Cara Menampilkan Website di Pencarian Google Mudah

Cara Menampilkan Website di Pencarian Google

masnasih.com - Tanpa pusing memikirkan cara menampilkan website di pencarian google sebenarnya website sudah otomatis tampil di google karena google mempunyai software yang bernama crawler yang setiap saatnya merayapi seluruh url yang ada di internet secara terus menerus dan menampilkannya di hasil penelusurannya.

Cara Menampilkan Website di Pencarian Google Mudah

    Daftar Isi :
  1. Alasan Website Tidak Muncul di Google
  2. Cara Menampilkan Website di Hasil Penelusuran Google

Alasan Website Tidak Muncul di Google

Namun ada beberapa kasus tertentu yang membuat website tidak bisa dicari di google. Menurut google ada 4 alasan kenapa web tidak terindex google yaitu :

1. Website belum terhubung dengan baik dari website lainnya.

Karena crawler google merayapi website dengan cara membaca setiap tautan, maka ketika url website Anda belum ada di website lainnya yang sudah di rayapi oleh google maka website Anda tidak ditemukan google.

2. Website baru dibuat sehingga google belum merayapinya.

Akan membutuhkan waktu beberapa hari, beberapa minggu ataupun bahkan beberapa bulan google mencrawl website baru terkecuali Anda mensubmitnya di webmaster google.

3. Desain website tidak seo friendly

Desain yang kacau akan membuat crawl google kesulitan memahami struktur website Anda sehingga google mengabaikannya. Desain yang bagus dan terstruktur akan membuat google mudah merayapinya.

4. Google mendapatkan kesalahan saat merayapi website Anda.

Ini biasanya masalah hosting yang down atau Anda tidak sengaja menyimpan file tertentu di website sehingga google tidak bisa mengaksesnya, atau Anda mengatur website dengan mode pengembangan.

***

Namun terkadang ada orang yang bertanya kenapa wordpress tidak muncul di google? Padahal sebenarnya website sudah muncul di google akan tetapi tidak tampil di halaman pertama google.

Cara memastikannya adalah dengan memanfaatkan penelusuran google yaitu dengan menuliskan site:websiteanda kemudian search, maka akan muncul website Anda. Misalnya site:masnasih.com

***

Lalu bagaimana agar website terdeteksi google?

Cara Menampilkan Website di Hasil Penelusuran Google

Cara agar website muncul di google itu sangat mudah. Ada beberapa tips yang dari google yang dapat mempermudah website Anda tampil di google bagaikan posting website di google karena saking cepatnya proses ini. Berikut ini adalah kiat-kiatnya :

1. Mendaftarkan website ke search console google

Search console google adalah alat yang disediakan oleh google untuk memfasilitasi para webmaster dalam melihat performa websitenya di search engine google. Mendaftar search console sama dengan mendaftarkan website ke halaman pencarian google.

2. Membuat konten yang unik dan berkualitas tinggi

Misi google adalah menampilkan informasi yang relevan dan berkualitas tinggi bagi penggunanya. Maka dengan menyediakan konten yang unik dan berkualitas tinggi akan membantu google dalam mencapai misi tersebut sehingga google memprioritaskan konten yang unik dan berkualitas tinggi untuk ditampilkan di google.

3. Memanfaatkan google bisnisku

Google bisnisku adalah layanan gratis dari google sebagai fasilitas bagi para pelaku bisnis untuk menampilkan bisnisnya di halaman 1 google. Di dalam google bisnisku ada tempat untuk menaruh link url, menambah url website ke tempat tersebut adalah rekomendasi dari google.

4. Menggunakan template fast loading dan mobile friendly

Google ingin memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya, jika template website lola (loading lambat) dan tidak responsive, maka pengguna akan kesusahan dalam mengakses website dan karena pengguna kesusahan maka google tidak suka. Ini adalah salah satu penyebab website tidak ditampilkan di search engine.

5. Gunakan ssl / https pada website

Google ingin memastikan kenyamanan pengguna. Https adalah sambungan yang mempunyai sistem keamanan tinggi, dengan sambungan https maka google ingin memastikan kepada penggunanya bahwa tidak ada bahaya yang mengancam pengguna google. Https lebih disukai google daripada http.

6. Menggunakan jasa seo (jika diperlukan)

Nah jika Anda tidak punya banyak waktu untuk mengoptimasi website, maka Anda biaa menyewa jasa seo yang terpercaya.

Mungkin itulah tips cara menampilkan website di pencarian google yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat :)

X Close
Jika artikel ini bermanfaat, silakan tekan tombol share di bawah ini.

Jika ada hal yang belum dipahami, tanyakan melalui kolom komentar. Dan jika ada keluhan, sampaikan melalui kontak kami.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Related Posts

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar