Uang Rupiah Dulu dan Sekarang

 Gambar Uang Rupiah
masnasih.com - Rupiah adalah mata uang negara Indonesia yang sejak dulu sudah digunakan untuk bertransaksi jual beli. Namun dengan berjalannya waktu nilai uang rupiah semakin berkurang dengan munculnya uang 100ribuan.

Berikut ini adalah perbedaan uang rupiah dulu dan uang rupiah sekarang.

Uang Rupiah Dulu dan Sekarang

Digit terkecilnya

Dulu 1 rupiah masih bisa digunakan untuk membeli jajanan bahkan bisa untuk membeli 3 macam jajanan. sekarang 1 rupiah sudah tidak bisa digunakan lagi, dan digit terkecil sekarang adalah 100 rupiah, itupun sekarang sudah tidak bisa digunakan untuk membeli jajanan.

Upah kerja buruh

Dulu upah kerja buruh adalah 250 sampai 25ribu rupiah perminggu. Dengan nilai uang yang masih tinggi upah ini mampu mensejahterakan rakyat. Bahkan bisa dikatakan, dulu tidak ada orang yang kelaparan. Sekarang, upah buruh terendah adalah 50ribu sampai 100 ribu rupiah perminggu. Tentunya untuk memenuhi kebutuhan sendiri pun belum cukup, apalagi untuk kebutuhan keluarga, tentunya sangat kekurangan.

Kemampuan

Dulu seorang buruh mampu untuk membeli tanah dan membangun rumah hanya dalam dengan gaji satu bulan. Tanah harganya sekitar 8ribu perubin dan biaya bangun rumah adalah 1000 sampai 3000 rupiah, sedangkan gaji buruh tertinggi adalag 25ribu, tentunya sangat cukup untuk membangun rumah impian.

Sekarang, seorang buruh perlu mengumpulkan uang bertahun-tahun untuk membeli tanah dan membangun rumah impian. Gaji buruh sekarang sudah tidak ada nilainya. Untuk kebutuhan sehari-hari saja kekurangan, apalagi membangun rumah impian.

Pepatah ini Seharusnya Berlaku di Masa Lalu

"Muda foya-foya, tua sengsara" dulu seorang buruh adalah orang yang bisa membeli tanah dan membangun rumah. Namun dengan gaya hidupnya yang mewah, ia tidak memikirkan masa depannya, akhirnya ketika nilai rupiah menurun ia mendadak miskin dan serba kekurangan karena belum sempat membangun rumah impian.

Sekarang pepatah itu sudah tidak berlaku karena memang sekarang sejak kecilpun sudah sengsara, jadi tidak bisa foya-foya.

Demikianlah Uang Rupiah Dulu dan Sekarang. Semoga Bermanfaat.

Baca Artikel Inspiration Lainnya.