Pencarian internet

masnasih.com - Sebagian besar netizen terlahir dari media social. Artinya orang-orang yang berinternet lebih dari tiga jam biasanya sebagian besar waktunya hanya untuk membuka media social. Selain itu, ada juga netizen yang lahir dari web development atau blog.

Karena menghabiskan waktu untuk mengelola blog dalam berinternet. Jadi netizen terbagi menjadi dua macam, dimana netizen social media aktif di dunia social media dan netizen blog aktif di dunia perblogan.

Ditinjau dari definisinya, social media adalah tempat untuk berbagi informasi dan bersosialisasi di internet. Sedangkan blog adalah tempat untuk menuangkan ide dan berbagi informasi yang bermanfaat. 

Jika dilihat dari definisi tersebut seakan-akan terlihat sama, tapi disitu ada perbedaan yang cukup signifikan dimana sosial media lebih berorientasi pada hiburan semata. Sedangkan blog lebih berorientasi pada pendidikan atau informasi-informasi yang bersifat penting.

Apa yang Dicari Netizen?

Pemahaman tentang sosial media maupun blog sudah berkembang pesat. Yang dulunya hanya sekedar tempat untuk saling berbagi informasi. Kini sudah beralih menjadi tempat untuk mencari komisi. Artinya sosial media maupun blog sekarang bukan hanya sekedar untuk saling berbagi informasi saja, melainkan juga dijadikan sebagai tempat untuk mencari penghasilan. 

Namun demikian dari kedua netizen itu masih terlihat perbedaannya. Jika melihat realitanya, dalam sosial media lebih besar persentase hiburan dan eksistensinya dari pada persentase pendidikan. 

Sedangkan dalam dunia blogger lebih besar persentase orientasi pendidikan dan komisinya dari pada hiburannya, walaupun backgroundnya adalah pendidikan, tapi kebanyakan pengelola blog lebih berorientasi pada penghasilannya.

Selain dari kedua uraian diatas ternyata masih ada juga netizen yang lain yaitu netizen yang lahir dari youtube (situs layanan video), baik itu hanya sekedar jadi penonton atau pembuat video. Netizen yang aktif di youtube ini biasanya mencari hiburan, pendidikan, dan penghasilan. 

Dari ketiganya jika digeneralisasikan, maka akan terlihat sama dalam jumlahnya. Artinya dari jumlah hiburan, pendidikan dan penghasilan itu sama, atau dengan kata lain peminat hiburan pendidikan dan penghasilan sama banyaknya.

Mencari Hiburan

Netizen ini menjadikan fasilitas internet sebagai penghibur diri di sela-sela waktu luangnya atau ketika dia sedang jenuh.

Mencari Eksistensi

Netizen ini suka membuat sesuatu yang menarik perhatian orang lain. Biasanya netizen ini terlahir dari sosial media. Selain dari sosial media netizen ini juga berasal dari blog yang mencari eksistensi blognya melalui sosial media.

Mencari Pengetahuan Baru

Netizen ini menghabiskan waktunya hanya untuk mencari materi-materi untuk pembelajaran atau sedang kursus online.

Mencari Penghasilan

Netizen ini adalah netizen yang paling cerdas diantara netizen-netizen yang lain. Selain menggunakan internet untuk media pendidikan, hiburan, eksistensi, dia juga menggunakan fasilitas internet untuk mencari penghasilan. Dia bisa melihat peluang-peluang bisnis di dunia online sehingga dia menggunakannya dengan baik. 

Dalam mencari penghasilan dia menggunakan cara yang berbeda dari netizen-netizen yang lain. Yaitu menyediakan konten-konten yang bermanfaat bagi pembaca melaui media blog atau youtube. Bentuk kontennya pun bermacam-macam. Ada yang berbentuk materi-materi pembelajaran, tips, trik, tutorial ataupun informasi-informasi berita. Penghasilannya didapatkan dari iklan pihak ketiga yang dipasang di blog atau video di youtubenya.

Kesimpulan

Yang dicari netizen dalam berinternet adalah sesuatu yang dianggap penting oleh mereka yaitu berupa hiburan ketika mereka jenuh, eksistensi ketika ingin mencari perhatian dari orang lain, pendidikan ketika sedang belajar, dan penghasilan ketika melihat peluang-peluang bisnis yang ada. Dari keempat penjelasan itu sudah mewakili semua hal yang dicari oleh netizen.

Itulah 4 hal yang paling dicari oleh netizen dalam berinternet yang bisa saya sampaikan. Semoga Bermanfaat.

Baca Artikel Blogging Lainnya.