SEO Tutorial 2019 - Belajar SEO Gratis Disini

Gambar belajar seo gratis
masnasih.com - Berbicara tentang seo tutorial 2019, maka akan ada banyak sekali perubahan yang terjadi di dalamnya. Jika dulu, seo hanya memperhatikan bagaimana cara membuat pengunjung suka dengan konten blog sekarang tak seperti itu lagi, melainkan harus membuat konten yang benar-benar berkualitas. Ini akan lebih rumit karena semakin kesini kita dituntut untuk belajar seo agar tidak ketinggalan.

SEO Tutorial 2019 - Belajar SEO Gratis Disini

Adanya tutorial ini saya ingin berbagi pengalaman yang saya lakukan selama 3 bulan terakhir ini. Namun sebelum masuk lebih dalam alangkah baiknya Anda mengetahui dasa-dasarnya terlebih dahulu. Berikit ini daftar isi dari artikel ini.
    Daftar Isi :
  1. SEO adalah Singkatan dari
  2. Apa Itu SEO?
  3. Pekerjaan SEO
  4. Cara Menggunakan SEO
  5. Cara Kerja SEO
  6. Manfaat SEO
  7. Memahami SEO
  8. Belajar SEO Gratis
  9. SEO Tutorial

SEO adalah Singkatan dari

SEO merupakan kependekan dari search engine optimization.

Apa Itu SEO?

SEO adalah ilmu tentang cara mengoptimasi sebuah website agar tampil di peringkat paling atas di mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, dsb).

SEO juga bisa di artikan sebagai orang yang melakukan pekerjaan mengoptimasi sebuah website (Search Engine Optimizer).

Pekerjaan SEO

Berbicara tentang pekerjaan seo, maka kita sedang membahas seo definisi yang kedua yaitu orangnya. Lalu apa yang dikerjakan Seorang SEO?

Mereka bekerja mengoptimasi website dan berusaha dengan berbagai cara agar website clientnya bisa masuk ke halaman 1 di hasil penelusuran.

Cara Menggunakan SEO

Untuk menggunakan jasa seo tentunya Anda harus mengeluarkan sedikit biaya untuk membayar seo itu sendiri. menggunakan jasa seo harus hati hati karena kalau salah memilih jasa seo justru akan berakibat fatal dan memperburuk citra website Anda sendiri.

Kriteria seo berkualitas itu biasanya dimulai dari optimasi konten atau onpage seo meliputi tampilan, speed, konten/artikel, dsb. Kemudian optimasi off page seo yaitu dari luar website seperti backlink (tautan dari website lain yang mengarah ke website kita) berkualitas dari konten bukan spam komentar ataupun forum.

Cara Kerja SEO

Setiap mesin pencari menggunakan bot khusus untuk yang digunakan untuk keperluan mengambil data dan menampilkannya. Jadi Cara kerja seo ada 2 yaitu crawling dan indexing.

Crawling adalah proses dimana bot mesin telusur berkelana mencari data dari website-website yang bersifat publik. Sedangkan Indexing adalah proses lanjutannya yaitu menampilkan data yang sudah di ambil di hasil penelusuran mesin telusur.

Manfaat SEO

Website adalah ibarat sebuah toko. Dan search engine ibarat pasarnya. Ketika ada orang yang membangun toko di tempat yang strategis misalnya di pintu masuk, maka secara otomatis orang-orang akan melihatnya dan orang yang membutuhkan pasti akan masuk kesitu dulu sebelum masuk ke toko yang lain yang ada di dalam pasar tersebut.

Begitu juga dengan website, jika website kita bisa berhasil masuk ke halaman satu search engine maka nasibnya seperti toko yang ada di pintu masuk pasar tersebut.

Jadi apa manfaatnya?

Kalau websitenya isinya konten jualan maka tentunya ada yang membeli. Kalau isinya artikel yang bermanfaat maka akan mendapatkan pahala. Kalau ada artikel bermanfaat dan ada jualannya maka akan dapat dua-duanya yaitu konsumen dan juga pahala. Asik Kan?

Memahami SEO

Karena algoritma search engine selalu berubah karena secara berkala diperbaiki terutama google (search engine yang paling banyak penggunanya), Maka untuk memahaminya tentunya harus selalu update dan mengikuti perkembangan informasinya. Namun yang paling penting adalah dua hal yaitu crawling dan indexing. Ini yang harus dijadikan sebagai fondasi awalnya. Dengan memahami dua hal ini Anda akan lebih mudah memahami seo itu sendiri.

Belajar SEO Gratis

Ada banyak sekali website yang membahas tentang seo. Baik itu website luar negeri maupun website dalam negeri. Blog ini juga termasuk salah satu blog yang sedikit menyinggung dan membahas tentang seo, namun lebih ke pengalaman pribadi. Untuk belajar seo gratis Anda bisa mengakses beberapa website di bawah ini.

Berbahasa Indonesia

1. Google
2. Panduan IM
3. Pedomane

Berbahasa Inggris

1. Search Engine Land
2. Moz
3. Neil Patel

SEO Tutorial

Di tutorial ini saya hanya menyampaikan bagaimana cara mendapatkan 100+UV perhari dalam waktu 3 bulan menggunakan seo sederhana.

Jadi ada peralatan yang perlu di siapkan :

1. Gmail
2. Blog
3. Domain TLD
4. Artikel Original

Cara Eksekusinya

1. Buat Gmail
2. Membuat Blog di blogger
3. Custom domain TLD
4. Mengganti Tampilan Blog yang Sederhana
5. Membuat Artikel Original
6. Memposting artikel
7. Mendaftarkan Blog di webmaster google dan Bing serta Search Engine lainnya.

Sebelum Membuat Artikel Alangkah Baiknya Riset Kata Kunci Dulu

1. Instal Extention keyword everywhere di browser chrome
2. Masuk ke Keywordshitter.com
3. Masukkan kata kunci
4. Klik Shitter

Atau Bisa Menggunakan Google Keyword Planner

1. Membuat akun google ads
2. Masuk ke menu planner
3. Masukkan keyword yang ditarget
4. Enter

Selain cara tersebut Anda juga bisa menggunakan beberapa tools di bawah ini

1. Google suggest
2. Uber suggest
3. Word tracker
4. Keywordtool io
5. KWfinder
6. SERPs
7. Wordstream
8. MOZ keyword explorer
9. Keywordeye
10. Keyword reavealer
11. SEMrush
12. SEO book
13. Keyword discovery

Penting!

Waktu 3 bulan diisi dengan posting konten 1-6 artikel perharinya

Tutorial ini sangat sederhana, namun jika dilakukan dengan serius maka akan menjadi luar biasa. Untuk membaca lebih detail tentang teknisnya, Anda bisa membaca ebook ini Jalan SEO Wkyes

Mungkin Sekian dulu SEO Tutorial 2019 - Belajar SEO Gratis Disini. Jika ada tambahan nanti saya update lagi. Semoga Bermanfaat.
X Close
Jika artikel ini bermanfaat, silakan tekan tombol share di bawah ini.

Jika ada hal yang belum dipahami, tanyakan melalui kolom komentar. Dan jika ada keluhan, sampaikan melalui kontak kami.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Related Posts

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar