Cara Mempercepat Indeks Artikel di Google Secara Otomatis

Artikel Cepat Terindeks Google

masnasih.com - Pusing ya, lihat artikel yang dipublikasikan di blog belum terindeks? Nih, saya kasih tau apa penyebab artikel belum terindeks.

Cara Mempercepat Indeks Artikel di Google Secara Otomatis

Penyebab Artikel Belum Terindeks

  1. Blog belum didaftarkan ke search console google.
  2. Postingan belum di inspect ke search console google
  3. Ada script yang memblokir atau membatasi perayapan bot Google.

Tips Mengatasinya Artikel Tidak Terindeks

  1. Masukkan url artikel ke pencarian google. Tambahkan inurl: misal (inurl:masnasih.com), lalu enter. Lihat apakah sudah muncul atau belum. Jika belum, maka masuk ke step berikut.
  2. Inspect url ke search console Google. 
  3. Lihat tutorialnya. Jika belum daftar lihat poin 3
  4. Daftarkan blog ke search console Google. Lihat video tutorialnya.
Dengan cara tersebut maka artikel akan terindeks secara otomatis, karena Google akan merayapi blog yang sudah disubmit di search console Google dengan rentang jadwal yang sudah ditentukan.

Jadwal perayapannya disesuaikan dengan jadwal posting masing-masing blog. Semakin sering suatu blog posting artikel, maka semakin pendek rentang jadwal perayapannya.

Web portal berita, jadwal perayapannya tentu akan berbeda dengan blog yang jarang update.

Tips Mempercepat Indeks Artikel

  1. Share ke sosial media. Semakin beragam sosial medianya, semakin cepat indeksnya. Pastikan kita mendapatkan trafik dari sosial media.
  2. Backlink dari artikel populer blog lain. Semakin banyak pembaca artikel populer tersebut, semakin cepat indeks artikel kita. 
  3. Posting rutin dan terjadwal. Semakin sering posting semakin cepat artikel terindeks. 

Kenapa Artikel Cepat Terindeks?

Poin satu : Sosial media mempunyai nilai tersendiri untuk seo. Social media signal namanya kalo nggak salah. Semakin banyak pengunjung yang datang dari sosial media, artinya nilai social media signalnya semakin tinggi. Maka Google memberikan perhatian lebih terhadap url yang dishare di sosial media itu. 

Poin dua : Artikel populer biasanya pembacanya berasal dari mesin telusur, dan itu artinya artikel tersebut selalu berada dalam pengawasan Google. Dan kita tahu, salah satu kerja bot Google adalah merayapi url per url. Gampangnya merayapi setiap artikel, dan jika artikel tersebut mempunyai link keluar, maka bot Google juga akan merayapi link tersebut, dan sampailah di url postingan kita. 

Poin tiga : Google itu sistem yang cerdas dan dinamis. Dia mampu menyesuaikan diri, misalnya dalam hal menjadwal perayapan sebuah website. Jika kita malas posting maka Google akan merubah jadwal perayapannya, dari yang sering menjadi lamban. Dan jika kita memposting rutin lagi, maka Google akan secara otomatis merubah jadwal perayapannya, dari yang lamban menjadi cepat. 


Baca Artikel Blogging Lainnya.
Loading...
Loading...


Previous
« Prev Post