masnasih.com - Tulisan arab ahlan wasahlan adalah kalimat percakapan bahasa arab sehari-hari yang umum digunakan di negara yang percakapannya menggunakan bahasa arab. Ahlan wasahlan merupakan tanda penghormatan kepada orang yang hadir menyempatkan waktunya untuk bertamu, menghadiri undangan, dan lain sebagainya. Biasanya tulisan ini juga digunakan untuk spanduk di sebuah acara besar.

Tulisan Arab Ahlan Wa Sahlan dan Maknanya 

Berikut penjelasan lengkap tentang ahlan wasahlan. 

Penggunaan Ahlan Wasahlan yang Umum di Gunakan di Indonesia

Di Indonesia sendiri penggunaan tulisan arab ahlan wasahlan biasa digunakan untuk spanduk selamat datang untuk acara-acara keislaman seperti maulid Nabi, Rojabiyah, dan Haul Masyayih, dan sebagainya. Tulisan ini dipajang di pintu masuk ataupun di sepanjang jalan utama menuju tempat acara,dan digunakan untuk membuka pidato dan ceramah keagamaan.

Tulisan Arab Ahlan Wasahlan

Ada dua tulisan yang bisa Anda dapatkan disini yaitu tulisan yang bisa di copas dan gambar yang bisa disimpan.

Tulisan arab yang bisa dicopas

أهلا وسهلا

Gambar Kaligrafi Ahlan wasahlan yang bisa dicopas

Tulisan Arab Ahlan Wasahlan

Ahlan Wasahlan Bikhudhurikum

Ini adalah Versi lengkapnya dalam bentuk text

أهلا وسهلا بحضوركم

Dan ini gambarnya

Tulisan Ahlan Wasahlan bikhudurikum

Ahlan Wa Sahlan Arti dan Jawabanya

Dalam percakapan bahasa arab, ahlan wasahlan adalah semacam sapaan. Maka ada jawaban untuk sapaan ini. Lihat contoh di bawah ini.
زيد : أهلا وسهلا
عمر: Ø£Ù‡Ù„ا بيك
Zaid : 'ahlaan wasahlaan (Selamat Datang)
Umar : ahlan bik (Selamat Datang Juga)

Arti Ahlan Wa Sahlan Bihudurikum Artinya

Selamat datang atas kehadiranmu

Makna Tulisan Arab Ahlan Wasahlan

Arti kata ahlan berasal dari kata ahlun yang artinya “keluarga”. Sedangkan, sahlan berasal dari kata sahlun artinya “mudah”. Ketika digabungkan, arti kata ahlan wa sahlan artinya "Aku menerima Kamu sebagai bagian dari keluarga kami dan kami menerimamu dengan mudah (tidak mempersulit urusan-urusanmu)."

Jadi sebenarnya kalimat ahlan wasahlan bukan sekedar sapaan saja, melainkan juga tanda mempersilakan seorang tamu untuk merasakan kenyamanan ketika bertamu. Jika di Indonesia kalimat yang mirip dengan ini adalah bukan selamat datang, tetapi "Silakan, nggak usah sungkan-sungkan untuk menikmati hidangan kami." atau "Anggap saja seperti tumah sendiri."

Jawaban dari Sapaan Ahlan Wa Sahlan

Seperti contoh Zaid dan Umar di atas, jawaban sapaan ahlaan wasahlaan adalah ahlan biik. Jadi ketika ada orang yang mengucapkan ahlan wasahlan, jawablah dengan ahlan biik.  

Arti Ahlan Bika dalam Bahasa Arab

Jika menurut arti katanya maka kalimat ini akan diartikan selamat datang juga. Namun makna mendalamnya bisa berarti "terima kasih atas suguhannya (penghormatannya)".

Jawaban Ahlan Wa Sahlan untuk Wanita

Untuk wanita maupun pria. Jawaban sapaan ahlan wasahlan tetap menggunakan ahlan biik. 

Jawaban Ahlan Wa Sahlan Ya Ukhti

Untuk menjawab sapaan ahlan wasahlaan tentunya ukhti harus mengetahui dulu siapa yang menyapa. Jika yang menyapa orang ikhwan, maka jawabannya adalah ahlan biik ya akhi. Jika yang menyapa adalah sesama wanita, maka jawabannya adalah ahlan biik ya ukhti. Jadi sesuaikan jawabannya dengan orang yang menyapa. 

Demikianlah Artikel Tentang Tulisan Arab Ahlan Wa Sahlan dan Maknanya. Semoga Bermanfaat :)