi situs di adsense sudah tidak diperlukan lagi alias tidak digunakan lagi sudah diganti dengan add site review. Jadi nggak usah khawatir lagi iklan nggak tampil di blog, karena sudah otomatis terverifikasi jika lolos review. Kalau masih ragu silakan masukkan kode txt adsense ke blog.

Cara Memasang Iklan Adsense di Blog 

Cara pasang iklan adsense di website silakan ikuti langkah berikut ini : 
1. Masuk ke dasboard adsense
2. Menu Iklan
3. Add Unit / membuat unit iklan
4. Silakan pilih sesuai dengan keinginan.
5. Setelah itu copy kode iklannya
6. Masuk ke dasboard blogger
7. Menu Tata Letak
8. Add widget / menambahkan widget
9. Pilih html/javascript
10. Paste kode iklan
11. Simpan / selesai

Contoh Blog yang Diterima Google Adsense

Berikut ini adalah contoh blog yang diterima google adsense :
1. masnasih.com diterima tahun 2018
2. elnablog.blogspot.com diterima tahun 2017
Dan masih ada beberapa blog saya yang juga diterima namun tidak akan saya publikasikan disini. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa sekarang blog yang menampilkan iklan adsense adalah blog yang sesuai dengan kriteria adsense dan merupakan contoh blog yang diterima adsense baik melalui add review maupun daftar secara langsung. Jadi di situlah Anda bisa mencari inspirasi contoh blog yang diterima google Adsense.

Syarat Adsense Blog

Untuk membaca kriteria adsense blog Anda bisa membaca ebook yang satu ini bit.ly/moveonv2 disitu saya memberikan pengarahan yang mudah dipahami dan dipraktekkan dan juga mungkin bisa dijadikan sebagai ukuran syarat adsense blog.

Apa Itu Hosted Account 

Istilah akun hosted adalah istilah bagi akun google adsense yang iklannya hanya bisa ditampilkan di situs yang menggunakan hosting google atau situs milik google. Blogspot dan youtube adalah contoh hosted google. 

Cara Membuat Akun Non Hosted 

Akun non hosted hanya bisa dibuat dengan website yang menggunakan domain TLD (top level domain). Tanpa website TLD maka tidak akan bisa membuat akun google adsense non hosted. Anda tidak akan pernah bisa mendapatkan akun google adsense non hosted dengan hanya mendaftarkan adsense youtube saja. Anda juga tidak akan pernah mendapatkan akun non hosted dengan modal blogspot gratisan tanpa mengganti domain TLD. Cara daftar adsense blogger 2018 bisa baca ebook yang sudah saya sampaikan di atas.

Cara Mengaitkan Adsense Youtube ke Blog

Untuk dapat menggunakan akun adsense youtube di blog maka Anda harus mengupgrade akun adsense dari yang hosted menjadi non hosted dengan media website yang meggunakan domain TLD. Caranya cukup mudah ikuti langkah berikut:
1. Siapkan blog/website berdomain TLD
2. Masuk ke akun adsense
3. Masuk ke menu iklan
4. pilih produk lainnya
5. Pilih situs
6. Masukkan url website yang sudah disiapkan.
7. Masukkan kode adsense di bawah kode <head> template blog
8. Kirim permintaan 
9. Tunggu sampai diterima

Cara memasang iklan adsense di banyak blog 

Cara pasang adsense di banyak blog sekarang sudah sulit tidak semudah dulu. Kalau dulu cukup copas kode iklan sudah muncul iklannya. Sekarang harus nunggu add site review dulu untuk dapat menampilkan iklan adsense. Jadi lihat lagi tutorialnya di atas. Begitu juga cara pasang iklan di web orang lain harus menggunakan menu review site di google adsense dulu dan menunggu persetujuan dari google.

Cara Monetize Blog

Banyak cara untuk memonetisasi blog / menghasilkan uang melalui media blog diantaranya adalah menjadi publisher iklan, affiliate, dropship, dan menjual produk sendiri. 

Publisher iklan berarti menampilkan iklan orang lain di website yang Anda miliki. Saat ini yang masih rame adalah publisher iklan google adsense. Untuk publisher iklan biasanya di bayar per klik (CPC), per seribu tayang (CPM), per action (CPA) ataupun per waktu tertentu. Untuk google adsense menggunakan cpm dan cpc. Sedangkan per waktu biasanya iklan dari orang lain misalnya perbulan ataupun per tahun.

Affiliate adalah cara kedua untuk memonetisasi sebuah blog. Anda akan mendapatkan bayaran ketika ada orang yang melakukan transaksi atas produk yang Anda iklankan di website Anda. Jadi Anda tidak akan mendapatkan bayaran jika tidak ada orang yang bertransaksi melalui iklan yang ada di website Anda sekalipun iklan tersebut di lihat 1juta kali oleh pengunjung blog, sekalipun iklan itu di klik 1 juta kali oleh pengunjung blog.

Dropship juga bisa Anda gunakan sebagai monetisasi blog. Cara kerja dropship adalah Anda hanya mengiklankan produk orang lain di website Anda tanpa harus menyetok terlebih dahulu. Anda hanya perlu menaikkan harga dari produsen/penjual. Ketika ada orang yang order, maka transfer ke rekening Anda dan Anda baru membeli produknya ke penjual dengan alamat pengiriman langsung ke orang yang ingin membeli produknya. Untuk lebih jelasnya lihat skema di bawah ini.

Gambar alur dropship
http://blogsuppliertoko.blogspot.com
Ketiga cara tersebut bisa Anda gunakan jika Anda belum mempunyai produk sediri. Dan ketika Anda sudah mempunyai produk, alangkah baiknya Anda bisa mempromosikan produk Anda sendiri di blog. Dengan cara seperti itu maka produk Anda akan cepat laris.

Demikianlah Artikel Tentang Cara Menambahkan Situs/Blog di Akun Google Adsense Terbaru. Semoga Bermanfaat.


Previous
« Prev Post